Home / Android / Cara Mengetahui Sinyal 4G Tanpa Beli Kartu

Cara Mengetahui Sinyal 4G Tanpa Beli Kartu

Sinyal jaringan 4G saat ini semakin lama semakin menjangkau daerah pelosok. Namun kita terkadang bingung, operator mana yang mempunyai sinyal 4G yang tersedia dan bagus di daerah kita tanpa harus membeli kartunya terlebih dahulu. Tenang saja, ada cara gampang untuk mengetahui sinyal 4G yang tersedia di wilayah kau tanpa beli kartu terlebih dahulu.

Cara mengetahui sinyal 4G ini tanpa harus beli kartu dulu sehingga kamu bisa berhemat. Nah bagaimana cara mengetahui apakah ada sinyal 4G di tempat saya tanpa beli kartu dulu? Yuk baca selengkapnya di penjelasan berikut ini.

Pertama-tama, pastikan kau mempunyai kuota yang cukup alasannya kita akan mengunduh aplikasi beranama ‘Open Signal‘ dari Playstore dan tentunya gratis. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, silahkan buka dan kalau meminta izin akses lokasi, silahkan diberikan saja biar lokasi kita mampu akurat.

Nah langkah kedua bukalah aplikasi Open Signal > pilih tab Coverage (bagian ketiga di bawah) > tekan tombol dengan ikon “target” untuk menerima lokasi kamu. Setelah itu, kau akan melihat cukup banyak warna pada sekitaran lokasi kamu. Ini yakni petakan sinyal yang tersedia di wilayah kamu.

Selanjutnya, kau tinggal tekan tombol View Network Stats pada bagian tombol atas. Nanti akan tampil banyak operator dan tandanya di lokasi kau tersedia operator tersebut lengkap dengan kecepatan unduhnya. Geser layar ke selanjutnya untuk melihatt ping atau latency sinyal 4G yang tersedia di lokasimu.

Semakin kecil angka ping atau latency, maka semakin baik kekuatan sinyalnya. Rekomendasi saya, operator yang terbaik sebaiknya di bawah 90 semoga tetap stabil ketika digunakan. Kamu juga mampu mengatur semoga sinyal yang ditunjukkan yakni 4G saja. Cukup tekan tombol All Operators dan hapus centang 2G/3G. Selanjutnya kau tekan lagi tombol View Network Stats.

Kemudian, operator yang tersedia yakni operator yang sudah ada 4G di wilayah kamu. Nah beres deh, kau mampu dengan gampang membeli kartu operatornya sehingga tidak menyesal kalau memang tidak ada sinyal dari operator tersebut. Jika ada sinyal yang tidak penuh alias hanya 1/2 bar saja sebaiknya jangan memilih karena kurang bagus kualitas sinyalnya.

Tentu saja ini karena jika kamu nanti beli kartunya, kamu tidak bisa dengan maksimal menggunakannya karena sinyal tidak maksimal. Nah begitulah cara gampang mengetahui sinyal 4G yang tersedia di wilayah kau tanpa harus beli kartunya terlebih dahulu. Cara ini tidak sepenuhnya akurat tapi mampu dijadikan bahan pertimbangan daripada harus membeli kartu dulu. -erzed

About Erzed

Check Also

Tutorial Reset Android Melalui Recovery Reset

Recovery Reset merupakan salah satu cara untuk mereset ulang semua pengaturan android anda seperti pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *