Home Gadget Cara Mengatasi Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri

by Erzed
Mengatasi Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri
Mengatasi Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri – Sekarang ini, dapat dibilang hampir semua jenis smartphone yang beredar  di pasaran, telah memanfaatkan fitur touch screen atau layar sentuh tanpa menggunakan keypad. Namun, apa jadinya apabila sistem layar sentuh di smartphone Anda terganggu sesampai kemudian bergerak-gerak sendiri?

Layar smartphone yang tiba-tiba bergerak sendiri pastinya sangat menciptakan Anda tak nyaman dan mengganggu aktivitas yang lagi dilakukan. Terlebih lagi apabila lagi menggunakannya untuk urusan pekerjaan yang penting. Jika layar smartphone Anda bergerak sendiri, jangan panik, lakukan tips berikut untuk mengatasinya.

Mengatasi Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri

1. Restart Smartphone

Cara pertama untuk mengatasi layar smartphone yang bergerak sendiri yaitu dengan melakukan reboot atau restart smartphone Anda. mengapa arus direstart? Aplikasi yang berjalan di belakang layar menciptakan RAM pada smartphone bekerja lebih keras dan dapat mengganggu sistem touch screen smartphone Anda.

Baca Juga: Solusi Mudah Mengatasi Hp Android yang Tak Terdeteksi PC/Laptop

Untuk itu, smartphone perlu direstart untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar. Saat dinyalakan kembali, smartphone tak dalam performa buruk sebab tak ada aplikasi yang berjalan pada background.

2. Menggunakan Charger yang Tepat

Pernahkah layar smartphone Anda susah dikendalikan dan bergerak sendiri saat lagi diisi daya? Hal ini dapat saja disebabkan penggunaan charger atau kabel data yang tak sesuai. Untuk itu, pastikan agar Anda selalu menggunakan charger smartphone yang asli. Hal ini untuk menjaga agar kondisi semua komponen smartphone tetap baik.

Baca :  Harga dan Spesifikasi Oppo F1s Terbaru 2019

3. Pastikan Baterai Smartphone Terisi

Layar smartphone yang bergerak sendiri kecukupan juga diakibatkan baterai lemah. Cek daya pada smartphone Anda. Jika sudah ingin habis, sebaiknya segera charge baterai smartphone keadminngan Anda.

4. Perhatikan Kondisi Screen Protector

Jika Anda menggunakan pelindung layar atau screen protector, perhatikan kondisinya. Screen protector yang dalam kondisi kotor dapat menyebabkan kinerja touch screen menjadi terganggu dan dapat bergerak sendiri. Oleh sebab itu, bisniskan untuk menjaga pelindung layar agar selalu dalam keadaan bersih.

5. Hindari Overheating

Overheating atau panas berlebih pada bagian komponen mesin dapat terjadi sebab pemakaian smartphone yang melebihi batas pemakaian. Overheating pada smartphone dapat menyebabkan gangguan sistem termasuk pada layar sentuh.

Untuk itu, hindari overheating dengan menggunakan smartphone secara tak berlebihan. Jika terlanjur, menonaktifkan smartphone Anda dan istirahatkan sedikit saat sebelum menggunakannya kembali.

6. Upgrade Sistem Terbaru

Adanya bug atau kerusakan pada firmware akan menimbulkan dampak buruk bagi performa smartphone secara keseluruhan, baik pada aplikasi unduhan, fitur, file, sampai kemudian layar. Untuk mengatasi hal ini, solusi paling simpel merupakan dengan mengupgrade sistem ke versi terbaru. Dengan malkukan pembaruan, smartphone akan terhindar dari bugs atau kerusakan sistem.

7. Factory Reset

Cara lain untuk mengatasi masalah pada layar sentuh merupakan dengan mengembalikan setelan smartphone ke setelah/setting awal (reset smartphone). Secara umum, cara ini dapat digunakan untuk mengatasi beragam masalah sesampai kemudian smartphone akan kembali ke pengaturan saat pertama kali Anda membelinya.

Cara mereset setting smartphone yaitu masuk ke menu Setelan > Cadangkan > Reset Data Pabrik. Perlu diketahui, mereset ponsel akan menciptakan data di memori interna Anda terhapus. Untuk itu, back up terlebih dahulu semua file sebelum melakukan reset smartphone.

Baca :  10 Aplikasi Android Boros Kuota Internet Hp

8. Mengmengganti Touch Screen

Jika layar smartphone tetap bergerak sendiri tak terkendali, coba bawa ponsel Anda ke tempat service yang terpercaya. Jika terjadi kerusakan parah pada sistem touch screen, maka sebaiknya dilakukan pengmenggantian.

Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah layar yang bergerak sendiri pada smartphone. Selamat mencoba.

 

You may also like