Home / Komputer / Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air – Terkadang pada saat kita lagi asyik menggunakan laptop baik untuk  mengerjakan pekerjaan atau pun bermain game pada Laptop kita secara tak sengaja tiba-tiba secangkir kopi atau segelas air yang berada di dekat Laptop kita tumpah dan akhirnya seputar seluruh atau sebagian dari keyboard pada Laptop kita.

Saya yakin seperti  perasaan kita saat itu? Tentu itu merupakan hal yang sangat tak menyenangkan, dan pada saat kita ingin mencoba Laptop kembali, Pasti ada perasaan panik mulai datang ketika Keyboard laptop tak berfungsi samasekali.

Maka dari itu, kali ini admin akan membahas bagaimana cara nya agar dapat memperbaiki Keyboard pada Laptop tersebut atau ya se enggak nya hanya untuk meminimalisir dari kerusakan yang yang akan lebih parah terjadi pada Laptop kita.

Baca Juga: Tips Merawat Hardisk Laptop agar Tetap Awet dan Selalu Prima

Apabila kita mengalami hal tersebut seperti diatas, atau cukup ada hal lain yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan atau keyboard Tidak dapat bekerja  dengan baik, atau cukup saja salah satu dari tombol pada Keyboard tak bekerja, sedikit hal dibawah ini yang cukup dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Baca :  Tutorial Mengetahui Performa SSD Menggunakan CrystalDiskMark

Memang pada saat Keyboard laptop kita rusak sangat tak menyenangkan untuk ditangani hal itu sebab keyboard merupakan bagian yang sangat penting untuk proses komputerisasi. Ya walaupun dalam pikiran kita dapat kita perbaiki ke service atau ke bengkel laptop alangkah baik nya kita tangani dahulu oleh kita sendiri, hal itu tak masalah dan itu merupakan sebuah ilmu untuk kita pelajari.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

 Mengidentifikasi lebih dahulu masalah yang ada pada Keyboard Laptop kita.

Hal yang pertama kita perlu ketahui merupakan, apakah keyboard laptop masih dapat dinyalakan atau tak? dan ada berapa kaya kira-kira dari tombol yang masih berfungsi atau masih dapat digunakan ? Jika sedikit tombol dapat digunakan dan yang lainnya tak , masalah ini dapat menjadi masalah mekanik .

Baca Juga: Penyebab Komputer Not Responding Dan Cara Mengatasinya

Apakah tak ada tombol merespons ? Tekan Caps Lock untuk melihat apakah lampu indikator yang utama itu menyala atau off . Jika lampu yang terkait dengan setiap tombol tak hidup segera menonaktifkan Laptop kita dan cobalah me-restart laptop. Jika melakukan restart Pada Laptop tak memecahkan masalah , Ternyata ada sedikit trik lain nya yang dapat kita gunakan untuk supaya keyboard laptop dapat bekerja lagi seperti biasa.

Masalah Mekanik

Apabila satu atau lebih dari kunci pada keyboard  tak bekerja, kita harus memeriksa dan melihat apakah ada sesuatu yang mengganjal atau menghalangi di bawah keyboard . Balikan posisi laptop dengan cara di balik dan Posisi Laptop seperti itu dapat menghilangkan sedikit kotoran atau cairan yang menghambat kinerja keyboard.

Apabila tombol yang terkena masih tak berfungsi setelah di lakukan hal tersebut di atas, Kita dapat menggunakan kompresor untuk mencoba membersihkan jenis apa pun yang berada di bawah tombol keyboard. Dengan menggunakan kompresor udara hal tersebut mecukupkan kita dapat menghilangkan kotoran atau cairan tersebut dengan gamang dan cairan atau debu akan bersih walaupun tak 100% bersih.

Baca :  Inilah 5 Software Terbaik Pengganti Microsoft Office

Baca Juga: Inilah Pengertian dan Perbedaan HDD IDE , ATA ,SATA , dan SSD

Kadang kita berpikir bahwa potongan-potongan kecil dari sesuatu tak menjadi sebuah masalah pada kinerja keyboard, tenamun faktanya bahwa sepotong kecil dari keripik,debu atau sedikit cipratan air pun terkadang dapat mengacaukan fungsi keyboard laptop.

Apabila masih mengalami masalah dengan keyboard laptop setelah kita melakukan cara seperti tersebut di atas baru saja, masih ada pilihan lain nya yang perlu di coba, Kekayaan keyboard laptop dapat dihapus. Anda dapat mencapai titik di mana hal tersebut  layak untuk menarik keyboard dari dek laptop Anda untuk memastikan bahwa konektor yang tegas dapat dimasukkan di komputer Anda.

Perangkat lunak

Jika masalah dengan keyboard Anda ada keterkaitan dengan perangkat lunak , masalah ini cukup terletak dengan OS , atau Driver keyboard, Jika driver Anda rusak , kedaluwarsa, atau hilang , hal itu dapat menyebabkan keyboard error.

Pada laptop  Dengan sistem operasi Window , Device Manager Control Panel dapat membantu kita mengidentifikasi masalah. Jika kita melihat segitiga kuning atau lingkaran merah di atas entri untuk keyboard di Device Manager , hal ini berarti bahwa driver keyboard  rusak atau hanya tak bekerja untuk sedikit alasan tertentu .

Baca Juga: Cara Mudah Bersihkan Debu Di Keyboard Laptop

Cobalah  Klik kanan pada perangkat yang terkena dampak dan klik Update software driver. Windows akan memeriksa driver baru , dan apabila menemukan satu , proses instalasi akan dimulai . Atau, kita dapat menggunakan Windows Update untuk memeriksa driver keyboard baru .

Selain itu,Masalah ini juga dapat terjadi  apabila Anda menginstal perangkat lunak dari pihak ketiga dengan kerap  dan atau kita kerap memenonaktifkan laptop kita tanpa menggunakan perintah Shut Down. Kita cukup harus menghubungkan keyboard USB (lihat di bawah) untuk menavigasi bidang entri teks, namun setelah kita menemukan file yang benar ,hal itu biasanya harus men-download dengan cepat dan langsung memperbaiki Masalah fix Driver.

Baca :  Download dan Cara Ganti Background Dekstop Windows 8+

Bagaimana apabila semua hal yang diatas tak ada yang berhasil?

Jika masalah masih saja terjadi cukup kita harus mengmengganti nya dengan keboard yang baru, akan tenamun proses tersebut sangat memakan waktu dan sangat sulit apabila kita tak mengerti tentang membongkar laptop. Nah, metode ini tak direkomendasikan untuk kita yang benar-benar tak tahu apa-apa seputar komponen Laptop, Terkecuali kita sudah siap dengan resikonya.

Jika anda tak berani untuk mengmenggantinya sendiri, cobalah datang ke service center laptop resmi dimana merk dari laptop kita membeli , atau kita juga dapat juga ke bengkel reparasi laptop yang terpercaya,. dan itu harus mengeluarkan uang yang lebih besar.

 

About Erzed

Check Also

Solusi Tidak Bisa Booting Window Error Recovery 4

Solusi Tidak Bisa Booting Window Error Recovery

Tidak dapat booting/masuk ke desktop komputer merupakan sesuatu yang sangat menyebalkan. Anda pasti akan berfikir …