Cara Membuat Watermark Pada Gambar Dengan Photoshop

By | February 10, 2019

Cara mudah menciptakan watermark pada gambar dengan photoshop,- Pada postingan dahulu admin pernah membagikan tutorial seputar cara memasang watermark pada video youtube, nah kali ini admin kembali akan memberikan tutorial yang sama namun beda platform yaitu menciptakan watermark pada gambar. Sebelum melakukan cara ini tentunya anda harus mempunyai software untuk editing gambar, berhubung software editing yang paling populer dan kaya digunakan saat ini merupakan photoshop maka tutorial kali ini menggunakan software adobe photoshop.

Sebelum melakukan tutorial ini sedikit admin terangkan seputar apa itu watermart dan apa fungsinya. Wetermark atau bahasa indonesianya tanda air merupakan sebuah tanda yang dibuat dan dipasang pada sebuah gambar inginpun video, yang biasanya berupa logo atau tulisan. Pemberian watermark pada sebuah gambar bertujuan agar gambar tersebut tak dapat diambil atau diakui oleh orang lain, atau singkatnya watermark berfungsi sebagai pelindung (hak cipta) dari gambar tersebut.

Nah sudah tahukan apa itu watermark beserta fungsinya, apabila anda sudah menciptakan sebuah hasil karya baik itu berbentuk gambar, video, karya seni sebaiknya berilah sebuah watermark, sebab dengan itu karya anda tak akan dapat diakui atau diklaim oleh orang lain. Jika anda menciptakan sebuah gambar menggunakan media kertas memberi watermark biasanya dilakukan dengan memberi sebuah tanda tangan atau tanda lain, namun apabila menciptakan sebuah gambar menggunakan media digital dapat memberi watermark dengan menggunakan bantuan software editing.

Untuk softwarenya dapat software editing gambar apa saja namun sebagai rekomendasi silahkan gunakan adobe photoshop, sebab dengan menggunakan photoshop memberi watermark akan sangat mudah untuk dilakukan, ok langsung saja ke prakteknya yaitu cara memberi watermark pada gambar dengan photoshop yang dapat anda ikuti dibawah ini.

Cara Membuat Watermark Pada Gambar dengan Photoshop

Sebelumnya sedikit admin beritahukan bahwa tutorial kali ini admin menggunakan adobe photsohop CS6, namun apabila anda menggunakan photoshop versi lain tutorial ini masih dapat untuk dilakukan. Berikut tutorialnya.

1. Pertama silahkan buka adobe photsohop anda.
2. Kemudian silahkan buka dahulu logo yang ingin digunakan untuk watermark (Ctrl+O), Jika belum punya logonya silahkan dibuat dahulu dapat berupa tulisan atau gambar. Dan sebagai saran sebaiknya gunakan logo watermark yang terdapat background transparan.

3. Setelah itu seleksi semua bagian logonya dengan cara (Ctrl+A) kemudian silahkan copy logo tersebut dengan cara klik menu Edit lalu pilih Copy, atau untuk lebih cepatnya dapat langsung tekan (Ctrl+C) pada keyboard.

4. Jika sudah di copy kemudian buka gambar yang ingin dipasangi watermark (Ctrl+O), setelah itu pilih menu edit lalu pilih paste. Atau langsung dapat tekan (Ctrl+V) pada keyboard lalu atur posisi watermark sesuai keinginan anda.

5. Terakhir supaya watermark tak terlalu mengganggu, dapat sedikit menciptakan logo watermark tersebut menjadi transparan. Untuk caranya silahkan klik logo watermark tersebut lalu pada opacity disebelah kanan ubah 100% menjadi 50% atau sesuaikan dengan keinginan anda.

Nah mudah bukan cara menciptakan watermark pada gambar dengan photoshop, dengan begitu orang tak akan berani mengambil karya anda. Sekian tutorial yang dapat admin bagikan dan selamat mencoba.