Home MS Word Cara Membuat Paragraf atau Alenia Otomatis di MS Word

Cara Membuat Paragraf atau Alenia Otomatis di MS Word

by Erzed

Cara mudah menciptakan dan mengatur paragraf di ms word secara otomatis,- Apa itu paragraf?, bagi sebagian pasti sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan paragraf. Paragraf sendiri juga dapat dibilang sebagai alenia yaitu sekumpulan kalimat  yang saling berkaitan kalimat satu dengan kalimat lainnya, yang akhirnya menciptakan sebuah barisan. Paragraf juga dapat di istilahkan sebagai bentuk karangan dari penulis sesampai kemudian membentuk sebuah barisan kalimat. Paragraf dapat kita jumpai pada sebuah artikel baik buku, novel, majalah atau dari artikel di internet. Fungsi paragraf sendiri agar pembaca dengan mudah membaca setiap tulisan dari penulis, apabila tak ada sebuah paragraf sebuah tulisan atau artikel akan terkesan tak rapi dan orang pasti enggan untuk membacanya. Nah dengan menggunakan sebuah paragraf akan menciptakan tulisan lebih hidup dan lebih enak untuk dipandang mata.

Baca: Cara mengatur waktu autosave di MS Word

Untuk menciptakan paragraf sendiri kita dapat menciptakan langsung dengan tulisan, namun apabila tulisan tersebut harus di cetak tentunya harus menggunakan aplikasi pengolah kata. Untuk aplikasinya cukup yang paling populer merupakan Microsoft word, sebab MS Word milik salah satu perbisnisan terbesar didunia yaitu Microsoft. Nah untuk menciptakan paragraf dengan menggunakan MS WOord cukup mudah sebab disitu sudah disediakan fitur untuk menciptakannya. Jika anda masih bingung dalam menciptakan sebuah paragraf di ms word yang biasanya awal di paragraf agak mundur sedikit kebelang disni admin akan membagikan tutorialya, disni admin akan memberikan 2 tutorialnya yaitu yang pertama dilakukan dengan cara manual dan yang kedua dilakukan dengan otomatis. untuk tutorialnya dapat dilihat dibawah ini.

Cara Membuat Paragraf di MS Word Secara Manual

Untuk yang pertama ini cukup mudah sebab kita hanya menggunakan bantuan keyboard, berikut caranya.

1. Pertama silahkan letakkan kursor di awal kalimat paragraf.
2. Kemudian tinggal tekan tombol “Tab” pada keyboard.
3. Maka tulisan di awal paragraf akan muncur sedikit.

Baca :  Cara Memunculkan Garis Tepi Margin pada MS Word

Jika artikel atau tugas yang anda buat terdapat paragraf yang cukup kaya anda dapat menggunakan cara kedua ini, sebab cara ini akan otomatis menciptakan sebuah paragraf anda mundur sedikit di setiap awal kalimat paragraf.. Berikut tutorialnya.

Cara Membuat Paragraf di MS Word Secara Otomatis

Sebelumnya masuk ke tutorial sedikit admin beritahukan bahwa diisni admin menggunakan ms word 2007, apabila anda pengguna ms word versi lain tutorial ini masih dapat dilakukan sebab caranya sama saja.

1. Pertama buka lembar kerja anda lalu blog semua tulisan paragraf.
2. kemudian pada menu home silahkan klik tanda kecil di samping tulisan paragraf. Berikut contohnya.

Cara Membuat Paragraf atau Alenia Otomatis di MS Word 10

3. Selanjutnya akan muncul popup pengaturan paragraf, untuk pengaturan paragraf secara otomatis tinggal pilih “First line” pada bagian special lalu klik OK untuk menyimpan.

Cara Membuat Paragraf atau Alenia Otomatis di MS Word 11

4. Disni sebenarnya paragraf anda sudah jadi, namun apabila menurut anda pada awal kalimat tulisan yang mundur kebelakang kurang sesuai anda masih dapat mengaturnya dengan cara memblok semua paragraf lalu klik ikon panah di rule ms word. dan geser sampai kemudian sesuai dengan posisi yang ada kehendaki.

Cara Membuat Paragraf atau Alenia Otomatis di MS Word 12

5. Semoga berhasil.

Dengan begitu paragraf anda sudah jadi secara otomatis tanpa harus melakukannya dengan manual, demikian tips ms word yang dapat admin bagikan dan selamat mencoba.

You may also like