Home Tutorial Cara Membuat dan Membuka Email Dengan Domain Sendiri

Cara Membuat dan Membuka Email Dengan Domain Sendiri

by Erzed

Cara menciptakan email dengan domain sendiri (Email Professional),- Seiring berkembangnya teknologi, menciptakan kaya produsen apa saja semakin mengembangkan produknya. Sebagaimana halnya sebuah produk, di Internet sendiri kerap berjalannya waktu juga semakin maju dalam hal menyediakan informasi bagi masyarakat. Informasi yang ada di internet tersebut juga tak lepas dari yang namanya situs web atau Blog, Web/Blog inilah yang menjadi wadah penyampai informasi ke pengunjung. Terlebih lagi sekarang kaya blog-blog personal bermunculan dengan informasi yang diberikan, yang tentunya akan semakin luasnya informasi yang beredar di Internet.

Blog-blogyang ada di Internet juga kaya menyediakan fitur untuk membantu pengunjung, salah satunya merupakan komentar. Fitur komentar di sebuah blog juga sangat membantu pengunjung agar dapat berinteraksi dengan pemilik blog, namun ada juga bentuk interaksi secara privat atau interaksi yang hanya boleh diketahui oleh satu pengunjung dengan pemilik blog. Cara dalam berinteraksi secara privat salah satunya dapat lewat email, dengan bantuan email pengunjung dapat berinteraksi dengan pemilik situs tanpa harus takut diketahui oleh pengunjung lain.

Lalu bagaimana cara mengetahui email dari pemilik Blog? Biasanya pemilik blog yang baik akan memberikan fitur “Contact us/Kontak kami” di blog mereka agar pengunjung dapat mengirim pesan ke pemilik blog. Lalu apakah Anda pernah melihat ada yang berbeda pada email di Blog atau Web-web yang menggunakan email dari domain mereka, contohnya seperti admin@sebuahdomain.com. Jika melihat domain tersebut pastinya akan terlihat professional dengan menggunakan nama domain dengan domain sendiri.

Nah untuk menciptakan domain tersebut juga tak sembarangan, ada sedikit syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya merupakan terdapat sebuah domain dan juga sebuah hosting, lalu bagaimana apabila hanya mempunyai domain namun tak punyai hosting atau hosting masih ikut Blogger? Jika tak punya hosting berarti tak dapat menciptakannya, sebab proses menciptakan email professional tersebut harus menggunakan sebuah hosting atau lebih tepatnya menggunakan cPanel. Nah apabila Anda sudah mempunyai sebuah hosting dapat langsung menciptakannya, untuk tutorialnya dapat dilihat dibawah ini.

Cara menciptakan email dengan domain sendiri lewat cPanel

1. Pertama silahkan masuk ke cPanel menggunakan domain Anda, contohnya http://domain-anda.com/cpanel

Baca :  Cara Memasang Iklan Adsense di AMP Wordpress

2. Jika sudah maka Anda akan diarahkan ke halaman login. Silahkan masuk dengan username dan password hosting yang diberikan oleh reseller hosting dimana Anda beli.

3. Kemudian cari menu “Email Account” dengan mengetikan kata kunci tersebut pada kolom yang sudah disediakan.

Cara Membuat dan Membuka Email Dengan Domain Sendiri 11

4. Jika sudah masuk tinggal buat email professional Anda, untuk pengisiannya cukup mudah yakni tinggal masukkan nama email, pilih domain yang akan digunakan sebagai email, password, dan masukkan maksimal kuota untuk kapasitas email anda. Jika sudah klik Create Account.

Cara Membuat dan Membuka Email Dengan Domain Sendiri 12

5. Nah apabila sudah maka akan terlihat email yang sudah Anda buat dibagian bawah form pembuatan baru saja.

Cara Membuat dan Membuka Email Dengan Domain Sendiri 13

Cara mengakses atau membuka email yang sudah dibuat

Nah apabila sudah menciptakan email dengan domain sendiri atau email professional, selanjutnya kita mencoba mengakses email tersebut, untuk caranya disini kita akan menggunakan layanan webmail cPanel lewat domain Anda.

1. Pertama silahkan masuk ke layanan Webmail dengan menggunakan domain Anda, contohnya seperti http://domain-anda.com/webmail

2. Kemudian silahkan masuk dengan menggunakan email dan password yang sudah dibuat baru saja, nah disini Anda akan disuruh memilih platform untuk membuka email Anda yakni Horde, Roundcube dan SquirrelMail. Kalau admin sendiri lebih suka mengunakan “SquirrelMail”, sebab tampilannya yang simpel dan ringan saat diakses.

3. Selesai.

Nah sekarang Anda sudah mempunyai Email Professional dengan domain milik Anda sendiri, itulah cara mudah menciptakan email dengan domain sendiri lewat cPanel dan cara mengaksesnya. Sekian dan terima kasih.

You may also like