Cara Mematikan Windows Firewall di Windows 8/8.1

Posted on

Cara memenonaktifkan atau menonaktifkan windows firewall pada windows 8/8.1,- Setiap komputer atau laptop yang ada di dunia ini pastinya menggunakan apa yang namanya sistem operasi, sistem operasi bagi komputer atau laptop dapat di ibaratkan sebagai roda pada sepeda yang apabila tak ada itu tak akan berjalan. Sama halnya dengan komputer apabila tak ada sistem operasi maka kita tak akan cukup dapat mengeporasikan komputer atau laptop.

Berbicara seputar sistem operasi, sekarang sistem operasi untuk komputer sangat kaya sekali jenisnya beserta kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun untuk pengguna laptop atau komputer pastinya mayoritas menggunakan sistem operasi windows, Pasalnya windows terdapat kaya kelebihan dibandingkan dengan sistem operasi lain, katakan saja linux! Linux juga sebenarnya mempunyai kaya kelebihan salah satunya sangat kebal terhadap serangan virus, namun alasan kaya yang tak menggunakan sistem operasi ini disebabkan kaya software aplikasi dan game yang tak support SO ini. Nah oleh sebab itu mengapa sistem operasi windows paling kaya digunakan untuk saat ini.

Baca: Cara memenonaktifkan atau menonaktifkan windows update

Kembali ke topik, salah satu kelebihan dari sistem windows yang cukup bermanfaat merupakan terdapat fitur windows firewall, fitur ini dikatakan bermanfaat sebab apabila kita mengaktifkannya akan menciptakan komputer atau laptop kita akan aman dari segala serangan yang mengancam melalui jaringan yang kita gunakan. Jaringan yang dimaksud disini merupakan jaringan internet, biasanya saat kita mengakses internet kaya hal yang tak dapat diduga seperti ada orang yang ingin masuk ke komputer kita lewat jaringan yang kita gunakan. Katakan saja hacker!, hacker memang dapat masuk ke komputer milik orang lain lewat jaringan internet, namun itu masih dapat kita cegah dengan mengaktifkan windows firewall. Windows firewall dapat mendetaksi dan mencegah bila ada aktifitas yang tak wajar di komputer kita.

Namun dibalik kelebihan windows firewall pasti ada saja permasalahan yang timbul saat kita mengaktifkan windows firewall, seperti tak dapat menginstall atau menjalankan sebuah aplikasi, atau saat kita lagi membetulkan jaringan internet kita (khususnya LAN) biasanya tak dapat sebab windows firewall masih aktif. Nah untuk mengatasi masalah tersebut dapat kita atasi dengan cara memenonaktifkan atau menonaktifkan windows firewall pada windows, untuk caranya dapat dilihat dibawah ini!.

Cara Menonaktifkan Windows Firewall di Windows 8/8.1

Berhubung admin menggunakan windows 8.1, disini admin akan memberikan tutorial cara memenonaktifkan windows firewall pada windows 8/8.1. Tapi apabila anda menggunakan windows versi lain seperti windows xp, 7 dan 10 tutorial ini masih dapat dilakukan sebab caranya masih sama saja. Berikut tutrialnya.

1. Pertama silahkan masuk ke control panel, untuk lebih mudahnya tekan tombol (Windows+R) pada keyboard lalu akan muncul kotak pencarian.

2. Kemudian pada kotak pencarian silahkan ketikan “Control Panel” tanpa tanda petik. Selanjutnya masuk ke menu system and security lalu klik pada bagian “windows firewall“.

3. Setelah itu untuk menonaktifkan windows firewall silahkan masuk ke bagian menu “Turn windows firewall on or off” disebelah kiri.

4. Nah disini untuk menonaktifkanya tinggal pilih “Turn off windows firewall (not recommended)” semua.

5. Terakhir tinggal klik “OK” untuk menyimpan.

Nah itulah cara mudah memenonaktifkan atau menonaktifkan windows firewall pada windows 8 dan 8.1, sekian tips tutorial seputar komputer yang dapat admin bagikan dan terima kasih.