Cara Melihat Pengunjung Yang Sedang Online di Blog Kita

Posted on

Tutorial Blog,- Visitor atau pengunjung merupakan kunci kesuksesan sebuah web atau blog, semakin kaya pengunjung dalam sebuah blog maka blog tersebut tentunya akan semakin terkenal. Tidak hanyan itu, dengan terdapat kaya visitor tentunya dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang berlimpah apabila bekerja sama dengan media periklanan, seperti Google Adsense. Walaupun begitu untuk mendapatkan kaya visitor bukan perkara yang mudah, diperlukan bisnis yang keras, tekun dan sabar agar dapat mendapatkan jumlah visitor yang kaya. Terlebih lagi optimasi Seo juga harus dilakukan agar blog mampu bersaing dengan beribu blog atau web di mesin pencarian.

Dengan terdapat kaya visitor juga akan mengangkat nama blog sekaligus dapat menciptakan semangat dalam mengelola blog, bayangkan apabila mengurus blog yang lumayan lama namun hanya terdapat sedikit visitor tentunya hal tersebut akan menciptakan kita malas dalam mengurus blog. Berbicara seputar visitor pastinya juga tak lepas dengan yang namanya page view, lalu apa yang dimaksud dengan page view?. Mungkin dari anda yang sudah lama berkecimpung di dunia blog pasti sudah mengetahui apa itu page view, namun apabila anda belum tahu berikut saja terangkan.

Page view merupakan jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung atau lebih tepatnya jumlah halaman yang di klik, maksudnya disini apabila ada orang yang mengunjungi blog anda berarti itu dapat disebut visitor, namun apabila pengunjung tersebut mengklik artikel lain di blog anda berarti itu dapat disebut page view dan page view disini jumlahnya lebih kaya dibandingkan dengan visitor. Untuk melihat page view di blog khususnya di platform blogger caranya cukup mudah yaitu tinggal lihat di bagian menu statistik di blogger, namun bagaimana apabila ingin melihat visitor bukan blog?. untuk itu anda dapat menggunakan layanan google analytics atau histats.

Lalu bagaimana apabila ingin melihat pengunjung yang online di blog kita?, Nah untuk satu ini tentunya akan menciptakan pemilik blog merasa senang, bagaimana tak! sebab dengan mengetahui pengunjung yang lagi online di blog kita tentunya kita akan langsung mengetahui bahwa blog kita ternyata memang terdapat visitor. Untuk mengetahui jumlah pengunjung yang lagi online di blog kita terdapat dua cara yaitu dengan menggunakan google analytics dan juga histats, namun disini untuk melihatnya admin merekomendasikan google analytics, sebab google analytics merupakan hal yang wajib anda lakukan untuk blog anda. Disana kita dapat memantau seluruh aktifitas blog mulai dari jumlah pengunjung (visitor), page view, penghasilan adsense dan tentunya pengunjung yang lagi online. Untuk tutorial cara melihat pengunjung yang online di blog dapat dilihat dibawah ini.

Cara melihat pengunjung online di Google Analytics

Sebelum melakukan tutorial ini tentunya anda sudah harus mendaftar dan verifikasi blog ke google analytics, apabila belum silahkan kunjungi postingan admin sebelumya seputar cara daftar dan memasang kode googe analytics di blog.

1. Pertama yang pasti silahkan login ke Google Analytics
2. Kemudian silahkan pilih blog yang ingin dilihat, apabila dalam satu google analtycs anda terdapat kaya verifikasi blog anda yang lain.

3. Setelah itu klik menu “Waktu-nyata” di bagian kiri dan pilih lagi submenu ikhtisar, maka disitu akan terdapat angka yang mewakilkan pengunjung yang online di blog anda.

Kelebihan apabila melihat pengunjung yang online di google analytics merupakan setiap pengunjung yang keluar atau masuk akan otomatis dapat dilihat dalam angka yang tertera, Nah sekian tutorial dan tips blog yang dapat admin bagikand an terima kasih.