Home / Instagram / Cara Melacak Pengunjung Instagram Dengan Google Analytics

Cara Melacak Pengunjung Instagram Dengan Google Analytics

Lebih dari setengah miliar orang memakai Instagram untuk menyebarkan video dan gambar dengan satu sama lain setiap hari. Kecukupannya merupakan, Anda merupakan salah satu dari mereka dan kaya teman Anda kecukupan terdapat aplikasi yang diinstal juga. Lagi pula, ini merupakan jaringan menyebarkan foto paling terkenal di dunia, tenamun ada lebih kaya hal dari yang terlihat dan menyiapkan Instagram Analytics Anda dengan benar merupakan kunci untuk mengembangkan taktik terbaik.

Bisnis dari semua ukuran dan industri memakai Instagram untuk terlibat dengan pengikut mereka. Untuk bisnis, game Instagram bukan hanya ihwal berapa kaya suka yang didapat foto. Mereka juga peduli ihwal pelacakan klik Tautan Dalam Bio dan menentukan siapa yang mengunjungi situs web mereka melalui pos yang dipromosikan.

Semua ini mengarahkan kaya bisnis untuk mengajukan pertanyaan umum ihwal analitik Instagram: Dapatkah Google Analytics dipakai bersama dengan Instagram?

Hingga ketika ini, kedua platform tersebut tak terintegrasi dengan baik, dengan kemudian lintas Instagram berakhir di bawah “traffic langsung” dalam laporan Google Analytics.

Karena informasi pengarah tak sanggup dilacak dari aplikasi ke browser seluler Anda, sulit bagi Google Analytics untuk mengidentifikasi kemudian lintas yang berasal dari Instagram.

Ini menyebabkan kemudian lintas pribadi meningkat.

1. Apakah Lalu Lintas Langsung yang Diturunkan?

Cara yang paling terkenal untuk mendefinisikan “lalu lintas langsung” merupakan untuk menggambarkannya sebagai pengunjung yang tiba ke website Anda secara pribadi atau, dengan kata lain, tiba di website Anda dengan mengetikkan dobermain ke kafe alamat mereka. Lalu lintas pribadi juga berasal dari bookmark.

Lalu lintas pribadi merupakan informasi baik untuk situs web Anda alasannya itu berarti orang menentukan untuk mengunjunginya tanpa kehendak sendiri, tak menyerupai diminta oleh daftar hasil pencarian atau posting media sosial.

Siapa tahu? Mereka cukup mampir untuk mengusut blog Anda atau hanya mereferensikan sedikit informasi di situs web Anda.

Namun, ketika kemudian lintas dari sumber lain tak dilacak dengan benar, sanggup dikelompokkan ke dalam grup “traffic langsung” di laporan Anda secara tak sengaja. Ini mengarah pada peningkatan jumlah kemudian lintas langsung, yang membuat analisis menjadi sedikit lebih sulit.

 
 Lebih dari setengah miliar orang memakai Instagram untuk menyebarkan video dan gambar den Cara Melacak Pengunjung Instagram Dengan Google Analytics

Instagram Marketing Made Easy dengan Schedugram

Merencanakan secara visual dan menjadwalkan posting Instagram, komedi putar, video dan kisah secara otomatis. Tandai lokasi dan pengguna, kelola tagar dan edit foto dengan mudah.

Lalu lintas pribadi yang dipompa akan membuang keakuratan laporan Anda alasannya memperlihatkan lebih kaya orang yang tiba ke situs Anda secara pribadi daripada yang sebenarnya. Ini juga menyembunyikan sumber kemudian lintas lainnya, menyerupai jumlah orang yang bergotong-royong berasal dari profil Instagram situs web Anda.

Karena akurasi merupakan bab besar dari taktik yang sukses, kemudian lintas pribadi yang meningkat niscaya merupakan sesuatu yang ingin Anda hindari. Untungnya, ada cara untuk menjaga kemudian lintas Instagram Anda dari yang dikumpulkan dengan yang lain, itu hanya membutuhkan sedikit adaptasi untuk URL Anda dan pengaturan Google Analytics Anda.

2. Dapatkah admin memakai Google Analytics untuk melacak trafik Instagram

Untungnya, Google selalu meningkatkan platform mereka, dan Google Analytics tak terkecuali.

Selama lebih dari satu tahun sekarang, Google Analytics telah menampilkan Instagram dalam laporan di dasbor Anda. Namun, masih sanggup gagal untuk mengidentifikasi sedikit kemudian lintas yang tiba melalui platform Instagram ke situs web Anda, tenamun untungnya bagi Anda, ada solusi!

Berikut merupakan panduan langkah demi langkah untuk memakai Google Analytics untuk melacak kemudian lintas Instagram Anda dan membantu Anda lebih memahami apa yang lagi dilakukan oleh platform terkenal ini untuk membantu Anda membangun merek dan bisnis Anda.

3. Cara Melacak Lalu Lintas Instagram di Google Analytics dengan Tag UTM

Di antara metode yang paling ahli untuk membantu bisnis Anda melacak kemudian lintas Instagram merupakan dengan menambahkan tag UTM, atau Pelacakan Kampanye. Ini tak hanya berfungsi untuk Instagram, tenamun berfungsi untuk semua sumber eksternal yang Anda gunakan untuk mengarahkan pengunjung ke situs web Anda.

Baca :  Stiker Gres Instagram 'Saya Memilih' Di Instagram Story

Pemberian tag UTM efektif dalam memperoleh data Google Analytics yang akurat. Dengan memakai pemberian tag UTM, Anda sanggup memastikan bahwa Google Analytics mencatat kemudian lintas persis menyerupai yang Anda inginkan: dengan akurasi 100%.

Apa itu Pemberian Tag UTM?

UTM merupakan singkatan dari “Modul Pelacakan Urchin”. Ini niscaya tampak angker pada awalnya, tenamun ini sangat membantu Anda sebagai seorang pemasar. Tanpa mereka, Anda akan menemukan diri Anda berjuang untuk melacak hasil kampanye Instagram Anda di Google Analytics.

Meskipun Anda akan sanggup melihat hasil dari kampanye Instagram berbayar Anda di Pengelola Iklan Facebook, apabila Anda ingin melacak kemudian lintas yang berasal dari tautan bio Anda atau apabila Anda ingin membandingkan kampanye Instagram dengan kampanye yang ditemukan dalam dasbor Google Analytics Anda, Pemberian tag UTM intinya merupakan satu-satunya solusi untuk mencapai tujuan tersebut.

Sederhananya, UTM merupakan bab dari aba-aba yang akan Anda gunakan di bab final URL.

Kode yang Anda tambahkan mecukupkan Anda melacak parameter tertentu di dasbor Google Analytics Anda, menyerupai sumber kemudian lintas.

Anda sanggup memakai pemberian tag UTM untuk menemukan dari mana pengunjung ke URL tertentu berasal dan kampanye khusus mana yang mengarahkan kemudian lintas ke situs Anda.

Menyiapkan Pelacakan UTM dan Pelacakan Tautan Instagram Dengan Schedugram

Semuanya dimulai dengan memutuskan ke mana Anda ingin pengguna Anda pergi ketika mereka mengklik tautan yang ditandai. Misalnya, Anda sanggup mengarahkan mereka ke halaman produk tertentu, halaman “Tentang Perbisnisan Anda”, atau hanya beranda Anda.

Cari tahu halaman mana yang paling sesuai dengan target kampanye dan kirim mereka di sana.

Sekarang, apabila kebetulan Anda ingin menyiapkan promosi tertentu, cukup yang terbaik merupakan membuat laman landas di situs Anda yang didedikasikan untuk kemudian lintas Instagram.

Anda harus, tentu saja, memastikan bahwa laman ini ramah seluler alasannya sebagian besar trafik Instagram akan berasal dari orang yang memakai perangkat seluler mereka.

Anda juga harus memakai noindex dan nofollow untuk memastikan bahwa mesin pencari tak menemukannya dan supaya orang-orang tak mengekliknya dari mana pun selain Instagram.

Ketika Anda telah memutuskan di mana untuk mengirim kemudian lintas Anda, langkah selanjutnya merupakan memberi tag pada URL pilihan memakai tiga parameter dan nilai ini:

utm_source = instagram akan mengidentifikasi sumber sebagai Instagram di dasbor Google Analytics Anda
utm_medium = sosial akan mengidentifikasi kemudian lintas sebagai kanal media sosial
utm_campaign = profil akan memperlihatkan sedikit detail ihwal sumber kemudian lintas

TIP PRO: Saat menyiapkan pemberian tag UTM Anda, Anda harus ingat bahwa Google Analytics peka abjad besar kecil. Jadi, apabila Anda menandai satu tautan dengan utm_source = Instagram dan lainnya dengan utm_source = instagram, kemudian lintas akan dipisahkan di dasbor Anda. Gunakan abjad kecil dengan segalanya supaya tetap konsisten. Anda juga sanggup mengmengganti utm_campaign = profil dengan nilai utm_campaign apa pun yang Anda inginkan.

PENTING! Pisahkan parameter kampanye Anda dari URL itu sendiri memakai tanda tanya. Juga, letakkan tanda yang sama antara setiap parameter dan nilainya. Akhirnya, gunakan ampersand untuk memisahkan parameter dari satu sama lain.

Terdengar membingungkan atau memakan waktu? Kabar baiknya merupakan Anda sanggup mengotomatiskan proses pemberian tag UTM dengan pemberian fitur pelacakan klik Schedugram, yang menambahkan data UTM secara otomatis.

Berikut sedikit pola URL yang telah menerapkan tag UTM:
https://www.mywebsite.com/?utm_source=instagram&utm_medium=social&utm_campaign=insta_profile
https://www.mywebsite.com/little-black-dress/?utm_source=instagram&utm_medium=cpc&utm_campaign=sunday_sale
https://www.mywebsite.com/about_us/?utm_source=instagram&utm_medium=social&utm_campaign=instagram_profile

Setiap kali seseorang mengeklik tautan yang telah diberi tag, parameter yang Anda tambahkan ke URL akan dikirim pribadi ke dasbor Google Analytics Anda dan Anda akan sanggup melihat semua data yang dikumpulkan dalam laporan Anda.

Tentu saja, metode ini terdapat satu kelemahan: Anda akan berakhir dengan URL yang sangat panjang.

Tim RThe Schedugram membuat analitik klik untuk Instagram dengan Anda dalam pikiran. Anda mengaktifkan pelacakan klik untuk setiap akun Instagram yang ingin Anda gunakan.

Baca :  Cara Simple Menghapus Riwayat Pencarian Di Instagram

Masuk ke akun Schedugram Anda. Jika Anda merupakan pengguna baru, cobalah uji coba gratis 7 hari untuk menguji penjadwal Instagram fitur kompleks.
Buka halaman “kelola akun”, dan klik tindakan akun> pengaturan akun. Di sini, Anda sanggup mengatur URL yang akan Anda gunakan.

Setelah mengaktifkannya di pengaturan akun, ubah URL profil akun Instagram Anda ke URL yang Anda lihat di jendela. Ini berarti kami sanggup melacak klik pengikut Anda.

Kemudian, ketika Anda mengunggah konten, Anda kini akan melihat kotak “URL”. Masukkan URL yang ingin Anda kunjungi ketika pengikut mengeklik tautan bio Anda, dan kami akan melaksanakan sisanya.

Di bab arsip log acara Anda, Anda akan melihat hitungan jumlah klik yang terjadi ketika pos tersebut ditayangkan.

Setelah posting diterbitkan, Anda akan sanggup melihat jumlah klik melalui tautan bio Anda ketika posting tersebut merupakan yang terbaru. Ikon tautan berwarna abu-abu apabila pos terdapat URL default yang aktif, atau biru (seperti di bawah) apabila terdapat URL khusus (dan sekali lagi, Anda sanggup mengarahkan mouse untuk melihat apa URL-nya):

Mengapa Panjang URL Buruk

Instagram merupakan tautan singkat dan cantik.

Saat Anda memakai pemberian tag UTM, sangat gampang untuk mengakhiri tautan yang terlalu buruk dan panjang untuk dimasukkan dalam profil Instagram Anda. Penghubung tautan sanggup digunakan, tentu saja, tenamun tautan tersebut kerap dikaitkan dengan akun spam dan, kecuali orang benar-benar mempercayai Anda, cukup itu tak akan memberi Anda hasil yang bagus.

Jadi, apa yang sanggup Anda lakukan?

Untuk mencegah tautan yang panjang atau membingungkan, Anda sanggup melakukannya dan membuat pengalihan 301 di situs web Anda. Dengan kata lain, Anda akan sanggup menambahkan URL pendek dan bagus ke profil Anda, menyerupai www.mywebsite.com/instagram, tenamun kemudian ketika seseorang mengklik URL tersebut, mereka akan diteruskan ke tautan Anda yang ditandai.

Menyiapkan Pengalihan 301

Jika Anda tak tahu cara mengatur pengalihan 301, Anda terdapat sedikit opsi.

1. Anda sanggup menghubungi webmaster Anda dan menciptakannya untuk menciptakannya untuk Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin URL “cantik” Anda, www.mywebsite.com/instagram, untuk mengarahkan ulang ke URL yang Anda tandai (pastikan untuk memperlihatkan keduanya kepada mereka di pesan Anda).

Atau…

2. Anda kebetulan mengoperasikan situs WordPress, cukup instal plugin gratis berjulukan Pretty Links dan Anda akan sanggup membuat 301 pengalihan pribadi dari dasbor Anda. Anda akan menempatkan kedua tautan (tautan pendek dan tautan yang diberi tag) ke dalam alat dan itu akan melaksanakan sisanya untuk Anda.

4. Cara Menarik Data Biaya Iklan Instagram ke Google Analytics

Jika Anda pernah mengelola promosi Instagram, Anda sudah tahu bahwa Anda harus memakai Pengelola Iklan Facebook untuk melakukannya. Kampanye tersebut dikelola dalam platform yang sama dengan kampanye Facebook, dan itu berarti Anda sanggup melihat statistik kampanye di Instagram atau Facebook, tenamun dapatkah Anda membawa statistik tersebut ke dasbor Google Analytics Anda?

Dengan OWOX BI Pipeline, Anda dapat!

Ini merupakan alat yang secara otomatis mengumpulkan statistik ihwal biaya, klik, dan tayangan Anda dari Facebook dan layanan yang tak memakai Iklan Google dan membawa statistik tersebut ke dasbor Google Analytics Anda.

Akibatnya, Anda akan sanggup mengukur biaya kampanye dan melacak konversi di semua sumber iklan yang Anda gunakan dan melihat semuanya di satu daerah di dasbor Google Analytics Anda. Pada gilirannya, Anda akan menghemat kaya waktu ketika Anda perlu menganalisis bagaimana kinerja suatu kampanye.

Apakah OWOX BI Pipeline Aman?

Meskipun cukup tak terdapat nama yang catchiest, OWOX BI Pipeline memang aman.

Faktanya, ini merupakan kawan teknologi Google Cloud Platform resmi dan hanya memakai API resmi. Itu artinya alat tepercaya untuk dipakai oleh bisnis Anda dan sanggup melaksanakan keajaiban untuk kemampuan pelacakan kampanye Anda.

Ini gratis untuk mencoba selama 14 hari, tenamun menggunakannya melewati jumlah waktu itu akan membutuhkan biaya. Mereka terdapat planning berbeda apabila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut ihwal platform dan cukup mengaturnya sendiri. Pergi saja ke sini.

Baca :  Cara Simple Untuk Menghapus Semua Foto Di Instagram

5. Cara Menggabungkan Rujukan di Google Analytics

Jika situs web Anda memakai Instagram untuk mengarahkan kemudian lintas ke situs web Anda dan kemudian Anda memakai Google Analytics untuk menganalisis kemudian lintas, Anda cukup mulai memperhatikan bahwa kemudian lintas terbagi.

Itu alasannya Instagram terkadang membagi kemudian lintas antara instagram.com dan l.instagram.com. Jika seorang pengguna melewati Link Shim sebelum mereka masuk ke situs web Anda, abjad “L” akan muncul di depan Instagram, dan Google Analytics akan menganggapnya sebagai sumber kemudian lintas terpisah. Ini bukan final dunia, tenamun itu sanggup membuat pelacakan menjadi sedikit lebih sulit.

Apa itu Tautan Shim dan Bagaimana Ini Mempengaruhi Analisis Instagram Anda?

Link Shim merupakan alat yang dirancang untuk membantu menjaga pengguna Facebook, dan pengguna Instagram yang dimiliki Facebook, sejajar ihwal potensi situs web yang berisi spam atau berbahaya. Ini juga berfungsi untuk melindungi informasi pribadi mereka, menyerupai nama pengguna mereka, supaya tak terungkap di URL perujuk.

Link Shim mengalihkan sementara mereka ke halaman web non-HTTPS di mana informasi pengarah mereka ditimpa, sesampai kemudian menyembunyikan informasi pribadi apa pun dari Anda, daerah di mana pengguna kesudahannya akan mendarat.

Sebenarnya, ada kabar baik untuk Anda, alasannya Link Shim menyimpan semua data perujuk yang relevan.

Tanpa data itu, Google Analytics akan memasukkan kemudian lintas apa pun yang melewati Link Shim ke nomor kemudian lintas “langsung”. Namun, alasannya itu, setiap kemudian lintas Facebook atau Instagram yang didapat situs web Anda akan dibagi ke dua perujuk ketika Anda melihat laporan di Google Analytics.

Lalu lintas Facebook dibagi antara m.facebook.com dan lm.facebook.com, dengan “M” berarti ponsel.

Menggabungkan kembali Data

Dalam kaya kasus, Anda cukup merasa bahwa kemudian lintas Anda terbagi antara sedikit perujuk ketika itu, memang, berasal dari satu sumber menghambat upaya pemasaran Anda dan keakuratan analitik Anda.

Jika itu masalahnya untuk Anda, jangan khawatir. Anda benar-benar sanggup menggabungkan kembali tumpuan dengan memakai Pencarian dan Ganti filter di Google Analytics.

Untuk melaksanakan ini, pertama-tama pastikan Anda terdapat tampilan yang tak difilter untuk setiap properti di dasbor Anda. Perlu diingat bahwa filter tak sanggup diubah dan, sesudah Anda menerapkannya, Anda tak akan sanggup memfilter data. Jika Anda ingin melanjutkan, buka bab Admin dan pilih tampilan yang ingin Anda filter.

Klik “Filter” di kolom.
Klik “+ Tambahkan Filter” dan beri nama yang akan Anda ingat, menyerupai “Semua Lalu Lintas Instagram”
Setel jenis filter ke “Custom” dan pilih “Cari dan Ganti”
Sekarang, untuk mengonfigurasi filter Anda, gunakan opsi ini:
Pilih “Sumber Kampanye” untuk Bidang Filter
Di kolom Search String, masukkan (.* .|^)? [I|i]nstagram ($|.com)
Di bidang Ganti String, masukkan Instagram

Jika Anda ingin membersihkan referral Facebook Anda juga, gunakan (.*.|^)? [F|f] acebook ($| .com) di bidang Pencarian String dan Facebook di bidang Ganti String.

Anda sanggup mengklik tombol “Verifikasi” sebelum Anda menyimpan untuk melihat cara kerjanya. Jika Anda mendapat pesan yang bertuliskan “Filter ini tak akan mengubah data Anda” itu artinya tak ada data yang cocok ditemukan dalam pola 7 hari yang akan dipakai Google Analytics untuk verifikasi.

Sekarang klik tombol simpan dan terapkan filter ke semua data Anda. Schedugram sanggup membantu Anda mengatur penandaan UTM Anda secara otomatis sesampai kemudian Anda sanggup mulai menikmati laporan yang lebih higienis dan lebih akurat. Jika Anda tak yakin bagaimana melaksanakan ini, pesan sesi satu-satu dengan salah satu perwakilan dukungan pelanggan kami.

Jika Instagram Analytics merupakan topik yang luar biasa untuk Anda, Anda akan bahagia mendengar bahwa Schedugram membuat wawasan dan pelaporan lebih gampang dari sebelumnya dengan Dasbor Analisis Analytics.

About Erzed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *