Cara Jitu Menghindari Serangan Hacker

By | March 11, 2019
Cara Jitu Menghindari Serangan Hacker
Cara Jitu Menghindari Serangan Hacker

Cara Jitu Menghindari Serangan Hacker – Di dalam dunia internet  pasti Anda tahu yang namanya hacker, yaitu seseorang yang menguasai ilmu di bidang TI dan menggunakan kemampuannya untuk meretas  jaringan komputer demi tujuan pribadi.

Para hacker tak memandang siapapun korbannya, dan tentunya termasuk Anda pun, dapat menjadi sasaran mereka. Untuk itu, guna menghindari segala kerugian yang di sebabkan oleh para hacker, kita harus berhati-hati saat terhubung dengan jaringan internet.Nah, berikut deretan tips yang dapat anda coba untuk menghindari serangan para hacker tersebut.

Cara Jitu Menghindari Serangan Hacker

 

1. Menggunkan Eksitensi Pada Browser

Eksitensi berguna untuk melindungi data privasi Anda dari Tracker. Para hacker menggunakan tracker untuk memantau aktivitas browsing korbannya. Berikut sedikit eksitensi yang dapat Anda gunakan untuk browser Anda.

Privacy Badger: pembuat eksitensi ini merupakan EFF ( Electronik Frontier Foundation) fungsinya untukmengamankan koneksi situs website.

HTTPS Everywhere: juga buat oleh EFF yang berfungsi untuk memblokir spying, iklan spam dan menghapus jejak aktivitas.

Disconnect: eksitensi ini berguna untuk menjaga informasi tetap aman dan menghalangi bocornya data.

2. Hati-hati Saat Mengakses Internet

Jangan ceroboh saat menggunakan media sosial, seperti lupa logout akun. Sesampai kemudian akun Anda dapat dibajak oleh oran lain dan ceroboh ketika mengunduh file dari internet. Bisa jadi file tersebut berisi virus spyware . Anda perlu mewaspadai hal tersebut.

3. Menggunakan Email Secara Aman

Gunakan layanan keamanan yang ditawarkan oleh pihak email, untuk melindungi privasi Anda. Nah, berikut merupakan sedikit layanan yang dapat Anda coba:

Lavabit: yaitu layanan email terenkripsi, dengan fitur keamanan yang kompleks dan cukup handal.

ProtonMail: merupakan layanan email yang kaya digemari, sebab bekerja dengan maksimal dalam hal keamanan.

4. Menggunakan Antivirus 

Di dalam internet memang kaya antivirus yang dapat melindungi perangkat dari serangan virus dan spyware. Tapi, tak semua antivirus itu dapat diandalkan. Anda harus pandai dalam memilih antivirus. Pilihlah antivirus yang sudah terkenal dan kaya review positifnya .

5. Menggunakan VPN

Untuk menjaga privasi Anda tetap aman, Anda dapat menggunakan VPN (Virtual Private Network). Fungsinya merupakan untuk mengenkripsi data yang dikirimkan dari perangkat ke server agar tetap aman.

6. Mengmengganti OS 

Ada berita yang mengatakan bahwa Windows dan MacOs terbukti membocorkan data para penggunanya. Selain itu, Windows sangat rentan terkena spyware yang menyebabkan keamanan data privasi penggunanya terancam. Sebaiknya Anda  menggunakan OS yang mendukung keamanan seperti Linux. Beberapa OS yang Anda dapat gunakan sebagai mengganti Windows yang berbasis Linux seperti Ubuntu dan Linux Mint.

Anda juga dapat menggunakan Tails OS, yaitu sebuah sistem operasi live yang sangat ringan, tujuan dibuatnya Tails OS merupakan untuk melindungi privasi penggunanya. Sistem operasi ini juga menggunakan enkripsi untuk mengamankan data. Dengan cara mengacak data yang dikirim dan diterima sebuah perangkat agar tak mudah dilacak. Di dalam Tails OS juga menggunakan jaringan Tor Browser sesampai kemudian dapat menciptakan penggunanya aman dari gangguan para hacker.

7. Menggunakan Layanan Chat yang Aman

Banyak sekali aplikasi chat di dalam internet. Tapi, ada juga yang melakukan pelanggaran privasi. Sebaiknya, Anda harus hati-hati untuk memilih aplikasi chatting. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan agar lebih aman seperti Bleep, Jitsi, Semaphor. Aplikasi tersebut dapat menciptakan para hacker kesulitan untuk mencuri informasi.

Nah, itulah sedikit cara yang dapat melindungi Anda dari serangan para hacker, Semoga bermanfaat.