Home / Komputer / Cara Gampang Membuat Flash Disk Menjadi RAM Eksternal

Cara Gampang Membuat Flash Disk Menjadi RAM Eksternal

Cara Mudah Membuat Flash Disk
Menjadi RAM Eksternal
-Random Access Memory atau RAM merupakan komponen penting dalam perangkat notebook atau pun komputer ( PC ). RAM sendiri berfungsi sebagai memori yang bertindak untuk mengalokasikan penggunaan sejumlah memori oleh suatu aplikasi yang terinstal pada laptop atau pun PC. Selain itu, RAM juga menentukan tingkat responsif pada aplikasi yang terinstal. Semakin besar akan semakin bagus. Itu akan semakin membantu untuk meningkatkan kinerja laptop ataupun PC anda.

Cara Membuat Flash Disk Menjadi RAM Eksternal

Laptop atau PC yang terdapat RAM kecil biasanya akan rentan mengalami lag atau hang saat menjalankan aplikasi berat. terlebih apabila di gunakan multitasking, atau mengoperasikan sedikit aplikasi secara bersamaan. Untuk itu, maka tak heran, kaya orang berbisnis menambah kapasitas RAM pada PC nya agar dapat lebih maksimal lagi kinerjanya.

Untuk menambah kapasitas RAM, biasanya di lakukan dengan cara membeli RAM baru di toko komputer. Akan tenamun, selain cara tersebut penambahan kapasitas RAM yang kecil ternyata dapat diupgrade dengan memanfaatkan flash disk. Yang mana dalam hal ini, flasdisk berfungsi sebagai RAM eksternal. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

1.Pilih dan gunakan Flash Disk dengan kapasitas 1 GB, Semakin besar kapasitas ruang tampung flash disk akan semakin bagus ( maksimal 4 GB ).

2.Format Flash Disk harus dalam bentuk NTFS ( New Technology File System ), FAT16 ( File Allocation Table ) atau FAT32

Setelah proses diatas selesai, Proses selanjutnya, silahkan anda ikuti langkah – langkah di bawah ini :

1.Masukkan flash disk pada port laptop atau PC

2.Buka Windows Explorer kemudian klik kanan flash disk lalu pilih properties.

3.Pilih dan klik use this device pada bagian tab Ready Boost.

Baca :  Agar Tidak Terkena Hack, Hindari Kebiasaan Ini Saat Online

Pada bagian ini, Sistem komputer akan memberikan pilihan apakah flash disk akan digunakan sebagai media penyimpanan atau Ready Boost. Ready Boost merupakan fitur canggih besutan microsoft yang dirancang untuk meningkatkan kinerja komputer atau pun laptop dengan memanfaatkan USB flash disk, SD Card atau pun Memory Card. Teknologi Ready Boost akan akan memberikan cache memori yang digunakan sebagai perluasan RAM ( Random Access Memory ) untuk meningkatkan kinerja sistem operasi. Selain itu, fitur Ready Boost juga terdapat kecepatan membaca flash disk 80 sampai kemudian 100 kali lebih cepat dari hard disk tradisional biasa.

4.Kapasitas Ready Boost minimal 256 MiB dengan kecepatan akses 1 milidetik atau kurang dari 1 milidetik. Perangkat dengan fitur ini harus terdapat kemampuan membaca data 2,5 MB per detik dengan terdapat ruang kosong 235 MiB. Besarnya kapasitas memori yang dapat digunakan untuk akselerasi ready boost merupakan satu sampai tiga kali kapasitas memory yang terinstal pada laptop atau pun PC anda

5.Klik Ok, maka flash disk anda otomatis sudah menjadi RAM Tambahan.

Penambahan RAM pada laptop atau pun PC dengan menggunakan flash disk dapat meningkatkan kecepatan kerja mesin secara otomatis serta multitasking pada laptop atau pun PC semakin lancar.

Demikianlah artikel saat ini tentang Cara Mudah Membuat Flash Disk Menjadi RAM Eksternal  , semoga bermanfaat

About Erzed