Home Android Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu

Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu

by Erzed
Cara cek hp Samsung asli atau palsu
Cara cek hp Samsung asli atau palsu

Cara cek hp Samsung asli atau palsu – Semakin kayanya pengguna smartphone dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menjual produk replika atau palsu tenamun dengan harga yang sama dengan produk asli. Hal ini tentu sangat merugikan. Salah satu brand yang produknya kaya dipalsukan merupakan Samsung.

Cara Cek Hp Samsung Asli atau Palsu
Banyak sekali hp Samsung Galaxy palsu yang beredar di pasaran di antaranya merupakan Samsung Galaxy S Series, Galaxy A Series, Galaxy J Series, Galaxy Grand Prime, dan Samsung Galaxy Core. Selain itu, masih ada kaya replika lainnya dari hp Samsung yang dijual di pasaran. Jika Anda baru membeli hp Samsung khususnya produk yang sudah bekas, Anda dapat mencoba mengikuti cara di bawah ini untuk memastikan bahwa smartphone yang dibeli bukan Samsung replika atau palsu.

Cara Cek Fisik Hp Samsung Galaxy Asli

Ciri Khas Fisik Hp Samsung
Untk mengetahui apakah smartphone Samsung yang Anda beli asli atau tiruan, Anda dapat melihatnya dari segi fisik mulai dari box atau kardus hp dan fisik dari hp tersebut. Box hp Samsung asli biasanya dibungkus dengan logo Samsung. Sementara itu hp Samsung replika tak akan dibungkus.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Gratis Internet Dengan Aplikasi AmazeVPN Terbaru

Untuk memastikannya lagi, cek fisik smartphone tersebut. Smartphone Samsung yang asli terlihat dari tombol Home yang dekat dengan layar sentuh dan susunan tombolnya juga lebih rapi.Sementara itu hp replika biasanya terdapat tombol yang tak rapi dan lebih jauh dari layar.

Kekompleksan Aksesoris
Anda juga dapat mengecek smartphone Samsung Galaxy yang dibeli asli atau palsu dengan memeriksa isi box kekompleksan dari ponsel tersebut. Produk asli biasanya dikompleksi dengan aksesoris yang kompleks mulai dari kabel USB, adapter, earphone, dan buku manual. Setiap aksesoris juga dibungkus dengan rapi serta terdapat segel dengan logo Samsung.

Baca :  Tutorial Membuat/Mengedit Tulisan dengan Efek Asap Rokok di Android

Cara Memeriksa Hp Samsung Galaxy Asli Dari Software

Mengecek Spesifikasi
Anda juga dapat memeriksa spesifikasi yang digunakan pada hp Samsung yang Anda beli. Untuk mengetahui spesifikasi ponsel, buka menu Settings atau Pengaturan kemudian pilih menu About. Nantinya akan muncul spesifikasi kompleks dari smartphone tersebut. Produk asli akan menampilkan spesifikasi yang sesuai dengan keterangan dari box. Menu About akan memberikan informasi tentang versi OS Android, Screen, Hardware, dll.

Memeriksa Nomor IMEI
Untuk mengecek keaslian smartphone, Anda juga dapat memeriksa nomor IMEI yang terdapat pada label smartphone tersebut ketika membuka baterai yang terpasang di dalamnya. Biasanya kode IMEI terdiri dari 15 digit dan menggunakan kode resmi dari urutan produksi pembuatan smartphone tersebut.

Untuk mengetahui nomor IMEI smartphone sesuai dengan label yang terdapat pada smartphone Samsung, ketikkan kode khusus pada menu Dial yaitu *#06#. Setelah itu akan muncul kode yang menterangkan informasi produksi perangkat tersebut yaitu:

  • Kode 05 berarti ponsel merupakan produk buatan USA
  • Kode 00 berarti ponsel merupakan produk buatan Finlandia
  • Kode 20 / 02 berarti ponsel merupakan produk buatan Jerman
  • Kode 03 berarti ponsel merupakan produk buatan Kanada atau Perancis
  • Kode 04 berarti ponsel merupakan produk Limited Edition di Korea dengan grade A++

Setelah mengetahui cara mengecek hp Samsung asli atau palsu, Anda sebenarnya tak perlu memeriksa cara di atas satu per satu. Cukup dengan mengecek dari kualitas hp serta kode IMEI saja sebenarnya sudah cukup menjadi bukti apakah smartphone tersebut asli atau bajakan sesampai kemudian Anda dapat terhindar dari penipuan penjual hp yang tak bertanggung jawab.

Dengan mengetahui hal di atas, sekarang Anda tak perlu takut lagi untuk membeli smartphone Samsung sebab khawatir mendapat produk bajakan. Namun untuk lebih aman, sebaiknya Anda membeli smartphone Samsung langsung dari distributor terpercaya atau gerai resmi Samsung. Memang untuk membeli dari gerai resmi harganya akan lebih mahal. Namun barang yang dibeli dijamin merupakan barang asli.

Baca :  Cara Mengubah Warna Tema Di Opera Mini Android Terbaru

 

You may also like