Cara Ampuh Melegakan Storage Internal Android Yang Sudah Penuh

By | May 13, 2019
Cara Ampuh Melegakan Storage Internal Android Yang Sudah Penuh
Cara Ampuh Melegakan Storage Internal Android Yang Sudah Penuh

Cara Ampuh Melegakan Storage Internal Android Yang Sudah Penuh – Para pengguna Android tentunya sudah kerap mengalami masalah dengan storage atau kapasitas penyimpanan, terlebih untuk pengguna yang perangkatnya terdapat kapasitas storage internal kecil, yang apabila di paksakan menyimpan file kaya takutnya akan mengganggu kinerja smartphone tersebut.

Nah, untuk itu, berikut ini kami akan bagikan sedikit tips agar storage internal pada smartphone anda dapat lega lagi. Sesampai kemudian kinerja smartphone akan lebih maksimal. Bagaimana caranya?

Cara Backup File Ke Kartu Memori atau SD Card Anda

Sebelum anda mulai melakukan langkah-langkah untuk melegakan storage Android anda, ada baiknya apabila anda mem-backup terlebih dahulu file-file penting yang ada di memori internal ke memori eksternal atau SD Card. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  • Buka File Manager di perangkat anda
  • Pilih Internal Storage
  • Pindahkan file-file penting anda ke external storage atau kartu memori atau SD Card

Cara Ampuh Melegakan Internal Storage Android yang Sudah Penuh

1. Menghapus File Di Folder .thumbnails
Hal pertama yang dapat anda lakukan merupakan menghapus semua file yang ada di dalam folder .thumbnails. Folder ini merupakan tempat penyimpanan sebagai backup atau cache dari foto yang kita ambil dengan kamera inginpun dari gambar-gambar yang kita buka.

Baca Juga: Inilah 3 Aplikasi Penghemat Beterai Terbaik Di Android

Tujuannya merupakan agar mempersingkat waktu apabila anda ingin membuka file foto inginpun gambar yang sama, maka proses loadingnya tak akan terlalu lama.

2.Menghapus File Cache Dari Aplikasi
Cache merupakan file sementara namun terkadang menghabiskan kaya ruang penyimpanan di memori internal perangkat anda, yang akhirnya mengakibatkan penuhnya memori anda.

Untuk menghapus file cache ada dua cara, yang pertama merupakan menghapus satu persatu dari setiap aplikasi yang anda miliki atau cara yang lebih simple yaitu dengan menggunakan aplikasi bantuan lain.

Dengan aplikasi bantuan anda dapat menghapus cache dari seluruh aplikasi yang ada dalam perangkat anda dengan satu langkah mudah, tanpa harus repot-repot membuka aplikasi satu persatu. Salah satu aplikasi pembersih cache yang kaya digunakan merupakan App Cache Cleaner yang dapat ditemukan di Google Playstore.

3.Memindahkan Aplikasi Ke Penyimpanan Eksternal
Cara ampuh melegakan storage Android yang sudah penuh selanjutnya merupakan dengan memindahkan Aplikasi ke ruang penyimpanan eksternal atau SD Card dapat melegakan ruang penyimpanan internal anda dan menjadi solusi storage Android yang penuh sebab aplikasi-aplikasi baru saja akan dipindahkan ke SD Card sesampai kemudian mengosongkan memori internal anda.

Baca Juga: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Pada Andoid

4.Mengubah SD Card Menjadi Media
Cara ini termasuk cara yang ampuh untuk melegakan storage Android anda yang penuh, namun perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan ini maka perangkat anda harus di root terlebih dahulu.

Jadi apabila anda terdapat perangkat yang masih terdapat garansi, sebaiknya mempertimbangkan kembali untuk melakukan cara ini sebab perangkat yang telah di root mengakibatkan hangusnya garansi pada perangkat anda.

Khasiat dari repartisi ini merupakan anda dapat menentukan sebesar apa ruang SD Card tersebut yang akan anda pakai untuk menjadi media penyimpanan pendukung memori internal agar aplikasi yang dapat kita install menjadi lebih kaya.

5.Menggunakan Link2SD
Dengan aplikasi ini maka anda dapat menyimpan aplikasi yang terinstall di memori internal namun data-data dari aplikasi tersebut akan tersimpan di partisi SD Card. Dengan begitu maka memori internal akan terdapat ruang lebih lega dan anda dapat menginstall aplikasi lebih kaya lagi.

Baca Juga: Inilah 7 Penyebab Android Cepat Panas

Agar lebih optimal di sarankan untuk melakukan reboot pada Android sebelum menggunakan perangkat anda kembali.

Karena terkadang ada aplikasi yang forced close, namun setelah melakukan reboot aplikasi akan berjalan normal kembali.
Dengan cara di atas anda tak takut storage internal pada android akan penuh dan menciptakan perangkat jadi lemot.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Ampuh Melegakan Storage Internal Android Yang Sudah Penuh , semoga bermanfaat.