Home Android Cara Agar Smartphone Android Tetap Optimal

Cara Agar Smartphone Android Tetap Optimal

by Erzed

Cara Agar Smartphone Android Tetap Optimal – Smartphone android saat ini merupakan smartphone yang sangat popular dan paling kaya digunakan. Selain itu sistem operasi ini terdapat bermacam fitur yang menarik dan juga terdapat bermacam macam aplikasi yang dapat anda gunakan di smartphone android anda.

Cara Agar Smartphone Android Tetap Optimal

Tentu, dengan kayanya kelebihan pada smartphone android juga pasti terdapat kekurangannya salah satunya merupaka android terkadang menjadi lemot. Android lemot ini dipengaruhi kaya faktor dan perlu untuk diatasi agar smartphone tersebut tak lemot dan tetap optimal.

Dan bagi anda yang mengalami smartphone android anda kerap lemot, Dan langkah yang dapat anda lakukan agar smartphone android anda tetap optimal dan tak lemot yaitu dengan mengikuti tips dibawah ini. Berikut ini cara agar smartphone android tetap optimal.

Cara Mengoptimalkan Smartphone Android


1.Install Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Jika anda terdapat sebuah aplikasi pada smartphone anda tenamun aplikasi tersebut tak pernah anda gunakan, sebaiknya anda menguninstall aplikasi tersebut. Hal ini perlu anda lakukan agar RAM pada smartphone anda terdapat ruang yang lebih luas. Tentu apabila ruang pada smartphone tersebut luas maka android tersebut akan lancar dan tak lemot.

2.Tidak Menggunakan Live Wallpaper


Hal kedua yang perlu anda lakukan yaitu sebaiknya anda tak menggunakan live wallpaper. Karena live wallpaper akan menciptakan smartphone bekerja tak optimal dan menjadi lemot sebab berat. Jadi sebaiknya anda menggunakan wallpaper yang biasa-biasa saja agar smartphone tak lambat dan ringan.

3.Menghapus Widget Yang Berlebihan


Mungkin bagi pengguna android yang baru terdapat smartphone android terkadang mereka memasang kaya widget pada layar android yang tentunya dapat menciptakan smartphone android menjadi lemot. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya anda menghapus widget yang tak penting pada halaman layar di smartphone android anda.

Baca :  Aplikasi Android Penghasil Uang 2019 No Scam

4.Membersihkan Cache


Cache merupakan file sampah yang didapatkan dari aplikasi yang ada pada smartphone android. Jadi hal yang perlu dilakukan yaitu anda perlu menghapus cache yang ada pada smartphone anda untuk menghemat memori RAM.

Baca juga: Aplikasi Cleaner Atau Pembersih Android Terbaik

Untuk membersihkan cache agar lebih mudah, anda dapat menggunakan aplikasi pembersih cache seperti 360 Security yang dapat anda download di playstore secara gratis. Dan apabila anda ingin menghapus cache secara manual anda dapat masuk ke “Setting” kemudian “Application” lalu pilih aplikasi dan pilih Clear Cache / Bersihkan Cache.

5.Tidak Menginstal Game Android Yang Berat


Langkah yang perlu anda lakukan juga yaitu sebaiknya anda jangan menginstall game yang terdapat ukuran besar. Jadi lebih baik anda menginstall game yang terdapat ukuran kecil saja, jadi sebaiknya anda sesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran RAM pada smartphone android anda. Hal ini dilakukan agar smartphone android anda tak menjadi lemot.

6.Menghentikan Aplikasi Yang Berat


Dan yang terakhir yang perlu anda lakukan yaitu dengan cara menghentikan aplikasi yang berat pada smartphone android anda. Dengan begi anda dapat menghemat RAM pada smartphone android anda. Cara menutup aplikasi yang berat dengan benar yaitu dengan cara menekan tombol meminimaze kemudian swipe aplikasi yang ingin ditutup.

Tips diatas dapat anda lakukan apabila smartphone android anda lemot. Dengan mengikuti cara diatas cukup akan membantu smartphone android anda menjadi optimal. Diatas itulah cara mengoptimalkan smartphone android agar tetap lancar. Semoaga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas

You may also like