Home Linux Begini Cara Cepat, Instant dan Gampang Menghitung Subnetting IP Address

Begini Cara Cepat, Instant dan Gampang Menghitung Subnetting IP Address

by Erzed
Bebeginilah Cara Cepat, Instant dan Mudah Menghitung Subnetting IP Address – Setelah sebelumnya admin memberikan tutorial tentang tutorial konfigurasi jaringanatau server admin kali ini akan membahas tentang cara mudah melakukan subnetting dengan mudah, subnetting ini terbilang mudah di lakukan sebab subnetting nya menggunakan aplikasi, software atau aplikasi ini dapat mempercepat user untuk melakukan subnetting agar dapat dengan cepat merancang dengan suatu jaringan, menghitung network, broadcast atau dapat juga dapat mempermudah bagi anda networkers atau anda TKJ yang ingin menyelesaikan tugas seperti konfigurasilinux debian, cisco, mikrotik, windows server dengan cepat dan mudah.

Baca Juga : Cara Mudah Setting IP Address di Linux Debian Terbaru

Bagi anda yang males berhitung atau menghitung perhitungan subnetting IP address beruntung sekali anda dapat membaca artikel ini, sebab dengan ini anda akan tau bagaimana dengan mudah menghitung subnetting ip address.

Sebelum melakukan subnetting anda harus tau terlebih dahulu apa itu subnetting, subnetting merupakan suatu metode yang di lakukan untuk membagi blog setiap alamat IP Address menjadi sedikit blok IP Address.

Ada bermacam istilah pengertian yang ada pada subnetting antara lain :

Network address merupakan sebuah alamat IP address yang di pakai untuk mewakili dari sekumpulan host yang tergabung dalam sebuah jaringan. Network address berfungsi untuk menandai sebuah network agar dapat di bedakan dengan network lain
Broadcast address merupakan alamat yang di gunakan sebuah alamat IP address untuk mengirim paket ke semua host yang ada pada sebuah jaringan/LAN.
Subnetmask merupakan bagian IP address yang dapat menggambarkan jumlah dari sebuah jaringan, Contoh nya seperti 255.255.255.0 atau dapat di bilang /24
IP Valid merupakan alamat IP yang dapat di gunakan oleh host. Misal dalam interval 200.200.200.0/24 Memiliki IP valid dari 200.200.200.1 – 200.200.200.254
IP address terdapat sedikit kelas yaitu kelas A ,B ,C ,D ,E
Biasanya kelas yang di gunakan merupakan kelas A ,kelas B dan kelas C sementara D dan E di gunakan untuk experiment atau hal lain yang dapat di lakukan.
Oke langsung saja kita akan membahas cara subnetting ip address nya, yang di subnetting merupakan Ipv4 atau IP versi 4, sementara Ipv6 atau IP versi 6 cukup dapat kita bahas di lain waktu, Oke kali ini admin akan menggunakan software aplikasi kalkulator subnetting yang bernama CPS (IP CALCULATOR) dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat dengan mudah melakukan subnetting.

Baca :  Cara Gampang Bobol, Hack, Melihat, Mengetahui Password Wifi WPA2-PSK Menggunakan Fluxion di Kali Linux Tanpa Wordlist 2019

Cara Cepat Menghitung Subnetting :

 Instant dan Mudah Menghitung Subnetting IP Address Bebeginilah Cara Cepat, Instant dan Gampang Menghitung Subnetting IP Address
Aplikasi Calculator
Pada aplikasi tersebut ada options untuk menentukan IP mana yang akan di subnetting di aplikasi tersebut ada pilihan perhitungan IP address, subnet mask, network address, broadcast, usable ip address ( ip yang dapat di gunakan/ip valid ), max subnet, max host dan lainnya. setelah sudah di tentukan IP mana yang akan di subnetting makan secara automatis aplikasi tersebut akan menOutput hasil dari IP yang telah di tentukan. Mudah sekali bukan ?

Anda dapat mendownload aplikasi ini di website official nya yaitu jaylangkung.co.id, atau di google juga ada, mohon maaf admin belum dapat memberikan link download aplikasi tersebut. Oke Sekian artikel tentang CaraInstant dan Mudah Subnetting IP Address semoga bermanfaat untuk anda. Salam networkers dan Salam Anak TKJ.


Sumber Web Wanajay

You may also like