Beberapa Pertanyaan Umum Yang Sering Di Tanyakan Blogger Pemula Tentang Google Adsense

By | March 14, 2019
Beberapa Pertanyaan Umum Yang Sering Di Tanyakan Blogger Pemula Tentang Google Adsense
Beberapa Pertanyaan Umum Yang Sering Di Tanyakan Blogger Pemula Tentang Google Adsense

Beberapa Pertanyaan Umum Yang Sering Di Tanyakan Blogger Pemula Tentang Google Adsense  – Sebagai seorang blogger pemula yang ingin ikut mencicipi gurihnya bermain adsense, tentunya ada kaya pertanyaan seputar detail cara kerja, aturan atau konsep yang di tetapkan pihak google adsense kepada publishernya.

Nah untuk mengobati rasa keingintahuan anda, berikut ini kami share  sedikit pertanyaan umum tentang Google Adsense yang kerap kali di tanyakan di bermacam forum adsense. Silahkan di baca, semoga bermanfaat.

1.Apa itu Google Adsense?

Pertanyaan ini kerap muncul pertama kali ketika seseorang hendak bergabung dengan Google Adsense. Google Adsense merupakan sebuah layanan periklanan dari Google yang diperuntukkan bagi publisher website, video, inginpun pengembang aplikasi.

Dengan mengikuti Google Adsense, publisher website dapat mendapatkan komisi dari penayangan iklan milik advertiser di website yang mereka miliki.

2.Bagaimana sistem kerja Google Adsense?

Cara kerja sistem Google Adsense sebenarnya sangat simpel, Anda sebagai pemilik website hanya menempatkan iklan pada website, aplikasi atau video yang Anda upload. Kemudian Anda akan memperoleh komisi apabila iklan yang terpasang tersebut dilihat atau di klik oleh pengunjung website Anda.

Tapi sebelumnya Anda harus mendaftarkan akun blog dan youtube Anda terlebih dahulu untuk memperoleh keanggotaan Adsense. Jika keanggotaan kita telah disetujui, kita boleh menayangkan iklan di website yang kita miliki.

3.Bagaimana sistem pembayaran Google Adsense?

Bagi publisher yang mendaftar dengan akun Adsense rupiah/IDR, maka akan menerima pembayaran melalui transfer bank lokal. Sedangkan bagi pemilik akun Adsense dollar, pembayaran komisi dapat dilakukan melalui Western Union atau Payoneer.

4.Bagaimana cara mendaftar menjadi anggota Google Adsense?

Cara mendaftar menjadi anggota Google Adsense pun cukup simpel, Anda dapat menuju website Google Adsense, www.adsense.com kemudian mendaftar sebagai anggota.

Baca juga: Tips Ampuh Dalam Meningkatkan CPC Google Adsense

Jika Anda terdapat blog, cukup akses akun blogspot Anda kemudian pilih tab earning dan klik tombol daftar. Untuk menjadi anggota Adsense, setaknya Anda harus berumur 18 tahun ke atas.

Setelah proses pendaftaran selesai, selanjutnya akan ada tahap review/peninjauan untuk mengetahui apakah Anda diterima atau tak. Pada tahap ini, Anda diharuskan menciptakan iklan pada tab MyAds (iklan admin). Copy kode iklan tersebut kemudian pasang di widget atau artikel website Anda.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu email approval balasan dari Google Adsense. Biasanya proses review dan approval ini berlangsung selama 1 hari sampai kemudian 1 bulan.

5.Permohonan Adsense admin ditolak dengan alasan konten website admin tak memadai. Apa masalahnya?

Biasanya Anda memperoleh jawaban ini apabila website Anda belum memenuhi hal-hal seperti berikut.

a) Halaman website belum kompleks.

Website belum terdapat halaman about us, contact us, privacy policy, sitemap, disclaimer inginpun term of service (TOS).

b) Konten website Anda belum terdapat jumlah artikel yang memadai.

Biasanya website yang disetujui oleh Google terdapat jumlah artikel minimal 5-30 artikel dengan jumlah 300-500 kata per artikel.

c) Website belum terdapat sistem navigasi yang baik.

Website belum terdapat sistem navigasi yang baik seperti navigasi header, category, recent post dan popular post.

d) Yang terakhir yakni, penempatan kode iklan yang tak tepat. 

Sebaiknya tempatkan kode iklan di bagian artikel, tak hanya di sidebar widget atau homepage saja.

6.Apakah diperbolehkan mempunyai lebih dari satu akun Adsense?

Google hanya mengijinkan setiap satu email publisher terdapat satu akun Adsense. Namun, Anda dapat terdapat lebih dari satu akun Adsense dengan cara mendaftarkan akun baru dengan nama dan alamat yang berbeda dari akun sebelumnya.

Itulah sedikit pertanyaan umum tentang Google Adsense yang kerap muncul apabila seseorang hendak mendaftar Google Adsense. Semoga pertanyaan Anda juga termasuk di dalamnya. Selamat mencoba Google Adsense.