Bagaimana Menjadi Fotografer Terkenal di Instagram

Posted on
– Sebelumnya cukup judul di atas kurang sesuai dengan isi tulisan ini. Tapi please bacalah tulisan singkat ini. Please..

Tidak sedikit orang yang membuka akun di intagram bukan sekedar untuk memposting foto. Tenamun ada yang menginginkan untuk menjadi terkenal, mendapatkan kaya followers, fotonya di publish dimana-mana. 

 Sebelumnya cukup judul di atas kurang sesuai dengan isi tulisan ini Bagaimana Menjadi Fotografer Terkenal di Instagram
Photo-by-Joshua-Rawson-Harris-on-Unsplash
Dengan sudah begitu lantas sudah merasa sebagai fotografer hebat sebab ketenaran sosial media tersebut. Itu wajar saja menurut admin, sebab setiap orang punya pencapaian masing-masing.

Mungkin seperti itu yang admin dapat tangkap dari kacamata admin sebagai seorang pehobi fotografi. Tulisan ini bukan hasil pengalaman pribadi, sebab admin tak punya kaya followers dan bukan fotografer terkenal, hanya fotografer biasa saja.

Saya juga terdapat akun instagram. Hampir semua isinya merupakan foto admin yang tertema foto mood pemandangan. Tapi jarang sekali update.  #sedih

Kok malah jadi cerita diri sendiri..

Maksud admin bbeginilah..

Kalau ketenaran instagram yang dicari maka cara yang dilakukan cukup mudah saja. Intinya terus posting saja foto-foto yang kamu punya.

Pengguna instagram itu ada bermacam macamnya,
1. Ada yang sukanya posting sendiri tanpa lihat postingan orang lain,
2. Ada yang sedikit postingannya namun suka intip instagram orang lain,
3. Ada juga yang kalau melihat akun yang sudah terdapat kaya followers, lantas ikut-ikutan untuk memfollow padahal tak tau itu siapa,
4. Ada juga akun instagram yang dibuat khusus untuk memposting foto-foto yang dilihatnya keren, dan masih kaya lagi.

Tidak jarang orang mengerti instagram, menghiasi halaman postingan fotonya begitu unik. Contohnya fotonya dibuat panoramic, sesampai kemudian untuk melihat satu foto panoramic itu kita harus masuk ke halaman akunnya terlebih dahulu dan melihat tiga buah foto berderetan saling berkaitan satu sama lain, sangat unik menurut admin. 

 Sebelumnya cukup judul di atas kurang sesuai dengan isi tulisan ini Bagaimana Menjadi Fotografer Terkenal di Instagram
Photo-by-Tom-Holmes-on-Unsplash
Dan kesemua itu butuh konsistensi. Sebab konsistensi itu akan membentuk karakter dan menjadikan kamu lebih dikenal orang. Bukan sebab keunikan foto kamu, tenamun cara kamu memanage akun instagram kamu.

Nah faktanya orang cenderung lebih tertarik untuk mengkepoi akun instagram orang yang rajin update. Entah mengapa, cukup itu sifat alami manusia. Jika postingan itu benar-benar bermanfaat atau mereka senangi, maka tak segan-segan dia akan menekan tombol follow ke akun kamu.

Menjadi terkenal semudah menekan tombol follow.

Sebaliknya kalau kamu lantas sudah terdapat followers yang kaya tenamun kamu jarang update, maka perlahan orang akan meninggalkan kamu.

Itulah sebenarnya yang terjadi di sosial media. Orang selalu ingin terpuaskan akan sesuatu yang menarik, sesuatu yang baru, sesuatu yang menciptakan dia kagum. Lalu sadar atau tak sadar kita menjadi orang yang selalu memuaskan orang, menciptakan foto sekeren cukup agar esok hari mendapat like dan followers yang kaya lagi.

Memang tak salah kalau seorang bikin sesuatu yang lebih baik dari yang sudah dibikin, semacam ada motivasi yang muncul yang menciptakan orang menciptakan sesuatu yang makin keren. Itu hal yang bagus, dan positif. 

 Sebelumnya cukup judul di atas kurang sesuai dengan isi tulisan ini Bagaimana Menjadi Fotografer Terkenal di Instagram
foto by @rafi_45
Tapi ingatlah kita harus temukan karakter sendiri. Punya foto yang punya karakter itu sangat susah. Menjadi berbeda itu butuh bisnis. 

Sebab di instagram itu tempatnya bukan hanya kalangan fotografer. Itu merupakan satu sosial media, semua orang dapat melihat apa yang kita posting. Ada fotografer profesional, fotografer pemula, atau hanya sekedar suka lihat foto-foto.

Memiliki akun instagram tak selamanya digunakan untuk mendapatkan followers yang kaya atau mendapat like yang kaya. Fotografer tak mesti menjadi pelacur untuk menciptakan orang terpuaskan. Tumbuhkan ego, buat karakter di foto mu. Itu yang keren. 


Ada orang yang pernah berkata..

“sebaik-baik foto tetap saja ada yang tak suka, dan sejelek-jelek foto tetap saja ada yang suka”

Jadi, sebagai fotografer, teruslah saja berkarya. Apa yang kita buat, kita upload di media sosial, akan menjadi rekam jejak perkembangan kita sebagai fotografer. Menjadi terkenal, supayalah orang saja yang menilainya.

Itu yang akan menjadikan kita lebih dewasa dalam berpikir dan berkarya dalam fotografi.