Home Arti Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap]

Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap]

by Erzed
Ketika lagi browsing, lalu masuk ke suatu forum (Misalnya jual beli online), akan kerap sekali muncul bermacam macam istilah. Dari yang mudah ditebak artinya, sampai yang benar-benar sulit.

Misalnya, PM, WM, Wall, Seller, Buyer dan lain-lain.

Nah, bukan itu saja, tentunya Anda juga pasti pernah melihat atau mendengar kata “Up“.

Pertanyaannya, apa sih Arti ‘Up’? Bagaimana contohnya? Dan apa sih fungsinya?

Let me Explain it :

 akan kerap sekali muncul bermacam macam istilah Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap]

Kata ‘Up’, itu memang biasa digunakan dalam istilah jual beli Online. Entah itu di Forum seperti Kaskus, sampai kemudian media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Up ini berasal dari bahasa Inggris, yang kalau kita terjemahkan artinya ‘naik’ atau ‘atas’ :

Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap] 14
Arti UP di Google Translate

 Walau kalau diterjemahkan artinya ‘naik’ atau ‘atas’, tak serta merta menciptakan arti Up menjadi bermakna tepat seperti itu.

Dalam konteksnya, ada sedikit makna dari kata ‘Up’ yang dapat diartikan. Berikut penterangannya :

Arti UP dalam jual beli Online

‘UP’ artinya ‘naik’ atau ‘atas’. Tapi, secara umum, kata ‘UP’ di Internet, media sosial, atau Forum jual beli online, terdapat 2 arti :
Pertama : ‘UP’ atau ‘Naik’ dengan tujuan untuk meramaikan sebuah kiriman jual beli agar tak sepi, atau supaya kirimannya tak hilang sebab tertimpa oleh kiriman dari penjual lain, seiring berjalannya waktu.

Kedua : ‘UP’ juga dapat diartikan sebagai ‘Nanti dahulu’, atau ‘Nggak jadi beli’.

Contoh UP di Internet / Media sosial

Kalau hanya diterangin dalam tulisan, pastinya bingung kan? Sama artinya? Nah, kita bahas, contoh ‘UP’ langsung di lapangan :
 
Arti UP pertama :
UP yang pertama ini diartikan sebagai ‘Naik’. Sedangkan tujuan dari kata ‘UP’ ini, merupakan untuk menjaga kiriman jualan yang telah dibuat, agar selalu terlihat calon-calon pembeli online yang lagi lihat-lihat di Forum. Misalnya seperti ini :
Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap] 15
Contoh ‘UP’ Pertama
Selain agar kiriman selalu dapat dilihat calon pembeli, seperti yang admin bilang baru saja, tujuan ‘UP’ ini juga untuk menjaga agar kiriman tak tenggelam tertimpa dengan kiriman penjual lain.

Baca :  Gampang! Ini Tutorial Menghapus File Di Google Drive (+Gambar)

Oh iya, perlu diketahui juga :

Penggunaan kata ‘UP’ (Yang pertama ini) sebenarnya bukan hanya pada orang yang jualan online saja lho.. Orang-orang di forum-forum lain biasanyapun juga ada yang suka memakai kata “UP” pada salah satu kiriman, entah itu model pertanyaan, sharing pengalaman, dan lain-lain.
Misalnya seperti ini :
Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap] 16
Up diluar konteks jual beli online
Terus mengapa sih mesti di UP? Apa maksud dari “Tertimpa kiriman orang lain?”

Lengkapnya nanti admin terangkan.

Arti UP Kedua :
UP juga dapat diartikan sebagai “Nanti dahulu”, atau “Nggak”. Biasanya terjadi waktu lagi ada tawar menawar saat transaksi jual beli online. Misalnya seperti ini :
Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap] 17

Simpel kan? Sudah terbayang sekarang?

Kenapa kiriman harus di ‘UP’?

Beberapa dari Anda cukup bertanya-tanya, apa maksud dari kiriman yang ‘tertimpa’ oleh kiriman lain sesampai kemudian mesti di ‘UP’?
Nah, maksud kiriman tertimpa atau tenggelam itu jadi bebeginilah :
Pada kiriman-kiriman di suatu grup, itu biasanya bukan hanya ada 1 atau 2 orang, bahkan dapat puluhan orang mengirimkan sesuatu dalam sehari (Kalau forum jual beli cukup saja dapat ratusan).
 akan kerap sekali muncul bermacam macam istilah Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap]

Nah, kiriman-kiriman ini akan disortir, yang mana yang kira-kira paling cocok ditampilkan diberanda media sosial kita.

Bagaimana cara sortirnya?
Untuk ini cukup ada sedikit faktor. Namun, salah satu faktor yang pasti merupakan, kiriman dengan kaya komentar atau like, lebih berpotensi untuk muncul diberanda Media Sosial seseorang. Sesampai kemudian semakin populer kiriman, semakin besar pula kecukupan kiriman muncul di beranda.
Sebaliknya, apabila sebuah kiriman tak ada aktivitas sama sekali, maka dalam waktu singkat kiriman tersebut akan hilang dan tak akan muncul kembali.

Baca :  Apa Itu AFK? Arti AFK dan Pengertian AFK di Game dan Chatting (Lengkap)
Nah, bicara soal kiriman yang muncul diberanda, Ini juga sebenarnya termasuk untuk kiriman-kiriman lama. Entah itu berapa hari, minggu, bulan, bahkan sedikit tahun lalu. Jika kiriman tersebut kita populerkan kembali, bukan tak cukup kiriman tersebut akan muncul di beranda seseorang.
Misalnya seperti ini :
 akan kerap sekali muncul bermacam macam istilah Arti Up Dalam Jual Beli Online Dan Contohnya [Lengkap]
Bisa di cek di waktu kirimannya. Kiriman tersebut dibuat tahun 2019, namun masih muncul di beranda admin.

Kenapa dapat muncul? Karena seseorang sebelumnya baru-baru ini telah mengomentari kiriman tersebut, sesampai kemudian tak langsung menciptakan kirimannya menjadi ‘Ter-UP’ sesampai kemudian muncul kembali.

Penutup…

Kesimpulannya : 
  • UP biasa diartikan sebagai ‘naik’, dengan tujuan untuk menjaga kiriman jualan agar tak hilang sebab tak adanya aktivitas, atau untu memunculkan kembali kiriman lama agar populer kembali.
  • UP juga dapat diartikan sebagai ‘Nanti dahulu’ atau ‘nggak’ dan sejenisnya, yang biasanya dipakai dalam konteks tawar menawar jual beli online. 

Nah, dengan ini semoga Anda dapat sedikit paham, tentang ‘Apa itu UP?’ ‘Arti ‘UP’ dan pengertian UP..

Saya buat ini sesimpel dan semudah cukup untuk dipahami. Namun, apabila ada bagian yang belum paham, jangan ragu untuk menanyakannya lewat kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

You may also like