Apa yang Dimaksud Malware, Spyware dan Adware?

Apa yang Dimaksud Malware, Spyware dan Adware
Apa yang Dimaksud Malware, Spyware dan Adware?

Apa yang Dimaksud Malware, Spyware dan Adware? – Kemajuan teknologi memang menghadirkan bermacam perangkat canggih, seperti misalnya komputer atau laptop yang dapat membantu kita menyelesaikan bermacam pekerjaan.

Namun, disamping itu, komputer yang kita pakai juga rentan terserang virus yang dapat berupa  Malware, Spyware, ataupun Adware. Nah lebih terangnya, seputar jenis-jenis virus diatas, berikut admin akan bagikan penterangan sekompleksnya. Silahkan dibaca.

Malware, Spyware, dan Adware

Malware
Malware merupakan singkatan dari malicious software, terinstalasinya sebuah software ini dapat merusak dan mengintai aktivitas yang dilakukan pada komputer tersebut. Sesampai kemudian data yang Anda kerjakan dan simpan dapat rusak atau dibajak. Nah, sedikit tipe-tipe malware yang terkenal yaitu:

  • Trojan merupakan program yang terlihat berguna atau tak berbahaya, padahal program ini telah didesain dengan tujuan untuk mengeksploitasi sistem serta merusak bagian program yang diserangnya.
  • Worms merupakan program yang dapat mengancam komputer Anda dengan cara ber-reproduksi ulang serta menyebar ke semua sistem jaringan dengan otomatis, sesampai kemudian bersifat merusak.
  • Virus merupakan program yang dapat mereplika dirinya sendiri, dan menulari program lain serta menjadikan file-file program lain menjadi tertular.

Sebenarnya darimana datangnya Malware? Malware datang ke komputer Anda melalui email dan internet. Tanda-tanda bahwa komputer Anda terserang Malware yaitu komputer menjadi lambat memproses program/software, proses booting lambat, bahkan terkadang browser mengarah (redirect) pada situs yang tak ada hubungannya dengan situs sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara menanggulanginya? Malware ini datang dari sebuah file attachment. Untuk mencegah komputer Anda terserang Malware, maka sebaiknya jangan sekali-kali membuka file dari alamat email yang tak dikenal. Dan juga jangan menerima file (terutama berekstensi .jpg, .avi, atau .exe) dari pengirim yang tak Anda kenal.

Spyware
Selain Malware, Spyware juga dapat mengancam komputer Anda. Perlu berhati-hati sebab ketika Anda mengunggah data di situs internet dapat juga dimata-matai oleh spyware. Spyware merupakan salah satu bentuk malware dengan sistem kerja mencari informasi user untuk menyadap yang Anda ketik di keyboard. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh informasi  seperti kartu kredit, akun social media, membobol email, bahkan akun bank Anda. Selain menyadap informasi, spyware juga mengawasi browsing yang Anda lakukan di internet.

Penyebaran spyware biasa datang dari software bajakan, software gratis, atau bahkan dari situs penyedia jasa file-sharing, contohnya Kazaa, Morpheus, atau Limewire. Selain itu, spyware tersebar pula di sedikit situs-situs yang menyediakan screensaver untuk di-download secara gratis, situs-situs porno, dan widgets.

Adware
Adware merupakan salah satu malware yang berupa iklan. Jika saat menginstal program muncul iklan berulang-ulang, waspadai bahwa komputer Anda telah terserang Adware. Program ini memang bersifat memang tak merusak, hanya menganggu aktivitas yang Anda lakukan sebab muncul iklan. Untuk mengatasinya, hapuslah cache browser yang telah Anda gunakan.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Adware yaitu:

  • Untuk mengatasi Adware, maka sebaiknya jalankan program anti-spyware inginpun anti-adware secara updated.
  • Hidupkan pula opsi ‘Firewalls’ saat melakukan aktivitas browsing internet.
  • Jangan lupa gunakanlah plugin security options yang direkomendasikan oleh browser anda.

Itulah diatas ulasan seputar Malware, Spyware, dan Adware yang merupakan musuh para pengguna komputer. Menyeramkan bukan, apabila komputer Anda tiba-tiba terkena Malware, Spyware, inginpun Adware. Jadi, lingdungi komputer Anda dengan selalu mengapdate anti-virus dan mengunduh file-file yang terpercaya.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More