Home Arti Apa Sih Arti PO? Ini Penjelasan Dan Contoh Lengkapnya

Apa Sih Arti PO? Ini Penjelasan Dan Contoh Lengkapnya

by Erzed
Di internet, entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya, istilah PO kerap sekali muncul. Terutama di sosial media, Anda dapat melihat kata ini di grup tertentu.

Bukan hanya di bidang bisnis online, apabila Anda lagi ingin membeli barang di internet (Belanja online), Anda juga akan melihat istilah ini di toko-toko tertentu.

Pertanyaannya merupakan.. Apa itu PO? Apa sih artinya? Dan Bagaimana Penterangannya? Nah, ini ingin admin bahas disini..

 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Apa Sih Arti PO? Ini Penterangan Dan Contoh Lengkapnya

PO sebenarnya bukan berarti 1 pengertian saja. Karena istilah ini terdapat 3 kepanjangan, yaitu Pre-order, Payout, dan Purchase order.

Tentunya hal ini terdapat penterangan tersendiri, tergantung Anda kira-kira istilahnya ‘pas’ sama yang mana.

Nah, apabila benar salah satu dari ketiga kepanjangan baru saja merupakan yang Anda cari, silakan baca pembahasan penterangannya dibawah ini :

1. Payout

 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Apa Sih Arti PO? Ini Penterangan Dan Contoh Lengkapnya
Payout merupakan istilah yang berhubungan dengan pembayaran yang diterima. Singkatnya, misalnya Anda terdapat saldo sebesar 3 juta rupiah, kemudian Anda ingin menarik / mencairkan uang tersebut. Nah, ini disebut Payout.

Istilah ini sangat erat kaitannya dengan jual beli online, inginpun dunia bisnis online, yang biasanya seseorang menyimpan saldo cash mereka disana.
Kalau Anda ingin mengetahui contohnya, coba gabung ke grup ‘Adsense Indonesia’, lalu tunggu tanggal 21 setiap bulannya. Bukan sulap, disana muncul kaya kata ‘PO’.

2. Pre-order

 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Apa Sih Arti PO? Ini Penterangan Dan Contoh Lengkapnya
Pre-order merupakan istilah yang kaya ditemukan di dunia jual beli online. Maksud PO disini merupakan, sistem dimana kita memesan dan membayar barang yang kita inginkan terlebih dahulu, namun di sellernya barang belum ada.
Kemudian kita akan diberi estimasi kapan barang sampai. Dan ketika sudah ada, barang tersebut akan langsung dikirim ke alamat yang telah kita.
Contoh Pre-order disini dapat Anda lihat ketika lagi Launching HP-HP tipe tertentu. Apalagi yang lagi tren. Supaya nggak kehadapatn atau ingin nggak repot, kaya orang yang melakukan ‘PO’.
Kelebihan lain dari melakukan PO (Pre-order), biasanya kita dapat membeli barang lebih murah. Ditambah, biasanya terdapat juga bonus-bonus tertentu, yang tak ada pada barang ready stock.
Namun untuk orang yang kurang sabar, cukup sistem ini kurang cocok. Karena masa tunggunya kerap variatif, dan dapat lama sampai kemudian berbulan-bulan. 

3. Purchase Order

 entah itu di dunia bisnis online dan sejenisnya Apa Sih Arti PO? Ini Penterangan Dan Contoh Lengkapnya
Dan yang terakhir merupakan Purchase Order. Walau kekayaan digunakan perbisnisan, namun istilah ini masih sangat berhubungan dalam bidang jual beli online, walaupun yah tak begitu kerap.
Maksud Purchase Order disini merupakan, sebuah form (dokumen) yang dibuat oleh buyer (Pembeli), tujuannya untuk mencatat barang apa saja yang ingin mereka beli, yang kemudian form tersebut dikirim ke penjual.
Selain jumlah dan jenis barang, dalam form ini biasanya tercatat rincian tentang total harga, nama pembeli (Atau diwakilkan perbisnisan), tanggal order, dan dalam ketentuan tertentu biasanya juga termasuk diskon.
Kalau Anda pernah melakukan transaksi jual beli online, yang ketika selesai membayar terdapat Invoice (Bukti tagihan), Purchase Order ini kebalikannya dari Invoice.

Baca :  Arti COD Dalam Online Shop Pengertian dan Contohnya LENGKAP

Apakah itu saja?

Iya, untuk sementara itu saja. Karena definisi istilah ‘PO’ ini sebagian besar (Yang paling kaya dipakai) hanya pre-order, purchase, dan Payout. Anda dapat cek sendiri di Google, kaya website membahas hal yang sama, dan rata-rata pembahasannya sama seperti 3 poin diatas.
Tapi untuk bidang lain, bukan tak cukup ada pengertian lain. Namun sebab disini admin lebih memfokuskan tema ke bisnis dan jual beli online, maka admin tak melebarkan lagi pembahasannya.

Penutup…

Demikian, artikel tentang arti PO, penterangan dan contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda yang belum paham, padahal kerap dengar.
Kalau ada yang ingin diketahui, atau perlu penterangan detail tentang ini, jangan ragu untuk mengirimkan komentar Anda melalui form komentar dibawah.
Semoga bermanfaat.

You may also like