Home REKENING TABUNGAN BANK Apa Perbedaan Bank umum dan BPR? Ini Jawabannya

Apa Perbedaan Bank umum dan BPR? Ini Jawabannya

by Erzed

Apa Perbedaan Bank umum dan BPR? Ini Jawabannya-Mayoritas masyarakat di negara Indonesia tak mengetahui bahwa terdapat perbedaan antara bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat atau BPR. Dua jenis bank ini terdapat peranan dan fungsi yang berbeda dalam sistem perbankan di Indonesia.

Sebenarnya selain bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR), juga terdapat bank sentral. Namun bank sentral ini hanya 1 di Indonesia yakni Bank Indonesia. Bank umum dan BPR lah yang terdapat interaksi dan kedekatan langsung dengan masyarakat dalam kegiatan ekonomi sehari-hari.
Pengertian

Berdasarkan Undang-Undang nomor 10 tahun 1998 pasal 1, terdapat definisi seputar bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat. Bank umum dalam undang-undang ini didefinisikan sebagai bank dengan kegiatan bisnis konvensional dan atau syariah. Kegiatan dari bank ini merupakan menghimpun dana dari nasabah melalui rekening tabungan biasa, deposito, tabungan berjangka, dan giro. Bank ini akan memberikan jasa pada nasabah.

Apa Perbedaan Bank umum dan BPR? Ini Jawabannya

Sedangkan Bank Perkreditan Rakyat atau BPR merupakan bank yang menjalankan kegiatan bisnis baik secara konvensional inginpun syariah namun tak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayarannya. Produk dari bank ini juga sama dengan bank umum yakni rekening tabungan biasa, deposito, tabungan berjangka, dan giro.

Tugas
Baik bank umum mapun bank Perkreditan Rakyat terdapat tugas yang berbeda. Berikut ini tugas dari kedua bank tersebut.

1.Tugas Bank Umum

  • Mengumpulkan dana serta melakukan distribusi dana pada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit
  • Menyediakan jasa-jasa keuangan seperti layanan transfer antar bank, kartu ATM, kartu kredit, dan lain-lain
  • Menciptakan sarana dan fasilitas bagi kemudahan perdagangan internasional
  • Menyediakan produk layanan untuk menyimpan aset dan barang berharga
  • Meghasilkan uang dengan investasi dan bunga pinjaman
Baca :  Daftar Kode Bank Terlengkap Di Jaringan ATM Bersama

2.Tugas Bank Perkreditan Rakyat

  • Menghimpun uang masyarakat melalui produk perbankan seperti tabungan berjangka dan jenis tabungan lain
  • Menyediakan kredit untuk masyarakat
  • Menyediakan layanan untuk pembiayaan dan penempatan dana baik secara konvensional inginpun syariah

Kegiatan
Bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat pada dasarnya terdapat kegiatan yang berbeda. Berikut ini kegiatan masing-masing bank tersebut

1.Bank umum

  • Funding

Kegiatan ini merupakan kegiatan menghimpun dana dari masyarakat melalui sedikit produk perbankan yakni: giro, tabungan, dan simpanan deposito berjangka.

  • Lending

Lending merupakan kegiatan penyaluran dana yang telah dikumpulkan dari proses funding. Kegiatan penyaluran dana ini biasanya dilakukan melalui pemberian pinjaman atau kredit. Terdapat sedikit macam kredit yakni kredit investasi, perdagangan, modal kerja, produktif, konsumtif, dan profesi.

  • Services

Pada kegiatan ini bank harus dapat menyediakan layanan-layanan lain seperti transfer uang antar bank, kliring, kartu kredit, safe deposit box, menyediakan bermacam pembayaran, dan lain-lain.

2.Bank Perkreditan Rakyat

  • Funding

Berbeda dengan bank umum, proses penghimpunan dana nasabah di Bank Perkreditan Rakyat hanya diizinkan melalui layanan simpanan tabungan dan simpanan deposito.

  • Lending

Kegiatan lending di Bank Perkreditan Rakyat juga dibatasi yakni hanya dalam bentuk kredit investasi, modal kerja, dan perdagangan.
Larangan untuk Bank Perkreditan Rakyat
Bank Perekreditan Rakyat atau BPR merupakan bank yang sifatnya penunjang sesampai kemudian terdapat keterbatasan dana, layanan, dan wilayah operasional. Maka dari itu, BPR terdapat sedikit aturan yang tak boleh dilanggar, yakni:

  • Menerima simpanan dalam bentuk giro
  • Ikut menjalankan kegiatan di bidang valuta asing
  • Menjalankan produk asuransi
  • Menjalankan lalu lintas pembayaran

Nah di atas merupakan ulasan seputar perbedaan antara Bank Umum dengan Bank Perkreditan Rakyat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memilih bank untuk penyimpanan dan melakukan pinjaman dengan lebih tepat.

Baca :  Tips Cerdas Agar tidak Menjadi Korban Kejahatan Perbankan

Referensi:
http://www.zonanesia.net/2014/12/jenis-jenis-bank-dan-fungsinya.html
http://abg01.blogspot.co.id/2014/08/bank-umum-bpr-bank-campuran-dan-bank.html
https://www.cermati.com/artikel/mengupas-perbedaan-bank-umum-dan-bpr

You may also like