Home / Komputer / Apa Itu Memory Ecc Dan Apa Kelebihan Memory Ecc?

Apa Itu Memory Ecc Dan Apa Kelebihan Memory Ecc?

Anda mencari tau apa itu memory ECC? Apa kelebihan memory ECC? 
Apa itu memori ECC – Untuk server dalam bisnis dan sentra data, sangat penting untuk meminimalkan kesalahan dalam data, dan itulah tujuan dari memori ECC (Error Correcting Code).
Kelebihan Memory ECC merupakan sanggup memperbaiki dan mendeteksi kesalahan memori bit tunggal. Kesalahan memori single-bit merupakan kesalahan data dalam output server atau produksi, dan adanya kesalahan sanggup terdapat imbas besar pada kinerja server.
Ada dua jenis kesalahan memori bit tunggal: kesalahan keras dan kesalahan lunak. Kesalahan keras disebabkan oleh faktor fisik, ibarat variasi suhu yang berlebihan, tegangan tegangan, atau stres fisik yang disebabkan oleh memori.
Kesalahan soft terjadi ketika data ditulis atau dibaca secara berbeda dari yang dimaksudkan semula, ibarat variasi tegangan pada motherboard, sinar kosmik, atau peluruhan radioaktif yang sanggup menjadikan bit-bit dalam memori berubah. Karena bit mempertahankan nilai yang diprogram dalam bentuk muatan listrik, jenis gangguan ini sanggup mengubah muatan bit memori, menjadikan kesalahan. Di server, ada sedikit kawasan di mana kesalahan sanggup terjadi: di drive penyimpanan, di inti CPU, melalui koneksi jaringan, dan dalam bermacam jenis memori.
 Untuk server dalam bisnis dan sentra data Apa Itu Memory ECC dan Apa Kelebihan Memory ECC?
Untuk workstation dan server di mana kesalahan, korupsi data dan / atau kegagalan sistem harus dihindari sama sekali biaya, ibarat di sektor keuangan, memori ECC kerap menjadi memori pilihan.
Bebeginilah cara kerja memori ECC. Dalam komputasi, data diterima dan dikirim melalui bit – unit terkecil dari data di komputer – yang dinyatakan dalam aba-aba biner memakai salah satu atau nol.
Ketika bit dikelompokkan bersama, mereka membuat aba-aba biner, atau “kata-kata,” yang merupakan unit data yang dialamatkan dan dipindahkan antara memori dan CPU. Sebagai contoh, aba-aba biner 8-bit merupakan 10110001.
Dengan memori ECC, ada bit ECC ekstra, yang dikenal sebagai bit paritas. Bit paritas ekstra ini membuat aba-aba biner membaca 101100010, di mana nol terakhir merupakan bit paritas dan dipakai untuk mengidentifikasi kesalahan memori. Jika penjumlahan dari semua angka 1 dalam baris aba-aba merupakan bilangan genap (tak termasuk bit paritas), maka baris aba-aba disebut paritas genap. Kode bebas-galat selalu terdapat bahkan paritas. Namun, paritas terdapat dua keterbatasan: hanya bisa mendeteksi angka ganjil kesalahan (1, 3, 5, dll.) Dan mecukupkan bahkan sejumlah kesalahan untuk dilewatkan (2, 4, 6, dll.). Paritas juga tak sanggup memperbaiki kesalahan – hanya bisa mendeteksi kesalahannya. Di situlah memori ECC ikut berbermain.
Memori ECC memakai bit paritas untuk menyimpan aba-aba terenkripsi ketika menulis data ke memori, dan aba-aba ECC disimpan pada ketika yang bersamaan. Ketika data dibaca, aba-aba ECC yang tersimpan dibandingkan dengan aba-aba ECC yang dihasilkan ketika data dibaca. Jika aba-aba yang dibaca tak sesuai dengan aba-aba yang tersimpan, aba-aba itu didekripsi oleh bit paritas untuk memilih bit mana yang salah, maka bit ini segera dikoreksi. Tabel-tabel sindikat merupakan cara matematis untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kecil ini dan kemudian mengoreksinya.
Saat data diproses, memori ECC secara konstan memindai aba-aba dengan algoritme khusus untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan memori bit tunggal.
Dalam industri misi-kritis, ibarat sektor keuangan, memori ECC sanggup membuat perbedaan besar. Bayangkan Anda lagi mengedit warta akun belakang layar klien dan kemudian bertukar data ini dengan forum keuangan lainnya. Saat Anda mengirim data, katakanlah angka biner dibalik oleh sedikit jenis gangguan listrik.
Kode biner yang akan diterima forum keuangan lainnya sanggup 100100011, yang mengkomunikasikan warta yang berbeda dari yang Anda inginkan – ini merupakan kesalahan. Digit ketiga telah dibalik dari 1 menjadi 0 alasannya gangguan listrik. Jadi, jumlah dari delapan bit pertama kini berjumlah 3 – yang bahkan bukan paritas, yang berarti data belakang layar yang Anda kirim berisiko rusak (atau sistem Anda berisiko crash sistem). Namun, apabila memori ECC diinstal, ia akan sanggup mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya dengan mengubah ketiga digit biner kembali ke angka 1 (kode asli).
Dengan mendeteksi dan memperbaiki kesalahan satu-bit, memori server ECC membantu menjaga integritas data Anda, mencegah korupsi data, dan mencegah sistem crash dan kegagalan.
Gunakan memori ECC Krusial di server dan workstation mission-critical.
Itulah penterangan wacana apa itu Memory ECC, kelebihan Memory ECC yang sanggup Anda ketahui di atas.
Baca :  Tips Cerdas Beli Laptop Bekas

About Erzed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *