Home Android 6 Kegunaan Tombol Power Pada Android yang Jarang Diketahui Orang

6 Kegunaan Tombol Power Pada Android yang Jarang Diketahui Orang

by Erzed
6 Kegunaan Tombol Power Pada Android yang Jarang Diketahui Orang
6 Kegunaan Tombol Power Pada Android yang Jarang Diketahui Orang

6 Kegunaan Tombol Power Pada Android yang Jarang Diketahui Orang – Tombol power pada semua smartphone merupakan tombol yang sangat penting.  Kegunaan tombol ini tentunya sudah tak asing lagi bagi pengguna smartphone. Baik itu android ataupun smartphone yang lain, tombol power pasti dibutuhkan untuk menyalakan dan memenonaktifkan smartphone.

Dan cukup sebagian orang hanya mengetahui kegunaan tombol power hanya untuk kedua hal tersebut. Padahal, selain untuk menyalakan dan memenonaktifkan smartphone, tombol power masih menyimpan kegunaan lain yang sangat membantu Anda dalam menggunakan Android. Nah, penasaran buat apa saja manfaat lain dari tombol power ini?

Baca juga: 3 Cara Jitu Root Semua Jenis Android Dengan Mudah dan Cepat tanpa Menggunakan Komputer

Kegunaan Tombol Power Pada Android yang tak Banyak Orang Tahu

1. Untuk mengambil screenshot

Mengambil tampilan layar atau yang biasa disebut Screenshot  pada Android biasanya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi antara tombol Power dan tombol lainnya. Hal ini sebab rata-rata smartphone pada Android tak dibekali tombol fisik untuk mengambil screenshot.

Jika Anda pengguna smartphone jenis samsung maka Anda dapat mengkombinasikan tombol Power dengan tombol Home. Tapi apabila Anda pengguna smartphone jenis yang lainnya Anda cukup dapat mengkombinasikan tombol power dengan tombol volume.

2. Untuk jalan pintas menghidupkan air plane mode

Selain untuk memenonaktifkan dan menghidupkan smartphone seperti yang telah disebutkan diatas, tombol power ini ternyata juga dapat Anda gunakan untuk menghidupkan air plane mode dengan lebih mudah. Untuk menghidupkan air plan mode dengan cara ini Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol power selama kurang lebih 3 detik atau sampai kemudian muncul pilihan “menu pilihan”, lalu setelah itu anda dapat langsung memilih air plane mode.

Baca :  4 Cara Merubah Mempercantik Tampilan Termux di Android Agar Keren

3. Untuk recovery mode

Untuk melakukan recovery mode pada android, Anda juga dapat menggunakan tombol power. Recovery mode ini biasanya digunakan oleh pengguna smartphhone yang memang suka melakukan install pada smartphonenya. Dan apabila Anda juga ingin melakukan recovery mode pada android, maka Anda dapat mempraktikkannya dengan menekan tombol power dan volume atas, atau dengan cara menekan tombol power, volume atas, dan tombol home secara bersamaan.

4. Untuk safe mode

Kegunaan atau fungsi tombol power yang selanjutnya yaitu untuk safe mode. Melakuan Safe mode pada smartphone ini berfungsi agar dapat membersihkan file-file malware yang terdapat di android Anda, sesampai kemudian dengan begitu maka smartphone akan menjadi semakin ringan digunakan. Untuk cara melakukan safe mode, Anda dapat menggunakan kombinasi dari tombol power dan volume atas atau bawah.

5. Untuk download mode

Kegunaan tombol power pada Android yang selanjutnya merupakan dapat masuk pada download mode. Fungsi download mode biasanya kaya dimiliki oleh jenis smartphone Samsung. Download mode ini digunakan untuk melakukan semua hal yang berhubungan dengan layanan software yang ada pada perangkat android Anda.

Untuk masuk ke download mode Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Power, tombol Home dan Volume atas secara bersamaan dalam keadaan smartphone mati. Jika muncul icon robot Android yang menunjukan pada menu, berarti Anda berhasil masuk Download Mode.

6. Untuk mengakhiri panggilan

Kegunaan tombol power yang terakhir yaitu untuk mengakhiri panggilan telepon, caranya dengan menekan tombol Power. Namun Anda harus melakukan pengaturan terlebih dul, yaitu dengan  masuk ke menu Settings-Accessibility. kemudian cari pilihan Power Button to Ends Call.

Baca :  Tutorial Gampang Mengetahui RAM Asus Zenfone 5

Nah, itulah sederet kegunaan tombol power pada smartphone android selain hanya sebatas untuk menyalakan dan memenonaktifkan. Wah,, ternyatab sangat kaya ya manfaat lain dari tombol power di smartphone tersebut.

 

You may also like