Home Android 6 Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Android

6 Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Android

by Erzed
6 Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Android
6 Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Android

6 Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Android – Bisa anda lihat sekarang ini, internet zaman sekarang sudah sangat menjadi hal-hal yang sangat penting dan krusial bagi kehidupan kita sehari-hari. Bahkan apabila tak menggunakan internet sehari saja dapat menciptakan anda bosan dan hari-hari anda berantakan sekali akibat dari efeknya.

Akan tenamun pemakaian kuota data internet berbanding terbalik sama harganya.Semakin kayanya dan cepat koneksi yang ditawarkan, semakin pula harganya.Andanya yang dapat tekor kalau seperti itu terus. Maka dari hal itu, admin ingin kasih anda 7 cara paling ampuh menghemat kuota data internet di android.

6 Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Data Internet di Android

1. Batasi update aplikasi hanya apabila terhubung dengan WiFi.

Jika sendainya anda menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka smartphone anda akan meng-update secara otomatis terus menerus aplikasi yang terinstal di situ.

Update yang terus ditawarkan oleh aplikasi terkadang memakan kuota yang kaya sekali.Untuk menangani hal ini, anda dapat saja  mengaktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan terus meng-update datanya hanya pada saat smartphone anda terkoneksi dengan Wi-Fi.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Layar Sentuh Smartphone Cepat Rusak Berikut Ini

Karena itu, untuk mengaktifkannya anda dapat masuk ke Play Store dan pilih tombol menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Baca :  Tutorial Membuat/Mengedit Tulisan dengan Efek Asap Rokok di Android

2. Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data.

Banyaknya aplikasi-aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita  koneksi ke internet namun hal ini tentu  saja menciptakannya semakin memakan kaya kuota data internet.

Karena itu, untuk mengetahui aplikasi apa saja m yang kaya menyedot data, anda dapat saja kunjungi menuSettings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan kaya kuota data internet anda.

Karena hal tersebut, solusinya anda dapat saja menguninstall aplikasi-aplikasi tersebut kemudian mengmenggantikannya dengan aplikasi-aplikasi baru yang lebih hemat kuota data internet dan tak boros seperti aplikasi sebelumnya.

3. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya.

Anda pastinya tahukan sistem fitur-fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap smartphone Android?

Anda dapat saja memanfaatkan dan mempergunakan fitur-fitur ini untuk memberikan atau menambahkan anda peringatan saat pemakaian kuota data internet anda sudah melampaui batas (pemborosan).

Untuk lebih lanjut cara menggunakannya anda dapat saja masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tapuntuk mengaktifkannya.

4. Kurangi penggunaan data kamu pada background

Nah,kalau kamu orang yang sangat boros terhadap kuota,maka cara yang dapat kamu lakukan merupakan menghematnya dengan cara menghentikan semua penggunaan data pada background.

Kalau kamu bingung bagaimana cara mengatasinya,maka akan admin terangkan sekarang.Pertama kamu harus masuk pada menu pengaturan >> pilih data usage>>pilih simbol garis tiga di kanan atas layar kamu lalu restrick semua penggunaan data,kemudian klik OK.

Cara ini akan memberhentikan semua notifikasi aplikasi kamu termasuk juga aplikasi-aplikasi penting,namun kekurangannya kamu akan terlambat mengetahui isi pesan si doi.

Baca :  Inilah Deretan Aplikasi yang Wajib Anda Miliki Saat Musim Hujan Tiba

5. Matikan sinkronasi yang tak terpakai

Kalau data kamu ingin hemat lebih maksimal kamu harus menonaktifkan apa saja yang ada terkecuali apabila di pakai jangka panjang.Salah satu cara terbaik yaitu memenonaktifkan sinkronasi di layar handphone kamu.

Caranya masuk ke pengaturan pilih “akun”,kemudian pilih saja akun yang mana ingin kamu menonaktifkan sinkronasinya.

Tahukah kamu? Jika sinkronasi smartphone terus menyala,maka ini akan menciptakan jaringan internet kamu selalu terhubung.Inilah yang menjadi penyebab data sangat boros.

6. Gunakan chrome “data saver” buat internetan.

Jika kamu pengguna Chrome browser, maka kamu dapat memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fiturData Saver

Fitur data saver cukup ampuh untuk menghemat penggunaan data pada smartphone,fitur ini sangat cocok bagi kamu yang suka berselancar menggunakan google chrome.

Tapi bagi yang nggak tau caranya,cukup mudah sekali untuk mengaktifkan fitur yang satu ini.Pertama masuk ke pengaturan,cari data saver lalu pilih saja ON.

Bagaimana cukup mudah bukan,kalau ada cara yang manual buat apa menggunakan aplikasi.Semoga bermanfaat.

 

You may also like