Home / Bisnis / 5+ Ide Bisnis Sampingan yang Cocok Bagi Mahasiswa

5+ Ide Bisnis Sampingan yang Cocok Bagi Mahasiswa

5 Ide Usaha Sampingan yang Cocok Bagi Mahasiswa – Bagi anda yang kebetulan merupakan seorang mahasiswa, tentu tak ada salahnya untuk mencoba dan mempelajari bermacam macam bisnis, baik bisnis online inginpun bisnis di dunia nyata.

Mumpung masih muda sob 😀

Selain dapat menambah uang saku, andapun akan mendapatkan pengalaman baru saat menjalankan sebuah bisnis sampingan. Dan tentunya pengalaman yang anda dapatkan akan sangat bermanfaat untuk kedepannya.

Bukankah sebaik-baiknya guru merupakan Pengalaman ?

Terlepas dari itu semua, sebetulnya ada kaya sekali ide bisnis/bisnis yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa. Tenamun sedikit ide bisnis tersebut biasanya memerlukan biaya dan waktu pengerjaan yang tak sedikit.

Dan seperti yang kita tau kalau jadwal yang dimiliki mahasiswa itu padat, apabila ditambah dengan bisnis yang notabene menguras kaya waktu, dikhawatirkan hal itu akan mengganggu tugas kuliah nantinya.

Oleh sebabnya, dapat disimpulkan bahwa bisnis yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa merupakan “bisnis yang tak memakan kaya waktu dan dengan modal yang kecil”.

Mungkin anda akan bertanya dalam hati :

Loh memangnya ada ya bisnis yang tak menguras kaya waktu dengan modal kecil ? Kalau ada, cukup hasilnya hanya sedikit, atau jangan-jangan penipuan ? MLM ?

Tenang sob jangan khawatir. Beberapa ide bisnis/bisnis yang admin tulis di sini, sedikit di antaranya merupakan hasil pengamatan admin dan tentunya sudah admin coba sendiri. Jadi, ide bisnis sampingan ini murni berdasarkan pengalaman admin, oke?

Untuk masalah hasil admin rasa itu bergantung pada cara kita menjalankan bisnisnya. Jika dilakukan dengan niat dan sungguh-sungguh, insya Allah akan membuahkan hasil yang bagus.

Bagi anda yang sudah tak sabar ingin mengetahui bisnis apa saja yang cocok dilakukan oleh anak kuliahan, berikut merupakan daftarnya.

  1. Menjadi Youtuber – Modal = Kamera HP + Software editing.
    Usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa, yang pertama merupakan menjadi seorang Youtuber.

    Kenapa harus Youtuber ? Alasannya merupakan menjadi youtuber itu tak dikejar waktu. Semua dapat dikerjakan dengan santai sesuai hobi. Dan yang pasti dapat dilakukan di rumah.

    Baca juga : Cara Mendapatkan uang Menggunakan safelinkblogger.com

    Apa itu Youtuber ?
    Pada dasarnya youtuber merupakan sebutan untuk orang yang menciptakan konten/video di youtube.

    Bagaimana cara Youtuber menghasilkan uang ?
    Mereka (para youtuber) mendapatkan uang dari setiap iklan yang muncul di video yang mereka upload ke youtube.

    Dan ternyata penghasilan menjadi seorang youtuberpun dapat dibilang lumayan sob. Supaya tak dibilang omong kosong, berikut merupakan contoh pendapatan channel youtube admin.

    Walaupun tak terlalu kaya, namun lumayan sob buat beli tahu.

    Nah, apabila anda berminat ingin menjadi konten kreator/youtuber, silahkan buat video yang benar-benar sesuai dengan fashion, minat, dan bakat anda.

    Misalnya anda jago menggambar, maka anda dapat menciptakan video cara menggambar hiro mobile legend atau apalah.

    Atau anda hobi memasak, cukup anda dapat menciptakan video cara memasak masakan daerah di Indonesia.

    Atau cukup anda lebih tertarik bermain game, nah ini juga dapat sob, asalkan pembawaan nya dapat menciptakan penonton terhibur. Lebih bagus lagi kalau ada unsur komedi nya.

    Pokoknya buat sebuah video yang memang anda tertarik ingin menciptakannya.

  2. Menjadi Blogger – Modal = PC atau laptop.
    Jika anda merupakan orang yang hobi banget menciptakan sebuah tulisan, terutama artikel. Mungkin anda dapat memanfaatkan hobi anda tersebut dengan membangun sebuah Blog.

    Selain dapat berbagi kepada orang lain melalui tulisan, ternyata ngeblog juga dapat menghasilkan uang sob.

    Bagaimana cara Blogger menghasilkan uang ?
    Sama seperti Youtuber, blogger pun mendapatkan uang dari “iklan” yang ditampilkan di halaman situs yang mereka kelola. Jika ada pembaca blog yang klik “iklan” tersebut, maka secara otomatis anda akan mendapatkan bayaran.

    Kenapa harus blog ?
    Menurut admin, menjadi blogger itu sangat menyenangkan sebab tak memerlukan biaya yang besar. Selain itu, kita dapat menulis artikel kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu dan tempat. Selama ada laptop dan koneksi internet, aktivitas blogging pun dapat berjalan.

    Oleh sebabnya, admin rasa ngeblog ini patut dijadikan sebuah bisnis sampingan sebab tak akan mengganggu pekerjaan utama. Siapa tau kan, berawal dari iseng eh dapat hadiah. Kan lumayan.

  3. Menjadi Dropshipper / Reseller – Modal = 1 jutaan + laptop atau hp.
    Khusus untuk bisnis dropship, anda harus mengeluarkan modal sedikitnya 1 juta. Modal tersebut dapat lebih besar atau lebih kecil, tergantung barang yang akan anda jual.

    Perbedaan dropship dengan reseller biasa merupakan, kita (sebagai dropship) mengupload foto barangnya dahulu (misalnya hardcase, antigores, gantungan kunci, tas, sepatu, topi) di toko online A. Apabila ada yang tertarik dengan barang yang baru saja kita upload, maka dengan segera kita langsung “memesankan” barang tersebut di toko online B.

    Ngerti ga ? Kalau kurang ngerti, googling dahulu aja sob.

    Kenapa harus jadi dropshipper dan apa untungnya? 
    Dengan menjadi dropshipper, persentase kita merugi itu kecil dan cukup tak ada. Karena kita tak mengeluarkan modal di awal. Cukup mengupload foto barangnya aja. Kalau ada yang beli syukur, ngga ada ya gapapa; uang modal masih di tangan kok.

    Berbeda dengan reseller biasa yang harus membeli barangnya dahulu, kemudian dijual. Kalau barangnya tak laku, ya otomatis bakal rugi.

    Sebagai info tambahan, toko online yang cocok dan sangat disarankan untuk berbisnis dropship merupakan Tokopedia, Bukalapak, Shopee.

  4. Menjual Jasa di Internet – Modal = Skill + PC/Laptop.
    Di internet kita dapat menjual bermacam macam jasa. Tenamun, jasa yang paling populer dan paling kaya diminati merupakan Jasa Desain dan Jasa Pembuatan Artikel.

    Agar lebih mudah dipahami, akan admin perterang sedikit.

    Jasa Desain
    Untuk Desain sebetulnya ada kaya ragam jenisnya yang dapat dijadikan jasa. Tapi berdasarkan pengamatan admin, jasa desain yang paling laku merupakan “jasa vector/vexel” dan “jasa pembuatan logo”.

    (contoh karya Vector/Vexel art).

    Nah apabila anda kebetulan mempunyai keahlian dibidang desain dan mahir menggunakan photoshop, cukup tak ada salahnya untuk menjual jasa desain seperti ini ke khalayak ramai.

    Sobat dapat memulai mempromosikan jasa tersebut melalui jejaring sosial seperti Facebook.

    Jasa Menulis
    Jika anda mempunyai keahlian khusus dalam dunia tulis menulis, terutama artikel, cukup anda dapat menjual artikel anda tersebut kepada para Blogger. Soalnya kaya banget blogger yang membutuhkan artikel dalam jumlah kaya untuk dipublish di blog mereka.

    Selain menjual tulisan, anda juga dapat mendapatkan uang dari tulisan dengan cara “bergabung” menjadi penulis di portal berita seperti BaBe, UCNews, JalanTikus, dan lain-lain.

    Terlepas dari itu semua, sebetulnya masih kaya jasa yang dapat anda jual di internet. Tenamun yang paling laku dan diminati ya 2 jasa itu baru saja.

    Contoh jasa lain yang dapat dijual di internet :
    1. Jasa SEO
    2. Jasa pembuatan aplikasi
    3. Jasa pembuatan website
    4. Jasa joki menaikan level sebuah game
    5. dan lain-lain, tinggal menyesuaikan dengan keahlian yang anda miliki saja!

    Jika anda berminat ingin mencoba menjual jasa di internet, pastikan jasa yang dijual itu memang merupakan bidang yang anda tekuni dan jalani. Ga cukup kan anda hobi menggambar namun malah menjual jasa menulis artikel :3

  5. Jualan Pulsa – Modal = minimal 50 ribu + smartphone.
    Dari keempat ide bisnis di atas, hanya ide nomor 5 yang dikerjakan di dunia nyata.

    Jika anda kebetulan mempunyai kaya teman dan kenalan, cukup tak ada salahnya untuk menjajal bisnis berjualan pulsa.

    Kenapa harus jualan pulsa ? 
    Secara logika saja sob. Sekarang ini hampir semua orang (termasuk teman anda) menggunakan smartphone android. Tentunya mereka membutuhkan pulsa untuk membeli paket data agar dapat internetan.

    Nah, apabila teman-teman anda tau kalau anda menjual pulsa, pastinya mereka akan lebih memilih untuk membeli pulsa pada anda daripada di konter. Jika beruntung, teman-teman anda akan mengajak teman yang lain untuk membeli pulsanya pada anda.

    Selain itu, keuntungan kita memilih bisnis berjualan pulsa merupakan sebab bisnis ini sangat user friendly, tak membutuhkan peralatan yang ribet; cukup menggunakan smartphone android, kitapun sudah dapat berjualan pulsa di kampus atau di manapun.

Nah itulah sedikit ide bisnis atau bisnis sampingan yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa. Apabila ada ide bisnis lain yang ingin anda sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah.

Penutup : 

Semua ide bisnis di atas akan mendapatkan hasil yang memuaskan apabila dilakukan dengan serius dan konsisten.

Pastikan untuk memilih jenis bisnis sampingan yang memang benar-benar sesuai dengan keadaan, minat dan bakat anda. Agar nantinya anda tak berhenti di tengah jalan sebab merasa “bosan”.

About Erzed

Check Also

Apa itu Inspect Element dan Apa Kegunaannya ?

Apa itu Inspect Element dan Apa Kegunaannya ? – Ramai diperbincangkan di kalangan blogger, khususnya …