5+ Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Ganti Domain

Hal yang harus kamu lakukan setelah mengganti domain blogspot ke domain TLD,- Top Level Domain merupakan sebuah istilah di internet yang menterangkan seputar akhiran dari sebuah domain yang terdapat kualitas dan tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan domain lain, contohnya .com, .net, .org, .co dan lain-lain. Top Level Domain atau TLD juga terdapat ciri khas sendiri-sendiri di bermacam negara semisal apabila domain di atas yang sudah admin sebutkan merupakan domain yang tak terdapat ciri khas negara atau dapat disebut domain internasional, di indonesia juga terdapat domain dengan ciri khas sendiri seperti .co.id, .id, .or.id dan lain-lain. Hal tersebut diberlakukan agar setiap web atau blog dapat dikenal dari mana negara asalnya.

Bagi pemilik blog baik yang berplatform gratis seperti blogger, menggunakan domain TLD atau yang berbayar merupakan hal yang dapat menciptakan blog tersebut lebih terlihat profesional. Pasalnya menggunakan domain TLD akan menciptakan blog lebih baik di mata pengunjung, terlebih lagi penggunaan domain TLD juga dapat menciptakan domain atau alamat blog lebih simple yang tentunya akan lebih mudah untuk dihafal baik bagi anda sendiri atau pun pengunjung. Terlebih lagi domain berbayar akan lebih dipercaya tak hanyan oleh pengunjung tenamun juga oleh mesin pencarian seperti google, yahoo, bing dan lain-lain.

Untuk mengmengganti domain blog pada platform blogger caranya cukup mudah, sebab pihak blogger sudah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengatur pemasangan domain dari penyedia domain di seluruh dunia. Hal tersebut juga lebih di perkuat dengan kayanya para blogger yang sudah mengmengganti domain mereka ke domain berbayar, jadi apabila anda serius dalam mengelola blog di blogger, custom domain dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mengiringinya. Walaupun begitu mengmengganti domain juga tanpa masalah, masalah yang kerap kali timbul yaitu turunnya jumlah visitor blog. Namun jangan khawatir sebab hal tersebut memang sudah biasa dan nantinya akan stabil kembali malah dapat semakin naik.

Lalu apa yang harus dilakukan setelah mengganti domain? cukup hal tersebut sudah kaya ditanyakan oleh para blogger diluar sana yang sudah mengmengganti domain, untuk menjawab pertanyaan tersebut dapat anda lihat dibawah ini.

Hal yang harus kamu lakukan setelah Ganti domain TLD

Disebabkan mengmengganti domain ke TLD sama saja seperti menciptakan blog baru, hal yang harus dilakukan juga sama dengan saat setelah menciptakan blog baru, berikut hal-hal yang harus dilakukan.

1. Mendaftarkan ulang blog ke Google Webmaster Tools dan Bing
Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah mengganti domain merupakan mendaftar dan verifikasi ulang ke webmaster dan bing, sebab dua hal tersebut merupakan hal terpenting baik setelah menciptakan blog atau mengganti domain ke TLD. Alasannya sendiri sebab domian baru membutuhkan waktu yang cukup lama untuk  terindex di masin pencarian, namun dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools dan Bing akan dapat mempercepat terlihatnya domain baru di mesin pencarian.

Baca: 7 Hal yang harus kamu lakukan setelah menciptakan blog

Lalu bagaimana untuk verifikasi blog dengan domain yang lama? Untuk itu jangan dihapus atau silahkan supayakan saja, sebab sebelum domain lama sepenuhnya bermengganti ke domain baru, URL postingan yang ada di mesin pencarian akan tetap dengan domain lama namun apabila di kunjungi akan redirect ke domain baru. Untuk itu silahkan supayakan saja atau supayakan berduplikat, Tapi apabila domain lama sudah sepenuhnya bermengganti ke domain baru dapat menghapus verifikasi domain yang lama di webmaster atau bing.

2. Mendaftarlkan Ulang Blog ke Google Analytics
Sebagaimana halnya webmaster tools dan bing mendaftar google analytics juga menjadi salah satu hal wajib bagi blog baru atau blog yang sudah bermengganti domain, Google analytics ini berfungsi untuk memonitor aktifitas dari blog atau web secara akurat baik dari segi visitor dan page view. Disini anda dapat menghapus verifikasi atau properti dari domain lama dan menmenggantinya dengan verifikasi domain yang baru, sebab blog otomatis akan redirect ke domain baru.

3. Submit ulang Sitemap di Webmaster Tools
Nah submit ulang sitemap dengan domain yang baru ke webmaster juga hal yang pentingm, sebab sitemap atau peta situs disini berfungsi sebagai file yang berisi seputar keseluruhan blog kita, dengan submit sitemap akan menciptakan google lebih mudah mendeteksi dan mengindek blog kita di mesin pencarian khususnya search google.

Untuk itu silahkan submit sitemap blog anda baik di webmaster bing atau google webmaster tools, untuk submitnya boleh “sitemap.xml” saja atau juga dapat ditambahkan yang lain. Baca: Cara submit sitemap di webmaster tools kompleks

4. Mendaftar ulang ke Alexa, Feedburner
Disebabkan mendaftar dan verifikasi blog ke situs alexa sudah ditutup maka tak usah lagi mendaftarkan blog ke alexa, namun untuk feedburner dapat anda lakukan. sebab apabila anda pengguna blog berplatform blogger mendaftar feedburner perlu anda lakukan. Alasanya sendiri sebab feedburner memang ditujukan untuk blogger untuk menciptakan ID feed yang dapat dibagikan kepada pengunjung.

5. Daftar Google Adsense dengan Domain TLD
Untuk langkah nomer 5 disini perlu anda lakukan Jika sebelumnya anda sudah pernah mendaftar dengan google adsense dengan domain blogspot dan google adsense anda merupakan Hosted, maksudnya disini apabila google adsense anda merupakan hosted maka iklan tak dapat tampil di domain TLD, untuk itu silahkan upgrade google adsense anda ke Non Hosted dengan domain baru. Namun apabila anda memasang iklan adsense ke domain TLD dan ternyata iklan ingin muncul berarti akun adsense anda Non Hosted.

Nah itulah 4 hal wajib yang harus anda lakukan setelah mengganti domain dan tips 1 tambahan apabila anda sudah pernah mendaftar google adsense. Demikian artikel seputar blog yang dapat admin bagikan dan semoga bermanfaat.

Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More