5+ Daftar Hantu Paling Seram di Indonesia

5 Hantu Paling Seram di Indonesia – Setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai cerita dan penggambaran yang berbeda-berbeda seputar hantu. Ada hantu yang digambarkan sebagai sosok perempuan yang menyeramkan, dan ada juga hantu yang digambarkan sebagai sosok anak kecil yang senang mencuri uang.

Walaupun zaman sudah semakin modern, tak sedikit orang yang masih tertarik dengan hal-hal gaib, salah satunya hantu. Terbukti dengan kayanya tayangan dan film bertemakan hantu di Indonesia.

Di samping itu semua, ada sedikit orang yang mengaku pernah melihat hantu secara tak sengaja. Dan ada juga yang mengklaim dirinya mempunyai keahlian khusus (indigo), dapat melihat dan berdialog dengan hantu secara langsung.

Jujur, admin sendiri belum pernah dan tak ingin melihat yang namanya hantu.

Dari kayanya jenis hantu yang beredar di masyarakat, berikut ini merupakan 5 hantu paling seram di Indonesia yang telah admin rangkum dan tes tingkat keseramannya.

  1. Kuntilanak
    Siapa yang tak kenal dengan hantu kuntilanak? Hantu kuntilanak merupakan hantu yang digambarkan sebagai sosok wanita berambut panjang dan mengenakan pakaian berwarna putih.
     Setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai cerita dan penggambaran yang berbeda 5+ Daftar Hantu Paling Seram di Indonesia

    Menurut cerita, hantu kuntilanak sangat menyukai anak kecil/bayi. Maka tak heran apabila kaya orang tua yang meletakan gunting, paku, pisau di bawah bantal si bayi. Hal ini dipercaya dapat menangkal kehadiran kuntilanak.

     Setiap daerah di Indonesia tentu mempunyai cerita dan penggambaran yang berbeda 5+ Daftar Hantu Paling Seram di Indonesia

    Adapun cara penangkalan agar tak diganggu kuntilanak (jin) menurut Agama Islam merupakan dengan selalu berdoa dan mengingat Allah SWT. (berdzikir). Serta selalu beribadah kepada Allah SWT. dan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.

    Ada kaya cerita seputar asal-muasal jin kafir kuntilanak ini. Tapi cerita yang paling populer merupakan kuntilanak dipercaya sebagai wanita hamil yang meninggal sebab melahirkan dan kandungannya belum sempat dilahirkan.

  2. Pocong Gentayangan
    Hantu pocong memang sudah tak asing ditelinga kita. Sosok hantu pocong ini digambarkan memakai kain kaffan berwarna putih dan berwajah rata.

    Menurut cerita yang beredar di masyarakat, hantu pocong merupakan bentuk protes dari si “mati” yang ikatan tali kafan nya tak dilepas saat dikubur. Lalu pocong ini gentayangan minta tali kafan nya dibuka.

    Gimana sob? Seram ga?

  3. Kuyang Kalimantan
    Kuyang sebenarnya bukan hantu, melainkan manusia yang lagi menjalani ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi. Pada siang hari sosok kuyang akan seperti manusia pada umumnya, dan biasanya mengenakan pakaian jubah. Ketika malam tiba, kuyang akan mencari mangsa untuk menambah kekuatan ilmunya.

    Kuyang digambarkan sebagai sosok siluman berkepala manusia yang organ tubuhnya menempel tanpa kulit dan anggota tubuh. Kuyang ini dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita yang baru melahirkan. Makhluk ini lebih dikenal di daerah Kalimantan.

    Sosok kuyang pernah viral sedikit waktu lalu saat launching hp asus rog. Karena kaya orang yang menciptakan lelucon ingin berburu kuyang untuk diambil ginjalnya.

  4. Leak Bali
    Hampir mirip dengan cerita Kuyang dari Kalimantan. Leak merupakan seseorang yang lagi menjalani ilmu hitam dan mempunyai sifat kanibalisme. Konon katanya leak terbang mencari wanita yang lagi hamil untuk dihisap darah bayinya dengan tujuan agar keilmuannya semakin meningkat.

    Dikatakan juga kalau leak mempunyai kemampuan untuk berubah-ubah bentuk menjadi seekor binatang seperti monyet, hariingin, babi.

    Leak digambarkan sebagai makhluk yang mempunyai gigi yang sangat tajam dan lidah yang menjulur panjang. Leak hanya dapat dilihat pada malam hari oleh para dukun pemburu leak, lagikan di siang hari Ia berwujud seperti manusia pada umumnya.

    Lumayan seram juga ya sob.

  5. Wewe GombelMenurut cerita tradisi jawa, wewe gombel merupakan hantu/setan yang suka menculik anak-anak namun tak menyakitinya. Konon katanya anak-anak yang diculik merupakan anak yang kerap ditelantarkan orang tuanya.

    Sosok wewe gombel digambarkan terdapat dada yang menjumbai seperti buah pepaya, dan sangat menakutkan.

    Konon katanya juga ketika anak diculik oleh wewe gombel maka anak tersebut akan diberi makanan yang tak lazim seperti kotoran, bangkai, dan lainnya. Akan tenamun anak tersebut mengira makanannya merupakan makanan yang sangat enak, padahal itu merupakan kotoran.

    Jujur, waktu kecil admin paling takut sama yang namanya setan Wewe Gombel ini. Karena kaya yang bilang wewe gombel ini suka menculik anak kecil. Makanya admin jadi takut.

Nah itulah sedikit hantu paling menyeramkan di Indonesia versi admin. Sebetulnya masih kaya jenis hantu yang lebih seram dan menakutkan.

Apabila anda ingin menambahkan jenis hantu yang menurut anda seram, silahkan tambahkan melalui komentar di bawah. Atau anda juga dapat menceritakan pengalaman bertemu dengan hantu cukup :D.

Penutup

Terlepas dari benar atau taknya asal-usul seputar hantu yang ada di Indonesia, sebagai seorang muslim sudah sepatutnya kita untuk percaya tentang perkara gaib, tenamun tak untuk takut, melainkan untuk menambah keimanan kita.

wallahualam bishawab.
Comments