Home HUT RI 46 Ide Seru Lomba 17 Agustus Memperingati Hari Kemerdekaan

46 Ide Seru Lomba 17 Agustus Memperingati Hari Kemerdekaan

by Erzed
Lomba 17 Agustus – Kita ketahui di bulan Agustus ini kaya sekali dibermacam daerah mengadakan perayaan untuk memperingati HUT RI atau hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Salah satu perayaan tersebut salah satunya merupakan mengadakan lomba-lomba yang seru. Biasanya kalau agan hidup di komplek perkotaan, maka akan melihat kaya sekali perayaan dengan lomba-lomba yang seru disetiap komplek.
Nggak hanyan itu, dipedesaan juga kaya yang melakukan perayaan 17 agustus. Tentu sebab hal ini diperingati oleh seluruh penduduk Indonesia yang berbeda-beda suku dan bahasa.
 Kita ketahui di bulan Agustus ini kaya sekali dibermacam daerah mengadakan perayaan unt 46 Ide Seru Lomba 17 Agustus Memperingati Hari Kemerdekaan
Nah di sini admin hhandromax ingin ngasih tahu, ide-ide “lomba 17 Agustus” yang dapat di adakan dibermacam daerah tempat agan tinggal.

Ide Lomba 17 Agustus Memperingati HUT RI

Ide-ide lomba 17 Agustus ini selain yang sudah biasa diadakan oleh pemerintah. Misalnya lomba grak jalan, pawai budaya, karnaval dan lain-lain.

1. Lomba panjat pinang

Ide lomba 17 Agustus an yang pertama dan seru merupakan lomba panjat pinang. Biasa diadakan disetiap daerah. Pohon pinang yang disisik dan diberi oli atau pelicin yang atasnya sudah ditaruh bermacam macam hadiah, kemudian di panjat dengan tim yang saling menyumbang bahunya sebagai tumpuan supaya dapat mencapai hadiah-hadiah yang ada di pucuk pohon pinang yang didirikan.

2. Lomba panjat pohon pisang

Lomba panjat pohon pisang ini dapat dikatakan sama modelnya dengan lomba panjat pinang. Karena sesungguhnya, pohon pisang ini sebagai mengganti pohon pinang dan selain itu biasanya yang ikut serta lebih ditujukan kepada anak-anak.

3. Lomba makan kerupuk

Pasti sudah tak asing kan dengan lomba makan kerupuk. Kerupuk yang digantung dengan tali dan dimakan oleh peserta lomba tanpa menyentuhnya dengan tangan. Yang pertama menghabiskan kerupuk dan tak menyalahi aturan akan keluar sebagai pemenang atau maju ke babak selanjutnya. Karena biasanya model lomba ini merupakan penyelisihan.

4. Lomba tarik tambang

Setiap tim beregu melawan tim lainnya dengan adu kekompakan dan kekuatan sesampai kemudian yang menarik tali tambang lebih kuat ke arah sisinya, mereka yang akan menjadi pemenang atau maju ke babak selanjutnya.

5. Lomba membawa kelereng di sendok yang digigit

Sendok digigit dan sebuah kelereng ditaruh pada ujung sendok tersebut. Peraturan menang merupakan kelereng tak boleh jatuh sampai mencapai garis finish dan yang pertama sampai garis finish yang akan menang.

6. Lomba memasukkan paku di botol

Paku ditali dan diikatkan ke pinggang sampai menggantung di bawah pantat. Kemudian peserta lomba harus dapat memasaukkan paku yang digantung ke dalam botol tanpa bantuan kedua tangan. Yang pertama masuk, yang menang.

7. Lomba cokot koin yang ditancap dibuah

Koin atau uang logam yang ditancapkan ke buah dan dilumuri pelicin dan dicokot/digigit tanpa menggunakan kedua tangan. Biasanya buah jeruk purut yang digunakan untuk lomba cokot koin. Di lomba cokot koin pada umumnya juga tak ada pemenang. Siapa yang dapat mencokot koin dengan rebutan dan mendapat koin kaya, koin tersebut akan didapatkannya sebagai hadiah. Jadi kalau ingin mendapatkan hadiah dengan nilai uang kaya, dapatkan koin yang kaya.
Namun apabila ingin menciptakan kreasi lain, dapat saja menggunakan lomba ini seperti lomba babak penyisihan lainnya sampai kemudian memandapatkan sang juara. Misalnya yang mencokot koin paling kaya akan menang atau maju ke babak selanjutnya untuk mendapatkan hadiah utama.

8. Lomba balap karung

Karung bago dipakai dan lompat-lompat menggunakan karung sampai garis finish. Yang pertama sampai yang menang. Nah, lomba balap karung ini biasanya dimenggantikan dengan glangsi. Jadi lomba balap glangsi.

9. Lomba balap egrang

Egrang merupakan permainan tradisional yang terbuat dari bambu atau kayu yang dirubah menjadi jenis permainan yang disebut egrang. Peserta lomba menggunakan egrang yang sudah dipasangi tumpuan kaki dan digunakan untuk berjalan menggunakan egrang tanpa kaki yang menyentuh tanah. Yang pertama sampai garis finish dan tak jatuh yang kan menang.

10. Lomba balap menggunakan sendal bakiak

Hampir sama dengan egrang, yang ini menggunakan sendal bakiak yang digabung dan digunakan bersama tim untuk mengalahkan tim lainnya. Yang mencapai finish pertama yang menjadi pemenang. Namun untuk mencapai garis finish dibutuhkan kecepatan dan kekompakan menggunakan bakiak dari setiap anggota tim.

11. Lomba sepak bola nendang dengan terong

Tidak menggunakan kaki, lomba sepak bola menggunakan terong yaitu mengikat terong dengan tali dan dikaitkan ke pinggang. Terong berada di bawah pantat sampai hampir menyentuh tanah dan digunakan untuk menggiring bola atau menendang bola ke gawang lawan.

12. Lomba sepak bola memakai sarung

Versi sepak bola yang lain yang bikin lomba sepak bola makin seru, yaitu bermain sepak bola seperti pada umumnya namun mengenakan sarung. Jadi agak susah dan menciptakan permainan sepak bola makin seru.

13. Lomba menyunggi tampah tanpa memegang dengan tangan

Lomba ini biasanya ditujukan untuk peserta ibu-ibu. Yaitu menyunggi tampah di kepala, dan pada tampah tersebut biasanya diberi bola-bola pimpong supaya menghancurkan keseimbangan. Jadi untuk menjadi pemenang dilomba ini harus menjaga keseimbangan agar tampah tak jatuh dan menjadi yang pertama mencapai garis finish.

14. Lomba menggapit balon dengan perut

Peserta berpasang-pasangan dan saling berhadapan menggapit balon dengan perut supaya tak jatuh. Yang tak jatuh dan sampai garis finis dahulu yang menang.

15. Lomba memukul balon

Balon digantung dan di isi oleh air/tepung/isian lainnya. Peserta akan memukul balon menggunakan tongkat dengan mata ditutupi oleh kain atau alat penutup supaya tak dapat melihat balon yang akan dipukul. Yang berhasil memukul balon pertama kali dan tak bermain curang, maka akan menjadi pemenang.

16. Lomba olahraga (sepak bola, voly, bulu tangkis, tennis dan lain-lain)

Olahraga memang identik dengan kejuaraan dan perlombaan. Nah, ini dapat juga dilakukan untuk mengadakan lomba di lingungan masyarakat ataupun sekolah. Kriteria pemenang tergantung dari jenis olahraga yang diikuti. Misalnya kalau lomba voly, maka skor yang akan menentukan kemenangan.

17. Lomba mancing ikan

Selain mendapatkan ikan yang dipancing sebagai hadiah, yang paling kaya mendapatkan ikan juga akan menjadi juara dan mendapatkan hadiah kejuaran. Lomba ini akan menciptakan setiap orang yang berpartisipasi baik, meskipun tak menjadi juara, asalkan mendapatkan ikan, maka itu dapat dianggap sebagai suatu hadiah.

18. Lomba menangkap ikan dengan kedua tangan

Kalau lomba mancing ikan mengguanakan kail pancing dan umpan, lomba menangkap ikan hanya menggunakan kedua tangan dan berebut mendapatkan lebih kaya ikan.

19. Lomba menangkap belut dan memindahkan ke botol

Menangkap belut yang ada di timba/bak dengan kedua tangan,  kemudian memindahkan belut kedalam botol yang berlubang kecil. Belut merupakan hewan dengan tubuh yang licin ketika hendak ditangkap dan dipegang. Inilah yang akan menjadi kesulitan dan keseruan lomba menangkap belut dan memindahkannya ke botol.

20. Lomba cepet-cepetan berpakaian

Dari lomba ini biasanya yang akan menentukan pemenang merupakan suatu penilaian. Penilaian berdasarkan kerapian dan kecepatan mengenakan pakaian. Selain pakaian, dapat saja menggunakan aksesoris lainnya seperti sepatu atau jilbab yang rumit.

21. Lomba meimndahkan bola tenis dengan mulut

Bola tenis yang ditaruh pada suatu tempat dan diberi tepung, kemudian peserta lomba harus memindahkan bola tersebut satu persatu ke tempat lainnya menggunakan mulut untuk mencokot bolanya. Lomba ini akan seru sebab mencokot bola yang dilumuri tepung dengan mulut, maka secara otomatis tepung tersebut akan membedaki wajahnya.

22. Lomba puisi dengan tema pahlawan atau kemerdekaan

Dilingkungan sekolah juga dapat mengadakan bagi setiap siswa perkelas untuk bersaing menciptakan puisi dengan tema yang sudah ditentukan, dan membacakannya. Pemenang disini akan ditentukan oleh penilaian dewan juri baik dari isi puisi dan cara membacakannya.

23. Lomba pidato dengan tema pahlawan atau kemerdekaan

Selain puisi, ada juga lomba pidato yang tak kalah seru yang dapat diadakan dilingkungan sekolah. Sebagaimana kita ketahui, proklamasi kemerdekaan dahulu yang dilakukan Ir Soekarno juga melalui sebuah pidato. Oleh sebab itu, pidato hari kemerdekaan dapat mengusung tema tentang kemerdekaan inginpun sejarah para pahlawan ataupun ide di masa depan.

24. Lomba cerdas cermat

Lomba cerdas cermat juga seru. Apalagi diadakan sebagai lomba 17 Agustus yang mana pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan dapat seputar sejarah kemerdekaan dan para pejuang kemerdekaan.

25. Lomba busana dan rias

Sebagaimana model yang mengenakan busanan dan berjalan di atas panggung dengan gaya, nah ini juga dapat untuk mengadakan lomba busana dan rias. Misalnya tema juga berkaitan dengan pakaian adat atau perjuangan. Serta penilaian pemenang berdasarkan pakaian dan riasan yang sesuai dengan tema. Jadi pemenang tak hanya yang berias cantik, pemenang akan dinilai dari penampilan dan riasan yang sesuai tema.

26. Lomba mewarnai

Untuk lomba mewarnai, biasanya diadakan untuk anak TK. Bagi anak TK, mewarnai ini sangat seru, apalagi apabila mendapatkan hadiah.

27. Lomba melukis

Melukis pahlawan atau situasi dan kondisi pandangan perjuangan zaman kemerdekaan dahulu. Setelah itu menceritakan makna lukisan tersebut. Penilaian lomba tergantung kepada keputusan dewan juri.

28. Lomba menggambar kaligrafi

Selain melukis, yang lainnya merupakan kaligrafi. Membuat kaligrafi yang keren dan bagus dimata dewan juri dan mampu menyaingi kaligrafi peserta lainnya, maka akan diputuskan sebagai pemenang.

29. Lomba kreasi

Lomba kreasi yang dimaksud merupakan kreasi kerajinan. Misalnya mainan atau sejenis patung inginpun ukiran.

30. Lomba menciptakan cerpen tema pahlawan atau kemerdekaan

Puisi, pidato dan yang satunya yang nggak kalah menarik merupakan lomba cerpen. Peserta harus menciptakan cerpen yang menarik dan memikat para pembaca (khususnya juri) supaya menjadi pemenang.

31. Lomba memasak

Di sekolah-sekolah untuk memperingati perayaan 17 Agustus, biasanya juga diadakan lomba memasak untuk siswa perempuan. Namun laki-laki juga dapat ikut andil sebagai tim pembantu. Pemenang dalam lomba ini biasanya ditentukan oleh rasa dan kreasi pada tampilan masakan yang disaapabilan.

32. Lomba gobak sodor

Masih ingat permainan tradisional gobak sodor yang biasa dimainkan anak SD? Nah selain dibuat permainan, alangkah serunya bagi anak SD apabila guru dapat menciptakan permaianan tersebut mampu menghasilkan suatu hadiah untuk anak-anak yang bermain sebagai peserta lomba gobak sodor tersebut. Tentunya untuk mendapatkan hadiah harus menjadi pemenang ya.

33. Lomba beteng

Permainan tradisional yang dapat dijadikan lomba selanjutnya merupakan permainan beteng. Peserta merupakan mereka yang beregu menjadi sebuah tim dan mengalahkan beteng tim lainnya.

34. Lomba main catur

Asah otak dengan permaianan yang satu ini, yaitu main catur. Lomba main catur cocok sekali diadakan disekolah inginpun lingkungan masyarakat. Selain itu, menariknya lomba main catur ini tak setingkat daerah atau antar siswa. Bahkan kompetisi catur tingkat internasional pun ada.

35. Lomba nyanyi

Lomba menyanyi juga dapat diadakan untuk memperingati HUT RI. Menyanyi dapat dengan cara bernyanyi solo, band ataupun paduan suara.

36. Lomba menari

Kemudian lomba menari juga dapat diadakan dalam bentuk menari grup, solo, berpasangan ataupun jenis tarian daerah atau dance.

37. Lomba kiroat

Kiroat merupakan membaca ayat-ayat suci Al Qur’an dan menadakannya. Namun ada aturan untuk menadakannya dan harus terlatih (tak asal).

38. Lomba hadroh

Bersholawat atau menyanyikan lagu religi dan diiringi tabuhan merupakan ciri hadroh. Nama tabuhan tersebut biasanya kompang, bass, banjari, kecer dan lain-lain alat lainnya.
Baca :  Logo Resmi HUT RI ke 73 (PhotoShop PSD dan CorelDraw CDR)

39. Lomba stand up comedy

Yang lagi populer dikalangan anak muda, yaitu stand up comedy. Ini juga dapat diadakan di lingkungan sekolah dan nanti penilaian peserta yang menang biasanya berdasarkan nilai materi yang dibawakan dan pecahnya lawakan.

40. Lomba fotografi

Lomba fotografi ini biasanya diadakan oleh pihak-pihak lembaga atau perbisnisan tertentu. Namun pesertanya dari masyarakat umum seluruh penduduk di Indonesia.

41. Lomba menciptakan animasi

Lomba animasi penerapannya juga dapat sama seperti lomba fotografi. Namun lomba ini biasanya juga diadakan antar sekolah smk atau kalangan mahasiswa jurusan animasi, desain grafis ataupun informatika.

42. Lomba menciptakan film pendek

Sama seperti lomba menciptakan animasi. Orang yang dapat menciptakan film pendek, selama mematuhi persyaratan dan ketentuan, dapat ikutan dalam lomba menciptakan film pendek ini.

43. Lomba desain grafis

Penerapannya hampir sama dengan lomba animasi, biasanya diadakan oleh lembaga inginpun perbisnisan tertentu. Namun mereka yang membutuhkan sesuatu seputar desain grafis, juga dapat mengadakan lomba ini untuk diikuti yang dapat desain grafis. Namun juga harus memberi imbalan kepada pemenang. Lomba desain grafis biasanya seperti lomba menciptakan logo dan lain-lain.

44. Lomba desain web

Lomba desain web biasanya juga diadakan dikalangan pelajar smk kejuruan RPL, multimedia atau tkj. Kalau tak web, biasanya lomba desain blog.

45. Lomba menulis artikel ilmiah

Sebagaimana lomba cerpen dan menciptakan puisi, yang satu ini lomba menulis artikel ilmiah. Ini juga cocok diadakan kalangan tertentu untuk meperingati hari kemerdekaan. Yang bikin seru dari lomba ini sebab ada teknik-teknik dalam penulisan artikel ilmiah. Dan yang lainnya sebab adanya persaingan tentunya.

46. Lomba menulis blog

Memang yang akhir-akhir ini, ide lomba 17 Agustus lebih ditujukan kepada pihak lembaga, perbisnisan atau kalangan tertentu. Nah kalau lomba menulis blog ini pesertanya merupakan para Blogger. Blogger harus menulis artikel sesuai tema (biasanya berkaitan hari kemerdekaan) yang ditentukan panitia lomba dan mematuhi segala syarat dan ketentuan yang diberikan.
Ada dua jenis lomba blog ini. Yaitu menulis artikel dengan penilaian dari segi isi artikel tampilan dan persyaratan yang telah dipenuhi. Untuk memenangkan lomba blog jenis ini, biasanya para Blogger peserta lomba akan menambahkan infografis, video, inginpun jenis tampilan penulisan yang bagus di mata juri supaya menang.
Kemudian yang lainnya merupakan menulis artikel SEO. Lomba blog ini biasanya judul artikel (bukan tema) sudah ditentukan panitia. Dan pemenangnya berdasarkan artikel peserta yang menduduki posisi pertama di mesin pencari Google yang sudah mematuhi syarat dan ketentuan tentunya. Untuk memenangkan jenis lomba blog ini, dibutuhkan teknik-teknik blogging bagi setiap Blogger. Misalnya menulis artikel SEO dan menanam backlink pada artikel tersebut supaya mendapat posisi pertama dan menang lomba blog.
Sekian seputar 46 Ide Seru Lomba 17 Agustus Memperingati Hari Kemerdekaan. Semoga membantu dan memberi inspirasi. Baca Lainnya : Download Logo HUT RI ke 73

You may also like