Home / Komputer / #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7

#3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7


#3 Cara Mengatur Komputer Agar Mati Otomatis
– Pernahkah kamu mengerjakan sebuah tugas atau project sampai kemudian larut malam? Sampai-sampai kamu ketiduran dan tak sadar kalau laptop nya lupa tak dimenonaktifkan?. Bagi seorang mahasiswa, kejadian seperti itu bukanlah suatu hal aneh lagi sebab sudah dianggap hal biasa oleh mereka.


Saya sendiri pernah ketiduran dan laptop masih dalam keadaan menyala, walaupun laptopnya sudah diset ke mode sleep otomatis, namun tetap saja cukup hal itu akan menyebabkan suatu kerusakan bagi laptop admin nantinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut adminpun langsung ‘browsing’ di google untuk mencari solusi bagaimana agar laptop dapat shutdown secara otomatis. Sesampai kemudian nantinya ketika admin ketiduran lagi maka laptop pun ikut tidur juga, hehe.

Dan akhirnya adminpun menemukan sedikit cara supaya laptop kita dapat shutdown sendiri. Cara yang pertama yaitu menggunakan Command Prompt (CMD). Cara yang kedua menggunakan notepad (dengan menciptakan sebuah file .BAT). Dan cara yang ketiga menggunakan sebuah aplikasi shutdown otomatis untuk komputer/pc.

Baiklah, berikut ini admin uraikan 3 cara untuk mengatur komputer agar shutdown otomatis.

#1. Menggunakan perintah shutdown timer di Command Prompt

Command Prompt merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjalankan bermacam macam perintah pada sistem operasi windows. Dari bermacam macam perintah yang dapat dilakukan oleh Command Prompt, salah satu perintah yang dapat kita buat merupakan perintah shutdown timer.

Perintah shutdown timer ini dapat kita manfaatkan agar komputer kita nantinya dapat shutdown/mati secara otomatis tanpa perlu kita melakukan log off komputer.

Baca :  Tutorial Mengatasi Gambar Blog/Situs yang Tidak Muncul di UC Browser

Bagaimana caranya? berikut merupakan langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama tekan Windows + R pada keyboard. 
  2. Setelah itu ketik CMD dan klik OK.
    #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 1
  3. Kemudian ketikan perintah “shutdown /s /t 300” tanpa tanda kutip. Kemudian tekan enter.
    #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 2
  4. Setelah itu akan muncul peringatan seperti ini, yang menandakan kalau komputer kita akan shutdown otomatis dalam waktu 5 menit ke depan.
    #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 3
  5. Selesai
Lalu pertanyaannya merupakan dapatkah kita mengatur waktu shutdown nya bukan 5 menit melainkan lebih lama lagi? Tentunya dapat sob.
Perintah “shutdown /s /t 300” yang baru saja anda ketikan terdapat arti tersendiri. /s terdapat arti shutdown, dan /t artinya timer. Sedangkan angka 300 merupakan waktu dalam satuan detik. 
Pada contoh di atas, angka 300 samadengan 5 menit (300 : 60 detik). 
Nah, supaya waktu shutdown nya dapat lebih lama maka yang mesti kita lakukan merupakan mengubah angka 300 menjadi lebih besar lagi. Misalnya 3000 (50 menit). Tinggal dikalikan saja sob. 
Untuk membatalkan perintah shutdown di cmd, kita tinggal mengetikan perintah “shutdown.exe -a”. Maka secara otomatis shutdown pun akan langsung dibatalkan.
#3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 4

#2. Menggunakan Notepad

Notepad merupakan suatu aplikasi catatan yang ada di sistem operasi windows. Kita dapat menulis apapun dengan notepad ini. 
Tapi tahukah kamu kalau notepad ini dapat kita manfaatkan untuk menciptakan semacam perintah agar komputer kita dapat logg off secara otomatis? Saya sendiri baru mengetahui trik ini barusan.
Lalu apa perintahnya? dan bagaimana caranya? 
  • Langkah pertama buka aplikasi notepad di komputer kamu.
  • Setelah itu copy kode berikut ini dan paste di notepad.

@echo off
:W
if %time%==00:00:00.00 goto :X
goto :W
:X
shutdown.exe /s /f /t 60 /c β€œTidur Gannnnnnnnnn”

  • Kemudian kita save dengan format .BAT. Agar lebih mudah menemukannya, silahkan simpan filenya di desktop
    #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 5
  •  Selanjutnya tinggal kita jalankan file tersebut.
    #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 6
  • Selesai πŸ˜€
    #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 7
Oh iya, pada perintah yang baru saja kamu ketikan terdapat arti tersendiri. Agar waktu shutdown nya sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu dapat mengaturnya dengan mengubah angka pada perintah if %time%==00:00:00.00 goto :X . 
Angka tersebut merupakan jam yang dapat kita atur sesuai dengan jam berapa komputer ingin dimenonaktifkan. Ingat, formatnya merupakan HH:MM:SS.MS (Hours:Minute:Second.MiliSecond).
Sesampai kemudian, apabila komputer ingin dimenonaktifkan pada tengah malam maka kita cukup mengubah angkanya menjadi 23:45:00.00 (jam 11:45 malam). 
Cukup mudah bukan?
Untuk membatalkannya, kita cukup ketikan perintah shutdown.exe -a di command prompt.

#3. Menggunakan Aplikasi Shutdown Otomatis

Ada kaya sekali aplikasi shutdown otomatis yang terdapat di internet. Namun, salah satu aplikasi shutdown komputer yang paling mudah digunakan menurut admin merupakan aplikasi bernama Wise Auto Shutdown
Aplikasi ini mampu menciptakan laptop/komputer kita melakukan logg off secara otomatis. Untuk tata cara pengoprasiannya pun sangat mudah dan praktis sekali. Sesampai kemudian siapapun dapat melakukannya. 
#3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 8

Cara menggunakan aplikasi Wise Auto Shutdown versi admin.

  1. Langkah pertama silahkan kamu download terlebih dahulu aplikasi wise auto shutdown melalui link berikut.
  2. Setelah itu instal dan buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian, akan terdapat sedikit pilihan metode untuk mengatur penonaktifan komputer kita. Mulai dari Specify time, From now, Daily, dan On Idle. Namun dalam kasus ini admin lebih suka menggunakan yang “From Now”. Jadi kita akan mengaturnya pada pilihan tersebut. 
  4. Pada pilihan “From Now”, kita ubah angkanya menjadi 30 menit, sebab admin ingin komputer milik admin shutdown dalam waktu 30 menit ke depan.
    #3 Tutorial Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7 9
  5. Terakhir klik Start Task.
  6. Selesai.
Selain melakukan shutdown otomatis, dengan aplikasi inipun kita dapat melakukan restart otomatis, log off, Hibernate, dan Sleep otomatis. 
Ya, cukup cukup sekian untuk artikel kali ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar di bawah. 
Semoga artikel ini bermanfaat πŸ™‚

About Erzed