Home Android 3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)

3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)

by Erzed
Melacak no HP kadang-kadang dibutuhkan. Misalnya apabila HP yang kita pakai terjatuh, atau ketika kita ingin mencari posisi atau lokasi seseorang.

Di jaman dahulu, teknologi belum semaju sekarang. Kalau dahulu HP hilang cukup akan sulit ditemukan kembali. Tapi sekarang cara melacak lokasi nomor hp secara detail dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dan untuk Anda yang lagi membutuhkannya, disini admin ingin sedikit membahas hal ini.

 Misalnya apabila HP yang kita pakai terjatuh 3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)

Sebelum ke tutorial utama, pasti Anda tahu, kalau di HP terutama Android, sekarang rata-rata sudah punya fitur GPS. Fitur ini kurang lebih berfungsi untuk menandakan posisi seseorang lewat HP tersebut.

Sayangnya, tak semua HP ada fitur GPS. Apalagi untuk HP-HP keluaran lama dibawah tahun 2019.

Nah, untuk mengatasinya, biasanya orang-orang tak menggunakan GPS, melainkan no HP yang sebelumnya telah dimasukkan di HP tersebut untuk melacaknya.

Dan disini admin ingin membahas cara mengetahui posisi nomor HP untuk Anda yang barangkali lagi membutuhkannya.

Cara Mencari HP Lewat Nomor Operator

1. Lewat HLR Lookup

 Misalnya apabila HP yang kita pakai terjatuh 3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)

Cara pertama merupakan lewat HLR Lookup. HLR Lookup ini merupakan salah satu metode untuk cara melacak lokasi lewat no hp yang paling kerap dibahas (Oleh website-website di internet).

Cara kerja dari metode ini, merupakan dengan mendeteksi nomor area yang digunakan dari nomor HP. Sesampai kemudian lokasi tempat nomor tersebut dibuat dapat diketahui.

Setaknya disini kita dapat mendapat gambaran, posisi nomor HP tersebut. Terutama apabila kita tak mengenalnya.

Baca :  Tutorial Membeli Aplikasi Berbayar Gratis di Android

Caranya seperti ini :

  • 1. Pertama, silakan buka terlebih dahulu situs pencarian kode HLR. Untuk situs HLR Indonesia, yang paling direkomendasikan merupakan www.ceebydith.com/cek-hlr-lokasi-hp.html
  • 2. Kemudian Anda akan menemukan sebuah kolom pencarian. Silakan masukkan nomor HP Anda.
  • 3. Klik cari..
 Misalnya apabila HP yang kita pakai terjatuh 3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)4. Kemudian akan muncul, informasi HLR dari nomor tersebut.
Nah, selain situs ini ada sedikit situs lain yang punya fungsi sama. Tapi ingat, Anda harus cek kembali.
Karena admin pernah tes sedikit situs yang tersebar di internet, situs tersebut sama sekali bukan situs melacak no HP, melainkan hanya situs iseng. Padahal situsnya direkomendasikan oleh website luar negeri lho, bahkan sebuah forum besar.

2. Mengetahui Posisi Nomor HP Dengan Aplikasi Zenly

 Misalnya apabila HP yang kita pakai terjatuh 3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)
Aplikasi Zenly – Sumber play.google.com

Di Android, ada kaya sekali aplikasi pelacak nomor HP yang mengklaim bahwa dapat mencari lokasi dari HP yang hilang. Aplikasi-aplikasi ini juga kaya direkomendasikan oleh website-website.

Pertanyaannya, apakah dapat? Tentu dapat.. Salah satunya dengan memakai Aplikasi Zenly. Aplikasi ini merupakan semacam media sosial, dimana kita dapat melihat aktivitas teman-teman yang juga terdaftar, menggunakan fitur sharing lokasi.
Karena fitur serta pelacakannya yang akurat, Zenly menurut admin dapat dibilang merupakan salah satu aplikasi untuk melacak lokasi nomor HP terbaik.

Untuk cara menggunakannya mudah. Cukup download dan install Zenly >> Lakukan pendaftaran dengan verifikasi nomor HP >> Anda sudah dapat menggunakan Zenly.

 Misalnya apabila HP yang kita pakai terjatuh 3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)

Setelah menginstall Zenly, Anda dapat langsung menambahkan nomor HP yang juga telah didaftarkan sebelumnya. Dan nanti posisi no tersebut dapat diketahui.

3. Lewat Layanan Operator

 Misalnya apabila HP yang kita pakai terjatuh 3 Tutorial Melacak Posisi & Lokasi Lewat Nomor HP (Akurat & Detail)

Ada cukup kaya operator di Indonesia. Axis, Telkomsel, XL, AXIS dan lain-lain. Tidak jarang, kaya orang yang ingin melihat lokasi nomor HP dari salah satu operator tersebut.

Baca :  Tutorial Mematikan Fitur Download Otomatis di WhatsApp

Dan disini, sebenarnya ada juga cara lacak langsung melalui operator. Dimana kita dapat mendapatkannya dengan menggunakan layanan tertentu.

Metode ini sudah cukup lama tersedia, dan tak ada salahnya kalau Anda ingin mencobanya. Caranya seperti berikut :

  • 1. Buka dial pad terlebih dahulu, kemudian panggil *123*573# di HP Anda.

  • 2. Selanjutnya pilih opsi layanan lacak. Setelah itu aktifkan.

  • 3. Setelah itu buka aplikasi SMS. Kemudian ketik CARI (spasi) no HP yang diinginkan lalu kirim ke 9544

  • 4. Jika sudah, nanti operator XL akan mengirimkan pesan persetujuann konfirmasi ke nomor HP yang dituju baru saja.
Cara tersebut khusus untuk XL. Untuk operator lainnya tak jauh beda. Untuk Indosat format SMSnya : ketik LACAK (spasi) Nomor HP yang diinginkan lalu kirim ke 911.
Khusus untuk Anda yang lagi mencari cara melacak nomor HP telkomsel secara detail, Anda dapat coba kunjungi situs http://lbs.telkomsel.com/telkomselfinder.web.

Bagaimana kalau belum berhasil?

Untuk mengetahui posisi HP, menggunakan nomor HP merupakan salah satu metode. Masih ada sedikit metode lainnya yang cukup dapat Anda coba, terutama apabila cara-cara diatas belum berhasil.
Contohnya menggunakan GPS (Sebagaimana yang telah diterangkan), menggunakan aplikasi tertentu, atau menggunakan Email.
Nah, kalau belum berhasil, entah sebab nomor HPnya sudah tak aktif atau sejenisnya, Anda dapat coba juga cara lainnya. Misalnya seperti di artikel : cara lacak HP lewat email.

Penutup…

Demikian, sedikit pembahasan tentang cara melacak nomor HP tanpa aplikasi dan dengan aplikasi. Membaca dari awal sampai habis, dapat dibilang caranya simpel namun kadang sulit dilakukan. Karena ada juga sedikit yang tak cocok dengan kondisi HP.

Sebagai penutup, ada cara efektif lain, yakni Anda dapat mempertimbangkan untuk melaporkan HP (HP Anda yang hilang misalnya) ke pihak berwajib, untuk segera diproses. Karena cukup nanti dapat ketemu kembali.

Baca :  Tips Menghemat RAM Smartphone Android
Dan untuk kedepannya, apabila Anda punya HP, dan sudah ada fitur GPS, admin sarankan untuk selalu menyalakan mode GPS, selalu menyalakan data seluler, dan selalu mengunci HP Anda. 
Ini penting sekali.. Karena 3 syarat ini merupakan mutlak, setaknya untuk saat ini untuk mengetahui posisi dari sebuah HP. Setaknya untuk ‘saat ini’.
Semoga bermanfaat.

You may also like