Home Blog 2 Tutorial Menonaktifkan (Mematikan) Kolom Komentar Blog Blogger.com

2 Tutorial Menonaktifkan (Mematikan) Kolom Komentar Blog Blogger.com

by Erzed

Menonaktifkan Komentar Blog – Bagi sebagian Blogger yang masih menggunakan platform Blogspot/Blogger.com cukup menginginkan postingan pada blognya tak tersedia kolom komentar, atau ingin menggunakan kolom komentar lain selain kolom komentar bawaan dari Blogger.com. Sebagaimana misalnya kolom komentar Facebook, Google Plus dan Disqus yang dapat dipasang mengmenggantikan model kolom komentar Blogger.com.

 Bagi sebagian Blogger yang masih menggunakan platform Blogspot 2 Tutorial Menonaktifkan (Memenonaktifkan) Kolom Komentar Blog Blogger.com

Nah, pada hari ini kali ini admin bagikan 2 cara untuk menonaktifkan komentar Blogger.com pada blog. Yaitu pada menonaktifkan komentar pada semua halaman blog, dan menonaktifkan kolom komentar hanya pada sedikit halaman tertentu saja.

1. Cara Menonaktifkan Kolom Komentar Blog Blogger.com semua Halaman

  1. Pada dashboard Blogger.com pada blog kamu, silahkan pilih menu Setelan atau Settings
  2. Kemudian pilih opsi post dan komentar
  3. Nah pada tombol Tersemat di Lokasi Komentar silahkan pilih opsi Sembunyikan yang tersedia
  4. Jangan lupa untuk klik tombol simpan atau save

Panduan gambarnya seperti di bawah ini. Dan di bawah ini dashboard Blogger yang admin gunakan merupakan menggunakan bahasa Inggris.
 Bagi sebagian Blogger yang masih menggunakan platform Blogspot 2 Tutorial Menonaktifkan (Memenonaktifkan) Kolom Komentar Blog Blogger.com
Cara pertama yang digunakan di atas merupakan cara otomatis. Maksudnya merupakan, langsung menghapus atau menghilangkan semua kolom komentar bawaan halaman blog. Kemudian untuk cara menghapus kolom komentar bawaan blog secara manual dan untuk halaman tertentu saja, dibawah ini panduannya.

2. Cara Memenonaktifkan/Menonaktifkan Kolom Komentar Bawaan Blog di Halaman Tertentu Saja

Cara kedua ini kita dapat menonaktifkan kolom komentar bawaan blog pada halaman tertentu baik postingan inginpun laman, ketika berada pada halaman edit post (apabila post sudah dipublish/draft) dan new post (ketika hendak menulis post baru). Intinya kamu harus pergi ke halaman ketika menulis artikel. Nah, apabila ingin menonaktifkan kolom komentar pada artikel tersebut (tak semua artikel kolom komentarnya hilang), silahkan lakukan panduan di bawah ini.
  1. Lihat opsi bagian kanan, dan klik pada opsi Pilihan (Opstions)
  2. Kemudian pilih opsi Jangan bolehkan, sembunyikan yang ada (Don’t allow)
  3. Terakhir klik tombol Selesai (Done)

 Bagi sebagian Blogger yang masih menggunakan platform Blogspot 2 Tutorial Menonaktifkan (Memenonaktifkan) Kolom Komentar Blog Blogger.com
Cara nomor 2 ini biasanya admin gunakan untuk menonaktifkan kolom komentar pada halaman About, Privacy, Sitemap, Kontak, dkk; supaya tak ada yang dapat berkomentar di halaman tersebut. Nah, kalau di halaman posting artikel, admin gunakan kolom komentar blogger ini. Karena semakin kaya pengunjung yang berkomentar baik, menurut admin memberikan dampak yang baik pula untuk blog.
Baca Juga : Cara Memperbaiki Crawl Errors Blog di Google Webmaster

Baca :  6 Langkah Gampang Tutorial Membuat Blog Gratis di Blogspot
Jika kamu takut mendapat kaya komentar spam, seperti link aktif dan kalimat kotor, kamu dapat mengaktifkan moderasi pada komentar blog tersebut. Jadi semua yang berkomentar di blog kamu harus memerlukan persetujuanmu terlebih dahulu supaya dapat tayang/muncul di halaman blog yang dikomentari tersebut.

Cara Mengaktifkan Moderasi Kolom Komentar Bawaan Blog

  1. Pergi ke menu Settings pada dashboard Blogger kamu
  2. Silahkan pilih opsi Post, comments, and sharing
  3. Nah pada bagian Comment Moderation silahkan pilih opsi Always
  4. Terakhir jangan lupa untuk Save

Begitulah caranya mengaktifkan moderasi komentar pada kolom komentar bawaan blog. Jika dashboard blog kamu menggunakan bahasa Indonesia, silahkan sesuaikan bahasanya. Kemudian untuk menyetujui komentar yang masuk di blog kamu yang sudah mengaktifkan moderasi komentar, lihat saja di menu Comments >> Awaiting moderation.

Nah kamu dapat memilih untuk mempublikasikan komentar (menyetujui), menandai sebagai komentar SPAM dan menghapus komentar tersebut apabila tak sesuai ketentuan yang berlaku di blog kamu.

Demikian postingan 2 Cara Menonaktifkan (Memenonaktifkan) Kolom Komentar Blog Blogger.com dari ini, dan apabila kamu ingin kembali mengaktifkan kolom komentar bawaan blog, silahkan kembalikan pengaturan seperti sebelum menonaktifkan komentar.

You may also like