13+ Istilah Jual Beli Online Paling Populer yang Wajib Diketahui

Istilah Jual Beli Online Paling Populer yang Wajib Diketahui – Ketika melakukan transaksi jual beli online kerap kita temui sebuah kata atau istilah yang cukup asing di telinga kita. Contohnya : Rekber, Palkor, CLBK, Ripper, dan masih kaya lagi.

Entah darimana munculnya istilah-istilah tersebut. Yang terang, kita wajib banget tuh buat memahami atau paling tak, tau seputar istilah-istilah yang ada di dunia jual beli online. Tidak usah semua, minimal sedikit kata yang populer aja sob.

Kenapa kita wajib mengetahui istilah-istilah jual beli online? Alasannya simpel sob. Dengan kita mengetahui istilah-istilah yang ada di forum jual beli online, maka kita akan “nyambung” ketika menyimak percakapan orang-orang yang ada di forum tersebut.

Sedangkan apabila kita tak tau istilah atau kata di dunia jual beli online pastinya kita akan dibuat kebingungan layaknya orang tersesat, dan yang paling parah cukup anda dapat salah mengartikan. Jangan sampai deh hehe.

Nah, mengingat betapa pentingnya mengenal istilah-istilah jual beli online, berikut merupakan daftar kata atau istilah jual beli online paling populer yang kerap dipakai di forum-forum jual beli online.

1. Ane, Gan dan Sis
Istilah “gan dan sis” merupakan istilah yang paling familiar dan populer di forum jual beli online. Istilah tersebut sangat kerap digunakan oleh orang-orang untuk menyebut orang lain yang ada di forum tersebut.

Istilah Gan/anda merupakan sebutan untuk kaum laki-laki yang di mana kata anda berasal dari kata Juragan.

Contoh penggunaan istilah gan/agan :
 “Ini berapa gan?”, “anda posisi di mana?”, “Oke gan”.

Sedangkan Sis/Sista merupakan sebutan untuk kaum perempuan ketika melakukan transaksi jual beli online. Istilah sis/sista sendiri berasal dari kata Sister, yang berarti kaka perempuan.

Contoh penggunaan istilah sis/sista :
“Ini ukuran berapa sis?”, “Yang ukuran itu tinggal satu kayak nya sis”, “Sista ingin yang warna apa?”

Sebetulnya, Gan dan Sis merupakan istilah yang pada mulanya populer di Kaskus. Kemudian lama-kelamaan akhirnya familiar di forum-forum atau komunitas online lain (tak hanya forum jual beli online).

Oh iya, selain istilah “Gan dan Sis”, ada juga kata “Ane” yang di mana istilah ini sama populernya dengan “Gan dan Sis”.

“Ane” digunakan untuk menyebut diri sendiri (kata lain dari aku, admin, gue). Kata “Ane” berasal dari bahasa Arab yaitu “Ana”.

2. WTB dan WTS
WTB dan WTS sebetulnya bukan kata, melainkan sebuah singkatan yang berasal dari bahasa Inggris.

WTB merupakan singkatan dari Want To Buy, yang berarti apabila ada orang yang menggunakan istilah WTB, maka orang tersebut berniat ingin membeli sesuatu.

Sedangkan WTS merupakan kebalikan dari WTB, yaitu Want To Sell. Jika seseorang menggunakan istilah WTS maka orang tersebut berniat ingin menjual.

3. Palkor/PHP
Palkor merupakan sebuah istilah jual beli online yang terbilang baru. Saya sendiri baru mengenal istilah palkor ini sedikit bulan yang lalu.

Palkor merupakan singkatan dari Pala Korengan (Kepala Korengan). Yang di mana sebutan “Palkor” ini ditujukan untuk orang yang sudah menciptakan janji akan bertemu di suatu tempat, tenamun tiba-tiba tak ada kabar, menghilang begitu saja bagai ditelan bumi. Istilah lainnya yaitu PHP, Pemberi Harapan Palsu.

4. CLBK (Chat Lama Beli Kaga)
CLBK sendiri ditujukan untuk pembeli yang kekayaan nanya tenamun ujung-ujungnya tak jadi beli.

CLBK merupakan salah satu hal yang sangat dibenci para penjual barang online. Bagaimana tak, sudah menjawab kaya pertanyaan lewat chat, eh ujung-ujungnya tak jadi beli wkwk.

5. Pre Order dan Ready Stock
Istilah Pre Order menandakan kalau barang yang dijual belum diproduksi. Barang akan segera diproduksi atau tersedia apabila ada pembeli yang memesan barang tersebut. Barang Pre Order biasanya merupakan barang import atau berbentuk makanan.

Sedangkan Ready Stock merupakan kebalikan dari Pre Order. Ready Stock menandakan kalau barangnya sudah tersedia, sesampai kemudian pembeli tinggal klik beli saja.

Proses transaksi barang pre order cenderung lebih lama dibandingkan barang ready stock.

6. Ripper
Ripper merupakan sebutan untuk penipu yang ada di internet. Istilah ini cukup familiar dan kerap digunakan di forum-forum jual beli online.

Ciri-ciri ripper merupakan dia menggunakan akun klonengan (akun palsu), selain itu ketika bertransaksi biasanya si riper enggan menggunakan jasa rekber (rekening bersama).

7. Rekber (Rekening Bersama)
Rekber atau Rekening Bersama yaitu sebuah jasa yang ada di internet untuk meminimalisir terjadinya penipuan di internet.

Rekber sendiri merupakan seorang penengah di antara pembeli dan penjual. Cara kerja rekber merupakan dia (rekber) memegang uang pembayaran milik pembeli. Jika barang yang dibeli sudah ada ditangan si pembeli, maka uang baru saja akan langsung diserahkan kepada penjual.

Ketika transaksi sukses maka si rekber ini akan mendapatkan imbalan atau fee.

Contoh rekber : Bukalapak, Tokopedia, P-Store.

8. Testi/Testimonial (Bukti Konsumen)
Testimonial biasanya dibuat untuk meyakinkan pembeli agar ingin bertransaksi dengan penjual. Testimonial sendiri merupakan berupa bukti tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggan kepada penjual tersebut.

9. PM (Private Messages), JaPri (Jalur Pribadi)
Istilah PM atau private messages merupakan sebutan untuk pesan pribadi. PM biasanya digunakan oleh pembeli dan penjual untuk membahas hal yang lebih mendetail lagi sob, seperti menanyakan kondisi barang, ukuran, warna, dan hal-hal yang penting lainnya sebelum akhirnya deal.

Selain PM, ada juga istilah lain yang cukup populer yaitu JaPri yang mempunyai maksud yang sama yaitu untuk mengirim pesan pribadi.
86

10. Nego 
Nego mempunyai arti kalau barang yang dijual dapat ditawar. Nego sendiri sudah mengalami penambahan kata seperti Nego Tipis (Barang dapat ditawar namun hanya sedikit).

11. BNIB dan BNOB
BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box. Yang menandakan barang tersebut masih baru dan masih di dalam dus.

Sedangkan BNOB merupakan singkatan dari Brand New Out Box. Yang menandakan kalau barang tersebut sudah keluar dari dusnya, tenamun kondisi barangnya masih baru. Biasanya sih hanya dicek aja, habis itu dimasukan lagi ke dalam dusnya.

12. UP
Istilah up kerap disalahartikan sebagai kata untuk menolak pesanan. Padahal, istilah up digunakan untuk menyundul atau menaikan lapak kita agar tak tenggelam.

13. TS (Thread Starter)
TS atau Thread Starter Adalah orang yang menciptakan sebuah postingan atau lapak.

Demikianlah sedikit istilah jual beli online yang kerap digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut maka diharapkan kita tak lagi kebingungan dengan percakapan orang-orang yang ada di forum jual beli online.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar istilah-istilah jual beli online, dapat kita diskusikan melalui kolom komentar di bawah. Atau anda juga dapat menambahkan apabila ada kata atau istilah lain yang cukup familiar.

Comments