12+ Perintah OK Google Android Untuk Memudahkan Hidup

Cara menggunakan Ok Google di Android – Google merupakan salah satu perbisnisan OTT yang terkenal akan inovasinya. Berbagai macam layanan mereka ciptakan untuk para penggunanya. Sebagaimana yang lagi kita bahas ini, voice command atau perintah suara dari aplikasi Google yang sudah disertakan secara default pada Android.

Di lingkungan kita cukup lebih dikenal dengan Ok Google. Yah, seperti iklan yang cukup sobat semua sudah kerap lihat di media pertelevisian tanah air,

“Oke Google, vintage store dekat sini”, system Google akan segera merespon untuk memberi jawaban perintah suara pengguna.

Keren bukan?

Untuk smartphone Android yang sudah mempunyai Google Assistant sebenarnya lebih enak seperti Google Pixel dan Pixel XL. Namun sebab fitur tersebut belum dimiliki oleh semua smartphone jadi kita dapat ambil alternatif dengan tutorial ini.

 Google merupakan salah satu perbisnisan OTT yang terkenal akan inovasinya 12+ Perintah OK Google Android Untuk Memudahkan Hidup

Voice command mecukupkan kita browsing dengan memasukan keyword yang lagi kita cari menggunakan suara. Namun apabila sobat semua tak terlalu familiar dengan teknologi ini, maka kita akan bagikan sedikit fitur pencarian suara, dan daftar perintah Ok Google yang dapat sobat semua gunakan.

Mengaktifkan Ok Google di Android

Sebelum kita lanjut, ada sedikit persiapan yang mesti sobat semua penuhi, yakni :
  1. HP Android
  2. Aplikasi Google
  3. Suara sobat semua
  4. Koneksi internet

Oh iya, pastikan sobat semua mengupdate aplikasi Google ke versi yang terbaru. Kenapa? Karena di versi terbaru lebih responsive dibanding versi lama.

Setting juga penelusuran bahasa menjadi Bahasa Indonesia, lewat menu setting aplikasi Google yang sudah terinstall di HH sobat semua. Caranya mudah sekali, tinggal :
  • Buka aplikasi Google
  • Pilih menu yang terletak di pojok kiri atas
  • Tap Search Languange
  • Cari dan pilih Bahasa Indonesia (Indonesia)

Jika setelan bahasa masih English, maka perintah suara juga harus berbahasa Inggris. Nah untuk yang lagi belajar speaking dapat juga digunakan untuk latihan.

Cara Menggunakan Ok Google di Android

Nah setelah persiapan diatas selesai, mari kita lanjutkan dengan daftar fitur yang dapat sobat semua gunakan untuk menunjang aktifitas.

Dimulai dari yang pertama!

1. Pasang Alarm

Mata terlanjur ngantuk. Kepengin bangun pagi untuk sholat malam, namun males ngetik untuk set alarm. Nah ini dia solusinya, Google juga disertai fitur menyetel alarm dengan perintah suara.

Beberapa perintah tersebut diantaranya :
  • Nyalakan alarm
  • Aktifkan alarm
  • Set alarm 2 jam dari sekarang
  • Bangunkan admin jam 3

Sangat praktis sekali bukan?.

Masih ada bayak lagi perintah suara Ok Google yang dapat kita nikmati, jadi lanjutkan bacanya sampai selesai ya.

2. Ok Google, Kirim Sesuatu

Untuk fitur ini sudah dimuat di dalam iklan. Waktu itu pemeran cewek minta Google sms ibu kos untuk tak pulang. Namun selain SMS, kita juga dapat menggunakan perintah-perintah lainnya dan sedikit kombinasi. Misalnya seperti :
  • Email ke Mamat
  • Kirim SMS ke Andi aku di lantai 15
  • Kirim SMS ke Putri besok Aku jemput

Satu hal yang perlu diperhatikan merupakan sobat semua wajib memberikan permisi ke Google untuk menelusuri kontak atau buku telepon yang ada di ponsel. Jika tak maka system tak dapat menemukan perintah suara yang kita masukan.

3. Flash Light

Jika smartphone Android sobat semua mempunyai fitur flash atau senter kita juga dapat memanfaatkan Google untuk memenonaktifkan dan menyalakan. Perintah suara yang digunakan disini merupakan “Aktifkan Senter”.

Google akan segera menjawab perintah kita “Mengaktifkan senter ( misalnya )”. Taraaaa, flash light langsung menyala dan siap digunakan. Untuk memenonaktifkan tinggal mengganti saja kata “Aktifkan” jadi “Matikan Senter”.

4. Koneksi WiFi

Untuk menggunakan fitur Wifi lewa perintah suara, sobat semua hanya perlu mengucapkan “Aktifkan Wifi” atau “Matikan Wifi”. Nanti otomatis system akan mendeteksi sobat semua dan mengeksekusi perintah.

5. Kontrol Bluetooth

Tidak jauh berbeda dari yang pertama, untuk menghidupkan Bluetooth pada smartphone Android dengan perintah suara, sobat semua hanya perlu mengucapkan “Aktifkan Bluetooth” atau “Matikan Bluetooth”.

Ponsel akan langsung melakukan perintah yang sobat semua masukan dan siap digunakan untuk bertukar file lewat Bluetooth.

6. Ok Google Play Music

Bagi penggila musik, tentunya akan sangat praktis apabila sobat semua menggunakan fitur ini. Pengguna dapat dengan mudah mengeksekusi suara sesuai perintah yang diminta. Contohnya :
  • Putar Musik
  • Putar Musik di Spotify
  • Putar Hoochie Coochie Man

Jreng! Aplikasi pemutar lagu akan otomatis terbuka dan menyala. Apabila lagu atau musik yang diminta tak ditemukan maka Google akan melakukan penelusuran secara online.

7. Buka Aplikasi

Google juga dapat membuka aplikasi Android yang terinstall di ponsel kita. Perintah suara yang digunakan disini yakni “Buka –nama aplikasi”. Kata yang ada di dalam kurung itu dimengganti dengan nama aplikasi yang akan kita buka, “Buka Telegram” misalnya.

Jika suara tak terdeteksi dengan baik, maka Google akan langsung menelusuri atau melakukan pencarian di internet tentang aplikasi yang hendak kita buka sebelumnya.

8. Tanya Dong Mbah

Enaknya lagi, kita juga dapat menanyakan sesuatu ke Google. Yah, jadi Google seperti asisten pribadi kita. Beberapa contoh perintah bertanya ke Google lewat perintah suara antara lain :
  • Berapa suhu di Yogyakarta
  • Apakah besok hujan?
  • Berapa harga tiket pesawat ke Singapura
  • Kapan Chelsea bertanding
  • Dimana letak Hotel Aston
  • Berapa umur Eric Clapton
  • Siapa pembuat One Piece

Google akan menelusuri jawab kita. Hasil pencarian yang sudah umum biasanya akan disertai suara ( cewek ) juga.

9. Panggil dan Tenulis Pesan ke Kontak

Dengan perintah suara “Panggil –nama kontak”, kita sebagai pengguna akan mengikuti perintah suara tersebut. Nantinya baris kontak yang ada akan segera ditampilkan pada layar sesuai dengan perintah lanjutan atau nama kontak yang kita masukan.

10. Jepret Foto dan Rekam Video

Bagi sobat semua yang suka foto dapat menggunakan perintah suara Google juga loh. Dengan hanya memasukan perintah “Ambil Foto” maka camera akan terbuka dan siap menjepret objek.

Begitu juga untuk merekan video, system Google akan langusng membuka kamera dalam mode video. Nah perintah suara yang digunakan disini merupakan “Rekam video”.

11. Navigasi dan Map

Biasanya fitur ini yang paling kerap digunakan ketika berkunjung ke tempat asing perjalanan. Biar cepat, engga perlu ketik-ketik tempat. Tinggal ngomong aja ke Google :
  • Navigasi ke Hotel Aston
  • Arah ke Hotel Aston

Dengan 2 perintah simpel itu saja kita dapat langusng disuguhkan peta atau map letak dari tempat tujuan yang akan kita kunjungi.

12. Kecerahan dan Volume

Kita juga dapat mengatur kecerahan layar dan besar / kecilnya volume ponse kita dengan perintah suara seperti pada daftar berikut :
  • Keraskan volume
  • Turunkan vomume
  • Terangkan layar
  • Redupkan layar

Setelah perintah itu, nanti pengaturan menu terkait akan terbuka. Tinggal atur saja sesuai selera. Loh kok manual?. Yah memang, pengguna harus mengaturnya manual. Sebagai tambahan saja, sobat semua dapat baca menghidupkan layar tamba tombol power

Hmmm, Apa Ada Yang Kurang?

Bagaimana menurut sobat semua tentang panduan menggunakan Google voice search dapat diterima? Adakah perintah OK Google yang belum kita sebutkan diatas? Tuliskan komentar sobat semua. Bantu hidup teman-teman sobat semua dengan share artikel ini ya. Semoga bermanfaat!
Comments