Home PC dan Laptop √ Cara Mengatasi Penyebab Jam dan Tanggal Komputer laptop Berubah Sendiri

√ Cara Mengatasi Penyebab Jam dan Tanggal Komputer laptop Berubah Sendiri

by Erzed
Penggunaan laptop dan komputer akan sangat mempermudah segala aktifitas ataupun pekerjaan kita, banyak orang yang memulai dan menjalankan bisnis menggunakan laptop atau komputer, kita lihat saja usaha server pulsa yang pastinya menggunakan komputer atau laptop untuk menunjang proses berjalankan usaha bisnis, selain itu banyak juga pebinis online yang memanfaatkan komputer dan laptop untuk menjual serta mempromosikan produk mereka dengan system online, walaupun penggunaan smartphone saat ini sudah begitu banyak, namun tidak bisa dipungkiri penggunaan komputer dan laptop menjadi penyeimbang usaha yang dijalankan.Sedang sibuk sibuk menangani kerja menggunakan komputer dan laptop.kemudian disaat kamu mencoba untuk mematikan laptop atau komputer dan kamu hidupkan kembali, namu tampa kamu sadari jam dan tanggal laptop komputer berubah sendiri,pernahkah kamu menemukan kendala jam dan tanggal pc berubah sendiri,nah kira kira apa penyebab jam dan tanggal komputer berubah. Jika sering terjadi jam dan tanggal komputer berubah sendiri tentunya akan mengganggu aktivitas pekerjaan kita.
Penggunaan laptop dan komputer akan sangat mempermudah segala aktifitas ataupun pekerjaan  Cara Mengatasi Penyebab Jam dan Tanggal Komputer  laptop Berubah Sendiri

Untuk mengatasi jam dan tanggal komputer berubah sendiri tentunya kita perlu melakukan perbaikan untuk mengatasi hal ini terjadi kembali, sebelum kita masuk pada tahap perbaikan mengatasi jam dan tanggal laptop berubah sendiri ada baiknya kita simak dulu penyebab jam dan tanggal berubah sendiri pada komputer.

  • Jam dan tanggal  komputer berubah sendiri disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada baterai CMOS atau baterai BIOS.baterai CMOS ini akan berfungsi untuk menyimpan jam dan tanggal yang sudah kita setting sebelumnya, namun apabila baterai CMOS dan BIOS sudah lowbat atau baterai cmos sudah tidak bisa lagi menahan daya, oleh karena itulah jam dan tanggal komputer sering berubah pada laptop dan pc. langkah untuk mengatasi jam dan tanggal berubah bisa kamu atasi dengan cara mengganti baterai CMOS dengan yang baru.Cara mengganti baterai CMOS atau cara mengganti baterai BIOS tergantung dari laptop yang kamu gunakan, karena setiap laptop berbeda beda cara mengganti baterai biosnya,ada yang bisa ganti baterai bios dengan cara buka casing saja, namun ada juga cara mengganti baterai bios dengan cara bongkar semua mesin laptop.Jadi pastikan penempatan baterai cmos kamu tidak baterai tanam.
  • Penyebab jam dan tanggal komputer berubah disebabkan oleh terjadinya kerusakan pada motherboard pc atau motherboard laptop, hal yang bisa kamu lakukan adalah memperbaiki motherboard rusak, namun apabila kerusakan motherboard tidak bisa diperbaiki maka hal yang bisa kamu lakukan adalah mengganti motherboard rusak dengan motherboard yang baru. Namun mengganti motherboard rusak dengan motherboard yang baru bisa dikatakan hampir sama dengan membeli laptop baru. Karena pembelian motherboard saat ini sangat mahal.
Namun kebanyakan yang terjadi penyebab jam dan tanggal komputer pc berubah disebakan oleh habisnya baterai cmos pada motherboard, kamu bisa lakukan penggantian baterai cmos dengan baterai cmos yang baru,apabila hanya jam dan tanggal saja yang sering berubah, maka dengan mengganti baterai cmos ini masalah jam dan tanggal berubah bisa teratasi. 

tanda tanda baterai cmos habis bisa kita lihat dengan adanya tanda tanda kerusakan baterai cmos beriku ini.

  • terjadinya perubahan jam dan tanggal meskipun sudah kita sett secara benar,misanya kamu mematikan komputer, kemudian kamu hidupkan kembali, nah pada saat ini akan terjadi perubahan jam dan tanggal.
  • Settingan bios akan kembali pada settingan default meskipun sudah kita setting pada yang benar
  • Adanya perubahan warna layar saat mau masuk pada windows
  • windows sering hang yang disebakan oleh habisnya baterai cmos.
Baca :  √ cara mengatasi laptop Windows 10 tidak bisa dicharger plugged in not charging
Nah, itulah penyebab jam dan tanggal pc atau laptop sering beerubah yang disebabkan oleh baterai cmos habis, kamu dapat mengatasi perubahan jam dan tanggal berubah sendiri dengan cara ganti baterai cmos dengan yang baru


Referensinya dari cara cek sisapaket blog’s

You may also like