Home Teknologi √ Apa yang dimaksud dengan Fiber Optik dan apa saja yang termasuk komponen Fiber Optik

√ Apa yang dimaksud dengan Fiber Optik dan apa saja yang termasuk komponen Fiber Optik

by Erzed
Apa yang dimaksud dengan Fiber Optik. Fiber Optik adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan sejenis kaca atau sejenis plastik yang tentu nya mempunyai lebih halus dari kabel biasanya. Kabel Fiber Optik digunakan untuk apa, biasanya kabel Fiber Optik digunakan untuk atau sebagai alat yang mengalirkan media transmisi karena dapat menghantar sinyal dari suatu tempat ke tempat lainya, atau dari suatu lokasi yang berbeda ke lokasi lain nya tentunya dengan system kecepatan tinggi. Sumber cahaya yang digunakan oleh Fiber Optik adalah berupa laser karena mempunyai Spectrum yang sangat sempit.Namun ada juga yang mengatakan bahwa kabel fiber Optik adalah salah satu jenis kabel yang mampu mengubah sinyal Listrik menjadi cahaya yang mengalirkan dari satu titik ke titik lainya.
Untuk jenis mode transmisi single atau kabel tunggal yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisinya, yang mana jenis kabel fiber Optik jenis Single atau kabel tunggal ini mempunyai inti yang berukuran kecil. Sedangkan jenis fiber optik multi mode menggunakan media LED, dan jenis kabel fiber Optik Multi ini mempunyai inti yang berukuran besar sehingga mampu mentransmisikan banyak cahaya.
Apa yang membedakan kabel fiber optik dengan kabel yang lain nya, untuk kabel fiber optik biasanya kabel optik yang mempunyai akses kecepatan tinggi sehingga mampu mentransfer data lebih cepat dibandingkan dengan kabel yang lainya. Perusahaan perusahaan yang membutuhkan transfer transmisi atau transfer data lebih cepat biasanya sering menggunakan kabel fiber optik ini.

Apa saja Type Kabel Fiber Optik yang sering digunakan
  • Tight Buffer 
  • Breakout Cable
  • Aerial Cable / self -supporting
  • Hybrid Dan Composite Cable
  • Armored Cable
  • Low Smoke Zero Hologen 
  • Simplex Cable
  • Zipcord Cable
Baca :  Cara Map Radar Mobile Legend Terbaru Januari 2019

Bagaimana cara System Kerja Kabel Fiber Optik Untuk Mentransfer Data
jenis kabel yang terbuat dari bahan sejenis kaca atau sejenis plastik yang tentu nya mempu Apa yang dimaksud dengan Fiber Optik dan apa saja yang termasuk komponen Fiber Optik
Kabel Fiber Optik adalah kabel yang mampu mentransfer Data dengan akses kecepatan tinggi, sehingga listrik yang diperoleh dikonversikan menjadi sinyal cahaya, kemudian di alirkan antar system komputer yang saling terhubung dalam suatu jaringan. Pada Intinya system kerja Kabel Fiber Optik ini yang memanfaatkan cahaya atau cermin untuk menghasilkan total internal reflection atau dalam arti kata refleksi total pada bagian serat kaca. Pantulan cahaya dipengaruhi oleh jenis bahan kabel fiber optik tersebut, semakin bagus bahan fiber optik atau semakin murni bahan gelas yang digunakan, maka penyerapan cahaya juga akan semakin sedikit. Maka dengan minim nya penyerapan akan menghasilkan pantulan cahaya yang sangat tinggi.
Apa saja Kelebihan Serat Kabel Fiber Optik
Nah untuk keunggulan fiber optik atau kelebihan serat fiber optik dapat kita lihat pada simpulan berikut ini.
  • Fiber Optik Mempunyai Bandwidth yang sangat besar, dalam system digital dapat mencapai orde gigahertz. sehingga mampu membawa informasi atau transfer data dalam jumlah atau ukuran besar
  • Ukuran kabel fiber optik sangat kecil dengan harga kabel fiber optik yang terjangkau sehingga mudah untuk didapatkan dan mudah untuk pengerjaan nya
  • Dalam  serat fiber optik tidak terkandung energi listrik sehingga akan jauh dari ledakan ataupun semburan api. Kemudian Serat yang terdapat pada fiber optik juga tahan terhadap gas gas beracun, bahan bahan kimia ataupun zat yang bisa mengancam.
  • Kecepatan transmisi yang tinggi pada kabel fiber optik dengan kapasitas mencapai 1GB/ detik
  • Mampu mentransfer data dalam jangkauan jarak jauh tampa bantuan penguat sinyal
  • Bahan bahan yang berkeulita sehingga tahan dari karat
  • kabel fiber optik adalah kabel yang memanfaatkan gelombang cahaya sehingga minim adanya gangguan dari sinyal elektromagnetik

Apa saja komponen komponen Fiber Optik
Nah bagi kamu yang belum tahu apa saja yang termasuk pada komponen komponen Fiber Optik maka bisa kamu simak ulasan berikut ini tentang komponen Fiber Optik
1. Bagian Inti (Core )
  • Bagian inti Fiber Optik yang terbuat dari kaca yang mempunyai diameter yang sangat kecil, diameter serat optik yang lebih besar akan mampu membuat kinerja yang lebih baik dan tentunya lebih stabil
2. Bagian Cladding
  • Bagian Cladding fiber optik adalah bagian pelindung yang lansung menyelimuti atau membalut kabel fiber optik,Cladding fiber optik terbuat dari bahan silikon dan komposisi bahan nya berbeda dengan bagian core. Selain itu,  cladding juga berfungsi sebagai pemandu gelombang cahaya yang merefleksikan cahaya tembus kembali ke core.
3.Bagian Coating / Buffer

  • Bagian Coanting pada fiber Optik merupakan mantel  atau bahan pelindung tambahan dari serat optik yang terbuat dari plastik yang elastis, coating juga berfungsi sebagai pelindung tambahan yang akan mengancam gangguan fisik yang mungkin terjadi pada kabel fiber optik ( lengkungan kabel atau kelembaban udara dalam kabel )
4.Bagian Strength Member & Outer Jacket

  • Lapisan Strength member dan outer jacket merupakan bagian terluar dari bagian fiber optik yang mampu melindungan inti kabel fiber optik dari bahaya gangguan fisik kabel fiber optik secara lansung.

Nah itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan fiber optik dan komponen fiber optik, semoga dengan adanya ulasan yang menjelaskan apa itu fiber optik dan fiber optik untuk apa. Admin mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel diatas.


Referensinya dari cara cek sisapaket blog’s

Baca :  Cara Map Radar Mobile Legend Terbaru Januari 2019

You may also like